16 Anime Mirip Attack On Titan (Shingeki No Kyojin)

Anime mirip attack on titan (shingeki no kyojin)
anime mirip attack on titan (shingeki no kyojin)

Gugenkatsu - Attack On Titan (Shingeki no Kyojin) menceritakan kisah Eren Yeager di sebuah dunia apocolyptic di mana manusia berada di ambang kepunahan dan kehancuran di bawah ancaman dari raksasa pemakan manusia bernama titan yang asal usulnya diselimuti misteri. Di dunia yang mencekam dan penuh dengan pertempuran ini, Eren dan anggota-anggota elit Survey Corps lainnya bertarung melawan para titan yang tampaknya tak ada habisnya.

Manusia dipaksa untuk hidup dalam ketakutan akan para titan dan untuk melindungi diri dari para titan ini, sisa manusia yang masih hidup kini harus bertahan disebuah kota dibalik dinding raksasa yang telah melindungi mereka selama bertahun tahun.

Disuatu hari yang tenang, tembok yang tak tergoyahkan ini tiba tiba dihancurkan oleh seorang titan kolosal berukuran raksasa bersama armored titan. Sekarang, para titan berkeliaran di luar dan dalam dinding melahap manusia yang mereka lihat.

Attack on Titan merupakan anime action yang menceritakan kisah Eren Yaeger bersama Mikasa Ackerman, Armin Arlert, Levi Ackerman dan pasukan pembasmi titan lainnya untuk menyelamatkan sisa umat manusia dari kepunahan dibalik dinding raksasa yang diselimuti oleh misteri.

Dikesempatan kali ini Gugenkatsu akan membahas anime terbaik tahun 2013 yaitu Attack on Titan alias Shingeki no Kyoin. Mulai dari segi action, cerita, tokoh karakter, dan beberapa faktor lainnya, berikut adalah beberapa daftar anime mirip Attack on Titan (Shingeki no Kyojin) versi Gugenkatsu.

Daftar Anime Mirip Attack On Titan


#16. Chrome Shelled Regios

anime mirip attack on titan
Sama sama ingin keluar dari tempat dimana mereka hidup dalam perlidungan, anime mirip attak on titan ini mengisahkan di suatu hari monster yang disebut "Filth Monsters" muncul. Untuk berlindung dari monster yang mulai mengganggu, manusia yang sudah mulai terpojok harus pergi dan mengungsi dan mempertahan sebuah kota bernama "Regios".

#15. Devil Survivor 2 The Animation

anime mirip attack on titan
Sama-sama diserang oleh monster yang entah dari mana asal-usulnya, anime mirip attak on titan ini mengisahkan karakter utama bernama Kuze Hibiki yang ditakdirkan menjadi manusia pilihan untuk mengalahkan monster bernama Septrentrion.

Cerita awalnya Hibiki diperkenalkan oleh temannya, sebuah situs bernama Nicea yang dapat menampilkan keadaan mereka saat tewas. Nantinya situs ini akan mengirim notifikasi video. Saat Hibiki akan menaiki kereta api bersama temannya, tiba-tiba Nicea memberikan notifikasi tentang video baru kematian mereka.

Hibiki dan temannya sama-sama terkejut saat ia melihat video itu, karena masing-masing dari mereka mati karena terminal ini akan roboh. Dan tak lama setelah mereka melihat video tadi, kecelakaan itu pun benar-benar terjadi.

Namun sebelum tewas, Hibiki mendapatkan sebuah pertanyaan apakah ia ingin tetap hidup atau mati. Tentunya ia akan memilih untuk hidup, tetapi ketika ia tersadar, mereka sudah mendapati dunianya telah hancur lebur. Dan dari sinilah mereka akan melawan mahluk mahluk bernama Septentrion.

#14. Mushibugyo

anime mirip attack on titan
Singkatnya, kedua anime ini adalah tentang bertahan hidup melawan monster raksasa yang mengancam kepunahan manusia. Tapi, di anime Mushibugyou monsternya adalah sebuah serangga raksasa, sementara di anime aot (attak on titan) musuhnya adalah sejenis monster bertubuh manusia raksasa bernama titan.

Di zaman alternatif Jepang, serangga raksasa yang dikenal sebagai "Mushi" mulai muncul dan menyerang orang 100 tahun sebelumnya dan sejak itu mereka membawa teror dan kematian ke negara itu. Untuk melawan ancaman Mushi, Keshogunan mengumpulkan prajurit yang cukup kuat untuk melawan mereka.

#13. No. 6

anime mirip attack on titan
Nah kalau anime mirip attack on titan yang satu ini sih menceritakan orang-orang yang tinggal di dalam kota yang dikelilingi oleh tembok raksasa. Dunia di luar tembok, telah terjadi perang besar dan hampir tidak dapat dihuni lagi oleh manusia. Dan di dalam dinding ini adalah satu satunya tempat untuk berlindung. Konsep ceritanya sama kan?

Animenya sendiri berpusat di sebuah kota dystopian yang dikenal sebagai "No.6". Shion, seorang bocah yang dibesarkan di lingkungan elit dan istimewa di rumahnya, memberi perlindungan kepada seorang buronan bernama "Nezumi" pada suatu malam. Karena kejadian malam itu, Shion dan ibu Shionnya dibuang dari Kronos (kawasan elit).

#12. Blood C

anime mirip attack on titan
Memiliki karakter utama yang sama-sama berambisi ingin melakukan balas dendam dan banyaknya adegan berdarah, Blood C adalah anime mirip attack on titan selanjutnya. Anime Blood C ini menceritakan tentang kehidupan seorang gadis bernama Saya Kisaragi yang merupakan sebuah subjek eksperimen.

Pada siang hari, ia terlihat seperti gadis biasa pada umumnya. Tetapi pada malam hari, dia memiliki tugas untuk membasmi makhluk-makhluk pemangsa manusia yang disebut Furukimono. Ia bertarung dengan Furukimono menggunakan pedang peninggalan ibunya.

Bertarung seorang diri mempertaruhkan nyawanya demi melindungi orang-orang, seiring berjalannya waktu dan telah melewati banyak pertarungan, ia mempelajari banyak hal tentang siapa dia dan apa tugas sebenarnya dari pertarungannya dengan Furukimono.

#11. Nobunagun

anime mirip attack on titan
Banyaknya aksi berdarah dan juga memerangi mahluk yang mulai mengancam manusia, anime mirip attack on titan yang berjudul Nobunagun ini mengisahkan Ogura Shio yang membasmi para alien bernama Shinka Shinryakutai.

Sebuah organisasi rahasia bernama DOGOO yang berisi sekelompok orang yang telah mewarisi hasil rekayasa DNA, selama ini telah memerangi alien ini secara sembunyi sembunyi. Menyaksikan temannya yang berharga berada dalam bahaya, E-Gene (DNA dari tokoh-tokoh bersejarah) Oda Nobunaga di dalam diri Shio spontan bangkit.

Tak lama selang kejadian ini, senjata bernama AU Weapon berwujud senapan mesin dalam diri Shio bangkit, akibat kejadian ini dia pun menjadi anggota baru DOGOO dengan julukan Nobunagun.

#10. Muv-Luv Alternative: Total Eclipse

Anime mirip attack on titan (shingeki no kyojin)
Genre: Action, Mecha, Military, Sci-Fi

Tahun 1973 ketika BETA, ras alien yang ditemukan di bulan, pertama tiba di Bumi dan memulai pembantaian tehadap umat manusia. Harapan satu-satunya manusia terletak pada perangkat perang berbentuk robot bernama Tactical Surface Fighters, atau TSFs, yang diujicobakan oleh elit militer.

Anime mirip attack on titan ini akan berfokus pada, Yuuya Bridges, seorang pilot setengah Jepang, setengah Amerika, yang ditugaskan ke sebuah skuadron elit Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bertugas mengembangkan TSF baru untuk mengalahkan kekuatan alien BETA.

Di sanalah ia berkenalan dengan Letnan Yui Takamura dan keduanya menjadi dekat. Namun pesona Yuya juga mulai menarik perhatian Cryska Barchenowa, seorang pilot TSF asal Rusia. Sebagai manusia yang berjuang untuk bertahan hidup, kisah mereka pun terjalin ditengah usaha untuk menghadapi alien buas yang mulai menguasai Bumi.

Kemiripan antara Attack on Titan dan Muv-Luv Alternative: Total Eclipse adalah kedua anime ini berpusat pada manusia yang berjuang melawan musuh pemakan manusia (BETA/ Titan) dan kedua anime ini juga sama sama berusaha mencegah kepunahan ras manusia.

Sang tokoh utama juga sama sama telah kehilangan orang-orang terkasih (keluarga/ teman) dalam beberapa episode pertama dengan cara yang paling mengerikan sampai-sampai bisa merusak hidup mereka secara mental.

Kedua karakter utama ini juga sama sama masuk kedalam sebuah anggota militer untuk menyelamatkan umat manusia. Perbedaannya paling mencolok mungkin hanya terletak pada genre, Attack on Titan lebih ke arah genre Action misteri fantasy, sementara Muv-Luv Alternative: Total Eclipse ke arah genre Action mecha Sci-Fi.

#9. Claymore

Anime mirip attack on titan (shingeki no kyojin)
Genre: Action, Adventure, Super Power, Demons, Supernatural, Fantasy, Shounen

Anime mirip attack on titan ini menceritakan umat manusia yang diusik oleh Yoma yaitu sesosok mahluk yang memakan manusia. Makhluk-makhluk jahat ini dapat merubah penampilan dan mengetahui kenangan manusia yang telah mereka makan, sehingga mereka dapat berbaur dalam masyarakat untuk memangsa manusia lainnya tanpa diketahui.

Sebuah oraganisasi misterius tanpa nama, menciptakan manusia setangah yoma untuk membunuh para Yoma. Prajurit perempuan ini memakai seragam lapis baja. Orang orang menyebut mereka sebagai "Claymore" atau "Penyihir bermata perak" karena mata perak mereka.

Seri ini akan berpusat pada seorang anak laki-laki bernama Raki yang telah kehilangan segalanya karena serangan dari para Yoma dan seorang Claymore bernama Clare yang dibenci oleh masyarakat.

Kemiripan antara Attack on Titan dan Claymore adalah keduanya memiliki tema yang sama, yaitu keduanya berada didunia pertengahan dimana manusia menjadi makanan bagi mahluk mengerikan bernama titan (di anime Attack on Titan) dan yoma (di anime Claymore).

Titan dan Yoma hampir sama, mereka adalah monster yang tidak mungkin dikalahkan oleh kebanyakan manusia normal, dan mereka juga diselimuti banyak misteri seputar bagaimana mereka diciptakan.

Clair dan Eren juga merupakan karakter utama yang sama sama manusia dari setengah musuh yang harus mereka habisi (Eren manusia setengah titan dan Clair manusia setengah Yoma). Orang yang berharga bagi mereka juga dibunuh oleh monster ini dan mereka ingin membalas dendam melalui sebuah perjalanan untuk mendapatkan lebih banyak kekuatan.

Kedua anime ini juga sama sama menceritakan kehidupan manusia di dunia yang bisa dibilang sunyi dan berfokus pada kelangsungan hidup. Kedua anime ini juga sama sama menceritakan perempuan yang memiliki kekuatan luar biasa (Mikasa dan Anie di Attack on Titan dan para Claymore di anime Claymore).

#8. Black Bullet

Anime mirip attack on titan (shingeki no kyojin)
Genre: Action, Sci-Fi, Mystery, Seinen

Pada tahun 2021, manusia dilanda oleh sebuah virus parasit bernama "Gastrea", dan para manusia dipaksa tinggal di dalam sebuah dinding yang terbuat dari Varanium Monoliths, yaitu sebuah logam yang mampu menaklukkan Gastrea.

Suatu hari "Anak Terkutuk" terlahir dari ibu yang terinfeksi virus Gastrea. Anak yang disebut anak terkutuk ini memiliki kemampuan super dan dapat mengendalikan kekuatannya, tapi resiko bila anak anak tersebut menggunakan kekuatannya lebih tinggi maka mereka akan berubah menjadi monster.

Suatu hari Civil Security dibentuk untuk membangun spesialisasi dalam memerangi Gastrea. Beroperasi dengan pasangan Inisiator, anak terkutuk dan seorang Promotor akan bertugas menyelesaikan misi. Seri ini akan berpusat pada Rentarou Satomi, seorang siswa SMA yang juga seorang Promotor bersama teman masa kecilnya, Kisara Tendou dan juga Inum Enju Aihara seorang anak terkutuk, yang menerima sebuah misi rahasia untuk mencegah kerusakan di Area Tokyo.

Kemiripan antara Attack on Titan dan Black Bullet adalah di kedua anime ini, manusia yang tersisa mempertaruhkan seluruh ras mereka dan berjuang untuk bertahan hidup menghadapi kepunahan. Mereka membangun penghalang/ dinding untuk melindungi diri dari Titan/ Gastrea.

Dinding itu akan segera runtuh. Di kedua anime ini juga hanya terdapat beberapa orang terpilih yang mampu membunuh Titan/ Gastrea. Akhir umat manusia juga ada pada pundak mereka.

Dibanding dengan anime Black Bullet seri Attack on Titan memiliki sejarah yang lebih gelap karena orang-orang hidup dalam ketakutan untuk jangka waktu yang lebih lama. Kedua anime ini juga berada di dunia apokaliptik dimana monster telah menghabisi sebagian besar umat manusia.

Kedua tokoh utama dari kedua anime ini juga bisa dibilang sama sama merupakan manusia setengah musuh yang harus dihadapi (yaitu manusia setengah titan dan gastrea).

Selain itu karakter utama dari setiap seri (Eren Yeager dan Rentaro Satomi) adalah orang yang memiliki seiyuu (pengisi suara) yang sama, yaitu Kaji Yuuki. Dan di kedua anime ini juga memiliki sedikit unsur politik dalam ceritanya.

#7. Sidonia no Kishi

Anime mirip attack on titan (shingeki no kyojin)
Genre: Action, Mecha, Sci-Fi, Seinen, Space

Nah kalau salah satu anime action mecha terbaik ini sih bersetting pada tahun 3394, seribu tahun setelah manusia melarikan diri dari Bumi setelah dihancurkan oleh ras alien bernama "Gauna". Manusia berhasil melarikan diri dari para Gauna dengan menggunakan kapal besar bernama Sidonia, yang memungkinkan mereka mempertahankan populasi mereka di ruang angkasa. Dengan populasi lebih dari 500.000 orang, Sidonia mungkin merupakan pemukiman dan ras manusia terakhir yang tersisa.

Anime ini akan berpusat pada seorang pemuda bernama Nagate Tanikaze, yang tinggal dan dibesarkan jauh di dalam perut kapal oleh kakeknya. Tidak pernah bertemu orang lain, dia terus berlatih dengan sebuah simulator pilot Guardian tua setiap hari sampai ia menguasainya. Setelah kematian kakeknya, dia pergi ke permukaan dan terpilih sebagai pilot Guardian.

Saat sekali lagi Gauna mulai menyerang dan mengancam umat manusia Nagate dan rekan-rekan pilot lainnya mempertaruhkan hidup mereka di garis depan untuk melawan para Gauna, dalam pertempuran terakhir untuk kelangsungan hidup manusia.

Kemiripan antara Attack on Titan dan Sidonia no Kishi adalah manusia sejak dulu memilih untuk tinggal di dalam sebuah penghalang pertahanan untuk menangkis serangan dari makhluk misterius yang sering menyerang manusia (di anime attack on titan manusia tinggal di dalam tembok raksasa, sementara di anime sidonia no kishi manusia tinggal di dalam kapal). Kedua anime ini juga dihadapkan dengan kenyataan hidup yang suram, dan karakter utama kedua anime ini memilih menjadi tentara untuk memperjuangkan kelangsungan hidup manusia.

Kedua anime ini sama sama bersetting di dunia di mana manusia berada dalam bahaya dan perlu mempertahankan diri dari musuh berbahaya yang bisa membuat mereka berada di ambang kepunahan. Ada banyak misteri di sekitar makhluk itu, dari mana asalnya, mengapa mereka menyerang dan apa yang mereka inginkan.

#6. Owari no Seraph

Anime mirip attack on titan (shingeki no kyojin)
Genre: Action, Drama, Shounen, Supernatural, Vampire

Pada tahun 2012, dunia berada dalam kekacauan akibat sebuah virus yang menghancurkan populasi manusia. Akibat kejadian ini banyak orang dewasa yang meninggal dan hanya menyisakan anak-anak di bawah usia tiga belas tahun yang belum tersentuh yang masih hidup. Pada saat yang sama vampir muncul dari relung bumi. Para vampir ini menguasai sisa-sisa manusia yang selamat dan membawa mereka ke tempat yang aman.

Namun sebagai ganti atas perlindungan yang diberikan oleh vampir ini pada anak yang selamat, para vampir memperlakukan mereka seperti hewan ternak dan meminta menyumbangkan darah mereka. Pada usia dua belas tahun, Yuuichirou dan Mikaela yang sesama anak yatim piatu merencanakan untuk melarikan diri bersama anak-anak Panti Asuhan Hyakuya. Namun, rencana ini gagal dan Mikaela mengorbankan dirinya agar Yuuichirou dapat melarikan diri.

Tak lama setelah itu Yuuichirou diselamatkan oleh anggota Moon Demon Company, yaitu sebuah unit tentara Jepang yang didedikasikan untuk memburu vampir. Empat tahun kemudian, Yuuichirou mendedikasikan hidupnya untuk menghancurkan vampir dan membalas dendam terhadap mereka karena membunuh "keluarga" nya. Pada saat yang sama, terungkap bahwa Mikaela masih hidup dan merupakan vampir yang harus ia memusnahkannya.

Kemiripan antara Attack on Titan dan Owari no Seraph adalah Owari no Seraph/ Seraph of the End dan Attack on Titan berbagi sejumlah kesamaan yang bisa dibilang sangat mirip. Pertama, karakter utama dari kedua anime ini adalah seorang remaja laki-laki yang memiliki tujuan untuk membunuh semua titan (di anime Attack on Titan) dan semua vampir (di anime Owari no Seraph).

Makhluk ini telah mengambil keluarga tercinta/ teman-teman mereka dengan cara yang sangat menyakitkan. Yang kedua, mereka juga bergabung dengan (semacam organisasi) yang akan membantu mereka untuk membalas dendam terhadap para vampir/ titan. Yang ketiga, sang tokoh utama juga bisa dibilang keras kepala dan sembrono, dan mereka juga memiliki teman di belakang mereka yang mencoba menghentikan mereka melakukan hal-hal bodoh.

Selain itu Attack on Titan dan Owari no Seraph juga sama-sama diproduksi oleh studio animasi yang sama yaitu (Wit Studio) dan juga berbagi komposer soundtrack yang sama, yaitu Sawano Hiroyuki. Dalam hal cerita, di kedua dunia anime ini para manusia juga berada di ambang kepunahan dan terancam punah oleh spesies lain (titan dan vampir). Di kedua anime, suasananya juga terlihat sangat gelap, serius dan gaya animasinya juga sangat mirip.

#5. Tokyo Ghoul

Anime mirip attack on titan (shingeki no kyojin)
Genre: Action, Mystery, Horror, Psychological, Supernatural, Drama, Seinen

Anime mirip attack on titan ini menceritakan kisah Ken Kaneki, seorang mahasiswa kutu buku yang tertarik dengan seorang gadis bernama Rize Kamishiro di sebuah kafe yang sering dikunjunginya. Usia mereka mengobrol dan memiliki minat yang sama, mereka menjadi semakin dekat.

Ketika Kaneki tengah mengantarkan Rize pulang, dia hampir tewas dibunuh dan dimakan oleh Rize di tempat konstruksi dan menyadari bahwa dia adalah seorang Ghoul. Beruntung beberapa batang besi jatuh dan menimpa tubuh Rize hingga tewas.

Untuk menyelamatkan nyawa Kaneki yang sekarat, akhirnya para dokter memindahkan organ Rize ke tubuh Kaneki hingga menjadikannya manusia setengah Ghoul dan dirinya kini terjebak dalam dunia yang mengerikan dimana manusia tidak berada di puncak rantai makanan.

Tak lama setelah keadian itu Kaneki menyadari bahwa Tokyo telah menjadi kota yang telah lama dihuni oleh para "Ghoul" yaitu sejenis mahluk yang haus akan darah dan daging manusia. Namun, ancaman terbesar yang ditimbulkan Ghoul ini adalah kemampuan berbahaya mereka yang dapat menyamar sebagai manusia dan berbaur dengan orang orang tanpa diketahui.

Kemiripan antara Attack on Titan dan Tokyo Ghoul adalah berjuang untuk kelangsungan hidup manusia adalah tema utama yang dimiliki kedua anime ini. Kedua karakter utama ini juga harus berjuang agar bisa bertahan dan mereka mendapatkan kekuatan untuk mengubah segalanya. Karakter utama dikedua seri ini, baik Eren dan Kaneki memulai segalanya sebagai manusia biasa dan suatu hari mereka berubah menjadi manusia setangah monster yang harus mereka habisi.

Beberapa karakter di kedua anime ini juga sama sama memiliki karakter perempuan yang kuat seperti Mikasa dan Touka. Baik titan maupun ghoul keduanya juga merupakan salah satu monster pemakan manusia yang harus di kalahkan oleh para karakter utama di masing masing seri. Kedua seri ini juga memiliki karakter anime pendukung yang jauh lebih terampil dan badass daripada karakter utama dengan kekuatan yang terlihat seperti overpower.

Selain memiliki action yang keren, seri ini juga bisa dibilang merupakan salah satu anime action gore terbaik yang pernah ada.

#4. Terra Formars

Anime mirip attack on titan (shingeki no kyojin)
Genre: Action, Sci-Fi, Space, Horror, Drama, Seinen

Nah kalau salah satu anime action terbaik ini sih menceritakan tentang manusia yang berperang melawan para kecoa. Dalam upaya untuk menghuni planet Mars, ilmuwan abad ke 21 ditugaskan untuk mengintensifkan planet ini. Tujuan mereka adalah untuk menanamkan planet ini dengan alga yang dimodifikasi untuk menyerap sinar matahari dan menyucikan atmosfer, serta menyimpan kecoak sebagai mahluk ujicoba di planet ini.

Lima ratus tahun kemudian, kapal berawak pertama pergi ke Mars. Setelah sampai disana mereka diserang oleh kecoa yang bermutasi menjadi kecoa berbentuk manusia dengan kekuatan fisik yang luar biasa, yang kemudian diberi label "Terraformar".

Dua tahun kemudian, ekspedisi multinasional manusia yang dimodifikasi secara genetis yang diberi nama BUGS II dikirim untuk mengumpulkan 10 sampel jenis kecoa, dan memusnahkan serangga yang bermutasi untuk mengendalikan planet merah tersebut. Hanya dua orang yang selamat dan berhasil kembali ke Bumi.

Saat akan melakukan ekspedisi ketiga, banyak pertanyaan yang muncul tentang asal mula Terraformar dan apa hubungannya dengan penyakit yang tidak diketahui yang menimpa manusia bernama Alien Engine Virus, atau A.E. Virus. Untuk melawan kekuatan dan ketangkasan Terraformar, anggota ekspedisi kedua dan ketiga mengalami modifikasi genetik untuk mewarisi karakteristik organisme lain.

Ekspedisi ketiga berakhir dengan sebagian besar anggota krunya terbunuh juga. Meskipun begitu, beberapa orang yang selamat dan berhasil mengumpulkan sampel yang cukup untuk penelitian tentang penyembuhan Virus A.E.

Namun, pertarungan baru melawan Terraformar dimulai saat terungkap bahwa makhluk tersebut tiba di Bumi jauh sebelum para peneliti menyadarinya, dan setelah berkembang biak dengan kecepatan yang mengkhawatirkan dan menyesuaikan diri dengan area sekitar, mereka memulai rencananya untuk mengambil alih planet ini

Kemiripan antara Attack on Titan dan Terra Formars adalah kedua anime ini bisa dibilang sama sama menceritakan manusia yang berada di ambang kepunahan. Kedua anime ini juga sama sama menceritakan tentang makhluk yang bukan manusia tapi berbentuk seperti manusia dengan kekuatan yang sangat kuat yang mengancam para manusia, dan sebuah tim tentara elit harus berkumpul untuk menghentikan serangan mereka sebelum terlambat.

Selain itu, sang tokoh utama juga sama sama memiliki kekuatan khusus (Eren memiliki kekuatan titan shifter yang bisa berubah jadi titan, sementara Hizamaru Akari memiliki kekuatan dari rekayasa genetika). Tidak luput juga aksi gore dan bantai bantaian terjadi di kedua anime ini, jadi jangan heran kalau kamu melihat banyak adegan dimana banyaknya darah bercucuran hingga banyaknya kepala dan organ lainnya yang lepas dari anggota tubuh yang semestinya.

#3. God Eater

Anime mirip attack on titan (shingeki no kyojin)
Genre: Action, Military, Sci-Fi, Fantasy

Ras manusia telah terdesak ke ambang kepunahan setelah evolusi monster pemakan manusia yang disebut "Aragami" muncul. Mereka menaklukkan hampir seluruh wilayah dimuka bumi baik di darat hingga udara, melahap hampir segalanya dan tidak meninggalkan apapun. Untuk mengalahkan mereka, sebuah organisasi bernama Fenrir didirikan sebagai jawaban untuk menyelamatkan umat manusia di bumi melalui penggunaan "God Eater".

Lenka Utsugi adalah tipe baru yang memiliki bentuk God Arc berupa senjata pedang dan pistol. Lenka harus belajar menguasai God Arc miliknya untuk membasmi para Aragami, karena Monster ini terus berkembang biak semakin lama semakin kuat. Sebelum peradaban manusia punah seketika, Utsugi akan membasmi Aragami bersama dengan teman lainnya di organisasi Fenrir.

Kemiripan antara Attack on Titan dan God Eater adalah keduanya berlangsung dalam dunia apokaliptik dimana dunia manusia akan segera berakhir dan orang-orang yang memiliki talenta direkrut ke dalam militer dan dilatih untuk membela umat manusia. Kedua anime ini juga sama sama memiliki karakter utama yang bisa dibilang ceroboh dan ingin membasmi semua monster yang mengancam manusia.

Kedua anime ini juga memiliki skuad khusus yang dikatakan lebih baik dari yang lain dan yang terkuat yang bertanggung jawab atas skuad tersebut (Levi dan Lindow). Untuk melawan mereka, manusia juga menggunakan kekuatan monster (Titan sifter dalam attack on titan dan God Arc dalam anime God Eater) untuk berperang melawan mereka. Ras manusia juga tinggal di balik tembok untuk melindungi mereka dari monster.

#2. Highschool of the Dead

Anime mirip attack on titan (shingeki no kyojin)
Genre: Action, Horror, Supernatural, Ecchi

Anime mirip attack on titan ini menceritakan tentang dunia yang dilanda pandemi mematikan yang mengubah manusia menjadi zombie. Ceritanya akan mengisahkan Takashi Komuro bersama sekelompok siswa SMA lainnya saat mereka menghadapi peristiwa bencana di seluruh dunia yang dikenal sebagai "Wabah". Bersama dengan beberapa orang yang selamat lainnya, Rei dan Takashi berangkat untuk mencari keluarga mereka di dunia yang tak lama lagi akan menjadi sarang para zombie.

Pemerintah telah runtuh, zombie berkeliaran dimana mana dan tidak terkendali, dan orang-orang di mana pun berusaha semaksimal mungkin untuk bertahan hidup. Takashi dan beberapa orang yang masih selamat kini harus mencari jalan keluar dari sekolah yang sudah dipenuhi oleh zombie-zombie yang haus darah.

Kemiripan antara Attack on Titan dan Highschool of the Dead adalah tema utama untuk kedua serial anime ini adalah "survival" atau bertahan hidup, berperang melawan sekelompok makhluk yang memangsa umat manusia. Keduanya memiliki atmosfir dan cerita yang juga bisa dibilang sangat mirip, karena memiliki banyak aksi berdarah dan juga aksi gore.

Hari-hari yang damai kini berubah selamanya menjadi suasana yang mencekam. Manusia menghadapi kekuatan yang tak terbendung yang membuat dunia panik ketakutan akibat para monster di kedua anime ini (zombie/ titan yang tiba tiba muncul). Di kedua anime ini juga sama sama menceritakan tentang dunia yang telah diambil alih oleh zombie / titan, dan karakter utama juga berjuang untuk bertahan hidup. Kedua anime ini juga memiliki suasana yang sangat serius dan tegang.

#1. Koutetsujou no Kabaneri

Anime mirip attack on titan (shingeki no kyojin)
Genre: Action, Horror, Drama, Fantasy

Sebuah virus misterius muncul selama revolusi industri mengubah manusia yang terinfeksi menjadi Kabane (sejenis mayat hidup/ zombie) dan menyebar dengan cepat. Mahluk ini agresif, haus darah dan tidak bisa dikalahkan kecuali jantungnya yang dilindungi oleh lapisan seperti baja ini ditusuk, atau bagian tubuh penting lainnya benar-benar terputus (seperti kepala). Sayangnya, sebagian besar senjata jarak dekat dan senjata tekanan uap yang digunakan oleh para tentara tidak terlalu efektif melawan mereka.

Di sebuah pulau negara Hinomoto orang orang telah membangun benteng seperti "stasiun" untuk melindungi diri dari makhluk-makhluk ini. Orang orang mengakses stasiun untuk mengirim barang di antara mereka dengan bantuan lokomotif uap bernama hayajirou. Suatu hari, hayajirou dibajak karena kecelakaan Kabane yang mengarah ke Stasiun Aragane dan mereka menguasai kota.

Anime mirip attack on titan ini ceritanya akan berpusat pada Ikoma, seorang pandai besi yang mendapat kesempatan untuk menguji senjata buatannya bernama Tsuranukizutsu (pistol penusuk) yang ditenagai oleh uap, namun sebelum menyelesaikan senjatanya ia malah terinfeksi oleh gigitan kabane dan terinfeksi virus. Walaupun ia berhasil melawan virus tersebut kini ia menjadi seorang Kabaneri (manusia setengah Kabane).

Dibantu oleh Kabaneri lain bernama Muumei, Ikoma dan yang lainnya yang selamat dari stasiun hayajiro bernama Koutetsujou kini berangkat mencari tempat berlindung ke tempat lain, sambil melawan para gerombolan Kabane di sepanjang jalan.

Kemiripan antara Attack on Titan dan Koutetsujou no Kabaneri adalah, kedua anime ini dibuat oleh tim yang sama yang membuat seri Attack di Titan, tidak mengherankan jika anime Koutetsujou no Kabaneri sangat mirip dengan anime Attack on Titan. Dalam ceritanya juga diceritakan bahwa Ikoma dan timnya akan berperang melawan segerombolan makhluk hidup yang berencana untuk menghabisi manusia, sama seperti Eren melawan para titan.

Kedua anime ini juga sama sama berpusat di sekitar bangunan sebuah benteng/ dinding dengan harapan dapat melindungi apa yang tersisa dari umat manusia sebelum terlambat (di anime attack on titan orang orang tinggal di dalam tembok, sementara Koutetsujou no Kabaneri berada di dalam stasiun). Kedua karakter utama di kedua seri ini juga sama sama manusia setengah monster (titan/ kabane) dan musuh yang dihadapi juga sama sama pemangsa manusia.

Selain itu kedua karakter utama ini juga sama sama kehilangan keluarganya karena monster-monster ini dan ingin menghancurkannya. Senjata untuk mengalahkan musuh ini juga hampir terlihat mirip dan memiliki konsep yang juga bisa dibilang sama. Satu hal yang juga tidak kalah miripnya adalah sang musuh juga sama sama hanya bisa dihabisi jika mengenai bagian vitalnya (titan hanya bisa dikalahkan jika punduknya ditebas/ membunuh titan sifter didalam punduk titan, sementara kabane hanya bisa dikalahkan jika berhasil menebas kepala atau menusuk jantung yang kerasnya seperti baja).

Baca Juga: 13 Anime Mirip Steins;Gate, Salah Satu Anime Bertemakan Perjalanan Waktu Terbaik Sepanjang Masa

Nah itu dia beberapa daftar anime mirip Attack on Titan (Shingeki no Kyojin) versi Gugenkatsu, jika kamu tau seri anime mirip attack on titan yang lainnya, silahkan diskusikan di kolom komentar ya.

Jangan lupa ikuti kami di jejaring sosial lainnya untuk mendapat info menarik seputar dunia anime secara terupdate

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama