10 Anime Mirip Kuroko No Basket Bertemakan Olahraga Terbaik

anime mirip kuroko no basket
anime mirip kuroko no basket

Gugenkatsu - Kuroko no Basket (Kurobas) menceritakan tentang tim bola basket SMP Teiko yang selalu memenangkan semua kompetisi dengan ke lima anggota timnya yang memiliki kemampuan diatas rata rata pemain ace yang dijuluki "generasi keajaiban".

Setelah lulus dari SMP, kelima pemain bintang yang memiliki skill seperti monster ini terpecah ke berbagai SMA yang berbeda. Namun, sedikit fakta yang diketahui, ternyata masih ada pemain lain dalam "generasi keajaiban", yaitu pemain keenam yang hawa keberadaannya sangat minim yaitu pemain bayangan keenam.

Pemain misterius ini sekarang adalah seorang siswa baru di SMA Seirin, sebuah sekolah baru dengan tim basket yang juga cukup kuat. Seri ini akan berpusat pada Kuroko Tetsuya "anggota keenam" dari generasi keajaiban bersama partnernya Taiga Kagami, pemain basket berbakat yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Amerika.

Bertujuan untuk menjadi yang terbaik dan membawa SMA Seirin menuju puncak, kini Kuroko, Kagami dan bersama anggota basket SMA Seirin lainnya akan memulai kisahnya dengan mencoba mengalahkan para generasi keajaiban yang memiliki berbagai kemampuan di atas rata rata ini.

Dikesempatan kali ini kita akan membahas anime sport terbaik bertemakan basket yaitu kuroko no basket. Mulai dari segi cerita, karakter dan beberapa faktor lainnya, berikut adalah beberapa daftar anime mirip kuroko no basket versi Gugenkatsu (walaupun bukan semuanya anime bertemakan basket).

Daftar Anime Mirip Kuroko No Basket


#10. Prince of Stride: Alternative

anime mirip kuroko no basket
Genre: Sports, Drama, School

Seri Prince of Stride: Alternatif menceritakan tentang olahraga ekstrim bernama "Stride", yaitu sebuah olahraga di mana sebuah tim akan balapan di jalanan kota dengan berbagai hambatan dan juga trak (olah raga ini merupakan perpaduan antara lari cepat dan juga parkur).

Anime mirip kuroko no basket ini ceritanya berlangsung di Akademi Honan dimana siswa SMA tahun pertama Takeru Fujiwara dan Nana Sakurai mencoba untuk membangun kembali tim "Stride" sekolah tersebut dengan merekrut 6 anggota. Tujuan mereka adalah untuk bergabung dengan sekolah lain dalam kejuaraan dan kompetisi "End of Summer".

Takeru meminta Nana untuk menjadi relationer dan manajer. Mereka juga meminta Riku Yagami untuk bergabung dengan tim tersebut, namun dia menolaknya dengan menyatakan bahwa "Stride" adalah sesuatu yang tidak ingin dia lakukan, namun setelah melihat perjuangan temannya ia tersadar bahwa dirinya sangat menyukai olah raga Stride.

Kemiripan antara Kuroko no Basket dan Prince of Stride: Alternative adalah anime ini sama sama bersetting di sekolahan dan juga mengusung topik persahabatan.

Baik di anime Kuroko no Basket maupun Prince of Stride: Alternative terdapat karakter yang terlihat seperti sebuah partner andalan tim/ bisa juga disebut pairing (Kuroko dan Kagami di anime Kuroko no Basket, Riku Yagami dan Takeru Fujiwara di anime Prince of Stride: Alternative).

Keduanya juga sama sama mengincar sebuah kejuaraan dan ingin memenangkannya. Selain itu kedua anime ini juga dipenuhi banyaknya karakter laki laki yang cool.

Perbedaannya mungkin hanya terletak pada genre, anime kuroko no basket memiliki genre sport dan dipadukan dengan kekuatan super sementara Prince of Stride: Alternative hanya terlihat seperti olah raga pada umumnya tanpa kekuatan super.

#9. Yowamushi Pedal

anime mirip kuroko no basket
Genre: Comedy, Sports, Drama, Shounen

Anime mirip kuroko no basket ini ceritanya mengikuti kisah seorang siswa SMA baru bernama Onoda Sakimichi. Dia adalah seorang otaku yang tidak menunjukkan minat pada olahraga apapun atau jenis kegiatan lainnya kecuali hal yang berbau anime dan manga.

Karena hobinya ini, ia sering pergi ke Akihabara yang jaraknya berpuluh puluh kilo dari rumahnya (rumahnya di belakang pegunungan) dengan sepeda ontel ibu ibu yang sederhana untuk memuaskan hasrat otakunya.

Tidak disadari olehnya, perjalanannya yang sering mendaki gunung bolak balik dari rumahnya ke Akihabara ini mulai memperlihatkan berbakatnya dalam bersepeda. Dan sekarang, bakat terpendamnya ini akan menuntunnya ke sebuah klub balap Sepeda.

Dan saat ia berada di SMA barunya kini Onoda Sakimichi yang tidak bisa menemukan teman sesama otaku akhirnya menemukan teman barunya yang akan mengajarinya olah raga bersepeda.

Kemiripan antara Kuroko no Basket dan Yowamushi Pedal adalah keduanya memiliki karakter utama yang memiliki bakat tersembunyi. Karakter utama kedua anime ini juga sama sama lemah jika dibandingkan karakter lainnya, namun pada akhirnya tumbuh dalam hal kekuatan dan keterampilan seiring berjalannya cerita dan menjadi andalan bagi masing masing tim.

#8. Free!

anime mirip kuroko no basket
Genre: Slice of Life, Comedy, Sports, School

Anime mirip kuroko no basket ini ceritanya berpusat pada Haruka Nanase, seorang anak laki-laki yang selalu menyukai air, dan berenang di dalamnya. Sebelum lulus dari sekolah dasar, ia berpartisipasi dalam turnamen renang estafet bersama ketiga temanya, mereka adalah Makoto Tachibana, Nagisa Hazuki, dan Rin Matsuoka. Setelah meraih kemenangan, masing-masing anak laki-laki ini berpisah.

Waktu berlalu, dan saat mereka menginjak masa SMA, mereka bertemu kembali sebagai siswa di SMA Iwatobi. Namun, kini Rin tidak bersama mereka dan tidak peduli lagi dengan kenangan mereka di masa lalu. Tidak hanya masuk ke SMA yang berbeda, tapi dia juga terobsesi menjadi perenang yang lebih hebat dari Haruka.

Setelah reuni pahit mereka, kini Haruka, Nagisa, dan Makoto bersama seorang anggota baru bernama Rei Ryugazaki yang direkrut oleh Nagis mereka menciptakan Klub renang SMA Iwatobi untuk mengalahkan Rin.

Kemiripan antara Kuroko no Basket dan anime Free! adalah anime ini sama sama menceritakan tentang rekan tim/ teman baik sebelum masa SMA yang bertemu lagi sebagai seorang saingan/ rival di masa SMA-nya (kalau diibaratkan itu seperti Aomine & Kuroko di anime Kuroko no Basket bersama Rin & Haruka di anime Free!).

Di kedua anime ini juga sama sama memiliki karakter utama yang lebih tenang (Kuroko dan Haruka) yang harus mengalahkan lawan mereka sebelum mereka dapat mencapai tujuan akhir mereka. Kedua anime ini juga sama sama memiliki pelatih wanita yang sama sama menunjukkan perkembangan latihan yang mereka jalani sebelum menghadapi saingannya.

Anime Free! lebih banyak mengarah ke genre slice of life sementara Kuroko no Basket lebih ke arah shounen. Selain itu, kedua seri ini juga sama sama memiliki kisah tentang membangun persahabatan antar karakter.

#7. Captain Tsubasa

anime mirip kuroko no basket
Genre: Shounen, Sports

Tsubasa Oozora adalah seorang siswa sekolah dasar berusia 11 tahun yang sangat mencintai sepak bola dan impiannya adalah memenangkan Piala Dunia FIFA untuk Jepang. Dia tinggal bersama ibunya di Jepang, sementara ayahnya adalah seorang kapten pelaut yang berkeliling dunia.

Pada usia yang sangat muda, Tsubasa sudah memiliki kecepatan, stamina, kecakapan dribbling dan tenaga tembakan yang hebat dan dapat mengejutkan siapa saja yang melihatnya bermain.

Anime mirip kuroko no basket ini akan mengisahkan Tsubasa Oozora bersama teman temannya di tim sepakbola Nankatsu bersama partner duetnya bernama Taro Misaki untuk memenangkan berbagai pertandingan sepakbola yang ada.

Untuk memenangkan berbagai pertandingan ia akan dihadapkan dengan berbagai rival kuat lainnya seperti Kojiro Hyuga, Ken Wakashimazu, Jun Misugi, Hikaru Matsuyama, Genzo Wakabayashi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak ketinggalan juga Roberto Hongo, salah satu pemain Brasil terbaik di dunia yang merupakan teman ayah Tsubasa yang mulai tinggal dengan Tsubasa dan ibunya yang akan menjadi mentor untuk melatih Tsubasa dan mengajarkan berbagai teknik andalannya, sampai ia menjuarai Kejuaraan Dunia U-17 untuk Jepang, sebelum meninggalkan negara itu dan bermain di Brasil.

Kemiripan antara Kuroko no Basket dan Captain Tsubasa adalah seri ini sama sama merupakan anime olah raga, yang membedakannya hanya Captain Tsubasa merupakan anime yang memiliki tema sepak bola sedangakan Kuroko no Basket merupakan anime dengan tema basket.

Meskipun sama sama anime bergenre sport dan school tapi kedua anime ini juga sama sama lebih banyak menceritakan kisahnya di lapangan untuk pertandingan dan juga berlatih.

Kedua anime ini juga sama sama memiliki kisah sang tokoh utama yang memiliki partner andalan dalam permainannya (Tsubasa bersama Misaki, sementara Kuroko dengan Kagami). Selain itu anime ini juga sama sama anime sport yang dipadukan dengan kekuatan super.

#6. Dear Boys

anime mirip kuroko no basket
Genre: Drama, Shounen, Sports

Aikawa Kazuhiko adalah kapten tim basket dari sekolah menengah Tendoji yang memiliki pamor. Dia pindah ke kota baru untuk masuk ke SMA Mizuho dan bergabung dengan tim bola basketnya. Namun, tim basket Mizuho ternyata jauh dari kata bergengsi dan sudah tidak berfungsi lagi.

Meski begitu, ketekunan, gairah dan keterampilan basket Kazuhiko menginspirasi anggota tim basket yang disfungsional ini untuk bersiap dan mulai berlatih lagi.

Tujuannya adalah untuk bermain di turnamen nasional dimana semua pemain basket muda bertemu lawan mereka untuk saling bersaing menjadi yang terbaik. Seri ini akan berpusat pada kisah lima tokoh utama: Fujiwara Takumi, Ishii Tsutomu, Dobashi Kenji, Miura Ranmaru dan Aikawa Kazuhiko di tim basket SMA Mizuho.

Kemiripan antara Kuroko no Basket dan Dear Boys adalah di kedua seri tersebut, ada suasana yang sangat kompetitif di antara tim yang melibatkan bola basket. Seri ini juga sama sama bersetting di lingkungan sekolah dan memiliki unsur komedi, dan beberapa strategi di antara rekan satu tim untuk meraih kesuksesan.

Aikawa dan Kuroko adalah dua karakter yang berasal dari sekolah yang terkenal dengan tim bola basketnya dan keduanya pada dasarnya "meninggalkan" tim lama mereka untuk memulai lagi untuk bermain basket. Mereka berdua juga dihormati oleh mantan rekan tim mereka.

#5. Dragon League

anime mirip kuroko no basket
Genre: Adventure, Fantasy, Sports, Comedy, Shounen

Tokio dan ayahnya Amon pergi ke negara sepak bola Elevenia di mana mereka melihat sebuah parade tim sepak bola terkuat di negara itu, para winner. Amon menantang tim kapten bernama Leon dan saat Amon kalah, Leon mengubahnya menjadi naga kecil. Tak terima akan hal itu, Tokio memutuskan untuk menantang Leon agar Amon bisa menjadi manusia lagi.

Kemiripan antara Kuroko no Basket dan Dragon League adalah kedua anime ini sama sama anime bergenre sport yang dipadukan dengan kekuatan super.

Kedua anime ini juga memiliki pemain yang unik (kalo di anime Kuroko no Basket, sang karakter memiliki berbagai warna rambut yang membuatnya mudah dikenal orang dan juga terkesan sangat ikonik dengan warnanya, sedangkan di anime Dragon League kata unik disini memang benar benar unik karena bukan hanya manusia saja yang ikut bermain dalam pertandingan, tapi berbagai karakter seperti kadal, dinosaurus dan manusia juga menjadi satu tim).

Mungkin dari daftar anime mirip Koroko no Basket, seri ini merupakan anime yang paling jarang diketahui oleh orang orang, karena seri ini merupakan anime jadul yang bahkan dalam daftar situs MyAnimeList sendiri rank dan popularity-nya itu kurang/ terkesan berada di posisi bawah.

Padahal dalam segi cerita anime ini keren dan memiliki story yang lebih terkesan sulit dilupakan dan juga nagih (buat yang suka genre anime sport dengan kekuatan super) dibanding anime baru yang muncul.

#4. Prince of Tennis

anime mirip kuroko no basket
Genre: Action, Comedy, School, Shounen, Sports

Anime mirip kuroko no basket ini mengisahkan Ryoma Echizen yang bertekad untuk membuktikan dirinya dan lolos dari bayangan nama ayahnya yang legendaris.

untuk bisa melampaui nama ayahnya dan menjadi petenis terbaik dia berlatih keras dan bergabung di sebuat tim tenis SMP Seigaku. Tim ini memiliki satu tujuan yaitu untuk mencapai turnamen nasional dan menjadi tim tenis nomor satu di Jepang.

Tapi, tujuannya tidak sesederhana kelihatannya. Bahkan dengan kemampuan masing-masing angota tim tenis SMP Seigaku yang unik dan keahlian spesial para pemain terbaik Seigaku, mereka masih harus melewati banyak rintangan yang tidak mudah dilampaui.

Kemiripan antara Kuroko no Basket dan Prince of Tennis adalah keduanya merupakan seri anime shonen dengan genre olahraga (meskipun kedua anime ini temanya tidak sama, Kuroko no Basket menceritakan anime basket, sedangkan Prince of Tennis menceritakan anime tenis), kedua anime ini juga menceritakan tentang persahabatan dan pentingnya kerja sama tim untuk menang.

Di antara semua seri anime sport, keduanya merupakan anime yang sangat populer dan memiliki cerita yang sangat fresh. Karakter dalam kedua anime ini juga sama sama memiliki "teknik/ kekuatan khusus/ jurus" yang membuat segalanya semakin menarik. Dan kedua anime ini juga bisa dibilang memiliki cerita yang bikin nagih.

Perbedaannya mungkin terletak pada sang tokoh utama, di anime Kuroko no Basket, Kuroko pada awalnya dianggap tidak berbakat dan lemah (tapi semakin lama kemampuannya makin diperlihatkan) sedangkan di anime Prince of Tennis, Echizen adalah karakter yang sudah menjadi sorotan dan mendekati karakter yang overpower di anak seusianya.

#3. Eyeshield 21

anime mirip kuroko no basket
Genre: Action, Sports, Comedy, Shounen

Anime mirip kuroko no basket ini menceritakan kisah tim American Football bernama Daemon Devil Bats. Dulu mereka adalah tim yang lemah yang hanya memiliki beberapa orang anggota, tapi semuanya berubah ketika Youichi Himura menemukan calon pemain andalan yang memiliki lari dengan kecepatan cahaya bernama Kobayakawa Sena.

Untuk melindungi pemain bintangnya yang berharga dari perekrut yang menyainginya, dia membesarkan Sena sebagai "sekretaris tim," memberinya helm bertopeng dan julukan "Eyeshield 21" untuk menyembunyikan identitas aslinya.

Setelah merekrut beberapa orang untuk dijadikan pemain inti, Hiruma bersama Daemon Devil Bats akan mengincar kejuaraan Christmas Bowl, sebuah turnamen tahunan yang dihadiri oleh tim American Football terbaik di Jepang, bersama dengan Sena yang menyemar sebagai "Eyeshield 21" yang menjadi senjata andalan Hiruma dan timnya.

Kemiripan antara Kuroko no Basket dan Eyeshield 21 adalah kedua tokoh utama ini sama sama tidak memiliki perawakan yang terlalu tinggi dan terkesan biasa biasa saja. Namun dengan tubuhnya ini mereka memiliki kemampuan yang tidak orang lain sangka. Kedua anime ini juga sama sama mengusung konsep anime sport berkemampuan super.

Selain itu keduanya juga merupakan terbitan dari majalah mingguan shonen jump, meskipun sama sama anime sport mungkin perbedaan yang paling mencolok hanya terletak pada temanya. Eyeshield 21 merupakan anime yang menceritakan tentang American Football sementara Kuroko no Basket merupakan anime yang menceritakan tentang basket.

Meskipun begitu kedua anime ini juga sama sama bikin nagih dari segi cerita karena memiliki konsep yang cukup unik yang dipadukan dengan genre school shonen sport.

#2. Haikyuu!!

anime mirip kuroko no basket
Genre: Comedy, Drama, School, Shounen, Sports

Hinata Shouyou menyukai dan termotivasi untuk bermain voli semenjak ia menonton acara turnamen voli "si raksasa kecil". Semenjak hari itu ia mulai berlatih bermain voli untuk mengikuti turnamen. Meskipun bertubuh pendek tapi ia memiliki senjata andalan, yaitu sebuah lompatan tinggi.

Dengan berbekal tim alakadarnya saat mengikuti turnamen voli saat SMP, ia dihadapkan dengan seorang pemain berbakat yang dijuluki "raja lapangan" bernama Kageyama Tobio saat awal mula turnamen di mulai.

Sayangnya pertandingan pertama dan terakhir di masa SMPnya ini ia kalah telak. Dia beranji bahwa dia akan menjadi lebih kuat dan mengalahkan Kageyama untuk menjadi pemain voli yang terhebat. Sayangnya saat Hinata mendaftar ke SMA ia malah satu sekolah dengan Kageyama.

Dan dari sinilah kisah Hinata dan Kageyama dimulai. Alih alih ingin membalas dendam dan menjadi yang terbaik, Hinata dan Kageyama malah menjadi satu tim.

Memiliki kepribadian yang berbeda, kini kisah mereka untuk menjadi pemain voli terhebat akan dimulai sebagai seorang tim yang harus bisa mementingkan solidaritas tim daripada ego mereka supaya dapat menjadi pemain terbaik.

Kemiripan antara Kuroko no Basket dan Haikyuu!! adalah kedua anime ini memiliki sekelompok karakter yang penuh warna dan dua karakter utama juga sama sama bertujuan untuk menjadi yang terbaik dalam sesuatu.

Yang satu ingin menjadi yang terbaik dalam hal bola voli dan yang satu dalam bola basket. Keduanya juga sama sama memiliki semacam pairing/ pasangan duet dalam melancarkan aksinya di atas lapangan.

Kedua anime sport ini juga sama sama dibuat distudio "Production I.G.". Atmosfir dan fokusnya juga terasa sama karena memiliki ikatan antara 2 karakter utama kelas 1 SMA di mana mereka saling mendukung satu sama lainnya untuk mencetak skor dengan kemampuan melompat.

Keduanya juga sama sama berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk mengatasi kelemahan mereka demi mewujudkan impiannya.

Kedua anime ini juga sama sama memiliki topik tentang persahabatan antar anggota tim. Perbedaannya anime Haikyuu!! lebih berfokus pada aspek olahraga tanpa kekuatan super, sedangkan anime Kuroko no Basket lebih berfokus membuat penonton lebih terpukau oleh aksi dari para tokoh yang memiliki skill unik layaknya game rpg.

#1. Slam Dunk

anime mirip kuroko no basket
Genre: Comedy, Sports, Drama, School, Shounen

Anime mirip kuroko no basket ini menceritakan kisah Hanamichi Sakuragi, seorang siswa kelas 1 SMA Shohoku, yang memegang rekor karena ditolak oleh 50 anak perempuan saat ia SMP. Ia memiliki tinggi sekitar 2 meter dan rambut merah terang yang membuatnya dicap sebagai anak nakal dan berandalan.

Suatu hari, seorang gadis bernama Haruko Akagi mendekati Hanamichi tanpa rasa takut. Karena memiliki perawakan yang tinggi dia bertanya pada Hanamichi "apa kamu suka basket?". Jatuh hati pada gadis impiannya ini ia dengan semangat menjawab bahwa dirinya sangat menyukai basket (padahal pengetahuan dan skillnya tentang basket nol besar).

Bertekad untuk membuat Haruko jatuh cinta padanya, ia mendaftar ke tim basket sekolahnya untuk mencapai tujuannya. Namun, memenangkan hati Haruko tidak akan mudah seperti membalikan telapak tangan, karena kakaknya adalah kapten tim basket yang tegas dan protektif, sementara Haruko sudah jatuh hati terlebih dahulu pada Rukawa yang akan menjadi saingan terberat Sakuragi.

Kemiripan antara Kuroko no Basket dan Slam Dunk adalah kedua anime ini sama sama tentang anime olah raga bola basket. Selain itu, kedua anime ini sama sama memiliki genre komedi, school, dan shonen. Kedua anime ini juga sama sama mencoba untuk memenangkan sebuah kejuaraan dan berpusat di sekitar 2 pemain (Kagami dan Kuroko, Rukawa dan Sakuragi).

Kedua anime ini juga memiliki cerita yang menarik. Perbedaannya mungkin hanya terletak sang tokoh utama, Kuroko memiliki tinggi badan yang bisa dibilang pendek, sementara Sakuragi memiliki perawakan yang tinggi.

Sakuragi mendekati perempuan yang ia cintai, sementar Kuroko didekati oleh perempuan. Slam Dunk merupakan anime olahraga tanpa kekuatan super, sementara Kuroko no Basket adalah anime olah raga dengan kekuatan super.

Namun dari segi cerita, Slam Dunk memiliki kisah yang lebih natural dan epik karena tidak ada campur dengan genre kekuatan supernya. Kedua anime ini juga menunjukkan sebuah pelajaran tentang persahabatan dan kerja sama tim.

Nah itu dia beberapa daftar anime mirip Kuroko no Basket versi Gugenkatsu. Jika kamu tau seri anime mirip Kuroko no Basket yang lainnya jangan lupa diskusikan di kolom komentar ya.

Jangan lupa ikuti kami di jejaring sosial lainnya untuk mendapat info menarik seputar dunia anime secara terupdate.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama