17 Anime Mirip Boku No Hero Academia (My Hero Academia) Bertemakan Pahlawan

Gugenkatsu - Setelah sebelumnya kita membahas anime mirip nanatsu no taizai, kini kita akan membahas anime mirip Boku no Hero Academia (My Hero Academia) yang menceritakan kisah perjuangan Midoriya Izuku untuk menjadi seorang pahlawan seperti idolanya All Might.

anime mirip my hero academia
Sejak masih kecil, dia bermimpi ingin menjadi seorang pahlawan karena terinspirasi oleh All Might dan aksinya yang menyelamatkan banyak nyawa dari berbagai tindak kejahatan dan juga berbagai musibah lainnya. Midoriya berusaha mencapai mimpinya ini meskipun dia tidak memiliki kekuatan super bernama quirk.

Quirk adalah sebuah kekuatan super dimana kekuatan ini sudah menjadi hal yang wajar dimiliki hampir setiap orang di dunia My Hero Academia. Tanpa memiliki quirk, peluang Midoriya untuk manjadi pahlawan adalah hapir mendekati 0% dan dia tidak bisa menjadi pahlawan seperti yang dia inginkan.

Tapi apakah memiliki kekuatan super adalah simbol dan syarat menjadi seorang superhero sejati? Dengan tekad dan takdir yang berada di pihaknya bahkan pahlawan nomer 1 sekelas All Might mampu bergetar hatinya oleh Midoriya karena ia menyadarkan bahwa untuk menjadi seorang pahlawan, memiliki kekuatan superpun tak cukup.

Setelah melalui berbagai lika liku untuk menjadi seorang pahlawan, akhirnya Midoriya akan bisa mewujudkan mimpinya dengan cara bersekolah disekolah pahlawan dengan bimbingan All Might!

Seri ini adalah anime dengan genre yang cukup jarang di temui sama seperti anime Shokugeki no Souma, jika Shokugeki no Souma itu anime bertemakan memasak, maka seri My Hero Academia adalah anime yang berceritakan tentang dunia pahlawan.

Nah dikesempatan kali ini Gugenkatsu akan share beberapa anime mirip Boku no Hero Academia (My Hero Academia) yang telah Gugenkatsu rangkum mulai dari segi sub genre yang sama (bertemakan pahlawan) hingga dari segi actionya.

Anime Mirip My Hero Academia


#1. One Punch Man

anime mirip my hero academia
Salah satu anime action terbaik ini menceritakan Saitama, walau penampilannya tidak meyakinkan karena memiliki ekspresi aneh dan kepalanya yang botak namun ia memiliki kekuatan yang luar biasa didalam dirinya. Rahasia kekuatannya? 100 push up, 100 sit-up, 100 squat, dan lari 10 kilometer setiap hari! Dia melakukan ini selama tiga tahun tanpa henti dan hasilnya ia memiliki kekuatan yang tak tertandingi.

Saitama adalah seorang superhero yang haus akan lawan yang tangguh, sebab musuh sekuat apapun, pada akhirnya akan kalah hanya dengan satu pukulan.

Baik One Punch Man maupun My Hero Academia dua duanya sama sama menceritakan tentang dunia pahlawan. Namun bedanya dalam seri My Hero Academia sang karakter utama akan memulai segalanya dari nol berbeda dengan One Punch Man, Saitama sudah menjadi karakter anime yang overpower mulai episode awal.

#2. Tiger And Bunny

anime mirip my hero academia
Orang-orang dengan kekuatan, yang disebut NEXT, tinggal di Kota Sternbild city, kota anti penjahat. Apa yang harus dilakukan pria yang baik? Kalahkan penjahat dan penjarakan mereka! Setiap regu akan menghasilkan poin pahlawan yang disiarkan di saluran TV khusus.

Tiger adalah salah satu veteran yang bekerja dalam kesendirian. Tapi suatu ketika, ia akan mulai dipasangkan dengan pendatang baru bernama Barnaby Brooks Jr. seorang pemula yang memiliki perspektif dan kepercayaan berbeda dari Tiger.

Sama seperti My Hero Academia, seri Tiger And Bunny sama sama menceritakan tentang anime bertemakan dunia pahlawan, orang-orang terlahir dengan kekuatan super aneh dan keterbatasannya yang aneh juga. Tiger and Bunny lebih fokus pada industri superhero yang akan bekerja jika para pahlawan memiliki banyak sponsor dan juga memiliki banyak point hero sementara Boku no Hero Academia lebih berfokus pada para superhero melawan villain/ penjahat.

Selain itu keduanya memiliki:
- Beragam karakter yang semuanya bisa berkembang di setiap episodenya
- Seorang pahlawan memperjuangkan ketenaran atau ingin menjadi yang terbaik
- Paternership dan persahabatan

#3. Hunter X Hunter

anime mirip my hero academia
Nah kalau anime bertema game terbaik ini akan menceritakan seorang Hunter, Hunter berkeliling dunia untuk mencari makhluk mengerikan, kekayaan luar biasa, dan tanah yang belum pernah dijelajahi oleh siapapun. Gon Freecss adalah anak laki-laki yang bercita-cita untuk bergabung dalam barisan para Hunter ini, untuk menemukan "Ging" ayahnya yang hilang yang dikatakan masternya seorang Hunter.

Untuk mencapai tujuannya, dia ikut dalam Ujian Hunter, yaitu serangkaian tes yang mendorong peserta mencapai batas fisik dan mental mereka untuk mendapat Lisensi Hunter sebagai hadiahnya. Selama ujian, Gon berteman dengan Kurapika, Leorio, dan Killua, yang juga ikut ujian Hunter dengan tujuan mereka masing masing.

Walaupun bukan anime bertemakan pahlawan, tapi seri Hunter X Hunter juga memiliki kesamaan dari segi actionnya yang epic. Di anime My Hero Academia, para tokoh utama ingin menjadi seorang pahlawan dan suatu saat mereka akan bergabung dengan para pendahulunya untuk membentuk oraganisasi/ bisa disebut juga tim untuk membasmi para penjahat.

Sementara seri Hunter X Hunter, para tokoh utama akan menjadi seorang Hunter yang suatu saat mereka akan bekerja sebagai seorang Hunter Pro untuk melakukan berbagai maca misi yang bahkan tidak bisa dikerjakan oleh pihak militer atau lembaga hukum sekalipun di seri animenya.

Di Seri My Hero Academia Midoriya akan menjadi seorang Pahlawan, sedangkan di seri Hunter X Hunter Gon akan menjadi seorang Hunter Pro.

#4. Soul Eater

anime mirip my hero academia
Dalam dunia fantasi yang aneh, siswa yang dikenal sebagai meister dilatih di Universitas Shinigami Weapon Meister yang terkenal. Senjata yang mereka gunakan bukanlah senjata biasa! Setiap meister dipasangkan dengan makhluk mirip manusia yang bisa berubah menjadi senjata sesuka hati, dan tujuan mereka adalah mengalahkan seorang pra kishin yaitu seorang manusia yang jiwanya telah gelap.

Senjata tersebut akan memakan jiwa di dalamnya. Tujuan utama meister adalah mengumpulkan sembilan puluh sembilan jiwa pra-kishin dan salah satu penyihir sehingga pasangannya akan menjadi Death Scythe yang sangat kuat.

Maka dan pasangannya Soul Eater, Assassin Black Star dan rekannya Demon Blade Tsubaki, serta putra Shinigami bernama Death the Kid dan rekannya Demon Twin Pistol Thompson Sisters masing-masing bersaing untuk tujuan menjadi Death Scythe.

Kesamaan My Hero Academia dengan Soul Eater adalah kedua seri ini sama sama mengisahkan anak sekolah menengah dengan kekuatan khusus, berperang melawan kejahatan, memiliki karakter yang unik, serta guru untuk membimbing mereka.

Selain itu keduanya juga memiliki organisasi jahat yang tersembunyi di balik bayang-bayang. Serta orginisasi itu juga sama sama menginginkan salah satu guru disekolahnya meninggal. Di Soul Eater mereka ingin Lord Death mati dan di My Hero Akademia mereka menginginkan All Might mati.

#5. Assassination Classroom

anime mirip my hero academia
Anime mirip boku no hero academia ini menceritakan tentang kisah lucu dan penuh aksi tentang kelas yang mencoba untuk membunuh guru baru mereka, yaitu seorang gurita asing dengan kekuatan aneh dan juga memiliki kekuatan super! Guru ini baru saja menghancurkan sebagian besar bulan dan mengancam untuk menghancurkan bumi.

Dunia akan selamat jika murid-murid yang diajarinya dapat membunuhnya terlebih dahulu dalam batas waktu yang telah ditentukan olehnya. Yang membuat segalanya menjadi lebih rumit adalah karena dia adalah guru terbaik yang pernah mereka miliki!

Meskipun bukan anime bertemakan pahlawan, Assassination Classroom berbagi kesamaan juga dengan My Hero Academia. Kedua seri ini berceritakan tentang anak sekolah, sedikit berbeda dengan My Hero Academia, Seri Assasination Classroom bertujuan untuk menjadi seorang pembunuh profesional yang nantinya akan membunuh sang guru itu sendiri

Sedangkan My Hero Academia, sang murid yang telah dilatih oleh gurunya akan menjadi seorang pahlawan profesional yang nantinya akan mengabdi pada masyarakat untuk menumpas para penjahat. Bisa dibilang Seri Assassination Classroom adalah kebalikannya seri My Hero Academia.

#6. Katekyo Hitman Reborn

anime mirip my hero academia

Anime mirip boku no hero academia ini menceritakan kehidupan Tsunayoshi Sawada. Dia lemah, pemalu, dan bahkan tidak bisa mengutarakan cintanya pada perempuan yang ia taksir. Dia sering diperlakukan sebagai pecundang oleh banyak orang. Tapi, saat takdir menentukan jalannya, Reborn datang menjadi mentor Tsuna dan mengeluarkan sisi lain dalam dirinya. Ternyata Tsuna adalah calon bos mafia keluarga Vongola!

Tokoh utama Katekyo Hitman Reborn, Tsunayoshi Sawada, sangat mirip dengan protagonis utama Boku no Hero Academia, Midoriya Izuku. Keduanya nampak lemah, dan mereka sama sama akan berjuang dari nol sampai ke titik puncak. Mereka terlihat sangat biasa dan tidak mungkin meraih apa yang mereka inginkan. Tapi kemudian, mereka menunjukan tekadnya dengan cara berjuang!

#7. Samurai Flamenco

anime mirip my hero academia
Salah satu anime bertema pahlawan terbaik ini menceritakan model pria bernama Masayoshi Hazama yang memutuskan untuk memenuhi impian masa kecilnya menjadi superhero lantaran terinspirasi oleh seri-seri tokusatsu yang sering ia tonton saat kecil, meski tidak memiliki kekuatan super atau teknologi untuk menciptakan hal seperti di film film.

Berbekal kostum superhero dari mendiang kakeknya, ia menjadi pahlawan Samurai Flamenco dan mulai melawan kejahatan atas nama keadilan.

Aksi heroiknya semakin hari menyebar luas dan semakin diperhatikan banyak orang hingga akhirnya ia bertemu dengan petugas polisi bernama Hidenori Gotou dan mengetahui tentang identitas aslinya Samurai Flamenco, tak lama setelah itu keduanya pun menjadi dekat seperti sahabat.

Sama seperti My Hero Academia seri ini juga mengisahkan sang karakter utama yang terinspirasi oleh seorang/tokoh idola untuk menjadi seorang pahlawan.

#8. Shijou Saikyou no Deshi Kenichi

anime mirip boku no hero academia
Nah kalau anime mirip my hero academia ini ceritanya berfokus pada Kenichi Shirahama, seorang siswa SMA berusia 15 tahun yang selalu bully. Untuk menjadi lebih kuat ia mengikuti temannya yang baru pindah ke sekolahnya yaitu Miu Furinji ke sebuah dojo bernama Ryozanpaku yang berisi beberapa master seni bela diri yang berbeda.

Setelah mempelajari dasar-dasar ilmu beladiri dari Miu, Kenichi berhasil mengalahkan anggota elit klub karate, dan menjadi target bagi semua penjahat/ berandalan di sekolah. Awalnya pelatihan ini ia ikuti untuk melindungi dirinya sendiri, tapi Kenichi akhirnya menjadi murid di dojo Ryozanpaku, dan mulai terpikat pada Miu.

Selanjutnya, rutinitas sehari-hari Kenichi adalah berlatih di bawah enam master Ryozanpaku, dan mulai menghadapi kelompok yang mengatas namakan dirinya "Ragnarok", yaitu sekelompok pengganggu yang mencoba bergantian untuk merekrut Kenichi, jika ia tidak mau menurut ia akan dibunuh.

#9. Little Witch Academia

anime mirip boku no hero academia
Diposisi anime mirip my hero academia selanjutnya adalah Little Witch Academia. Ga berbeda jauh dengan kisah Izuku yang terinspirasi oleh idolanya All Might untuk menjadi pahlawan, anime ini juga sama sama mengisahkan sang karakter utama yang terinspirasi oleh idolanya untuk menjadi sosok seperti dirinya yang hebat.

Nah kalau my hero academia menceritakan tentang sekolah untuk menjadi pahlawan, maka seri little witch academia ini menceritakan tentang sekolah untuk menjadi penyihir. Ceritanya mengikuti kisah Akko Kagiri, setelah ia melihat aksi dari penyihir hebat bernama Shiny Chariot, ia langsung mengaguminya dan berharap bisa menjadi sosok sepertinya.

Untuk mewujudkan mimpinya ini, Akko Kagiri mendaftar kesebuah sekolah khusus penyihir bernama akademi luna nova. Namun, setelah ia masuk ke sekolah ini, ternyata cuma dirinya seorang yang bukan dari kalangan keluarga magis dan tidak tau apa apa tentang dunia sihir. Untuk menjadi seorang penyihir yang hebat ia disuruh untuk mempelajari berbagai macam kurikulum sihir dari awal seorang diri.

#10. Tengen Toppa Gurren Lagann

anime mirip boku no hero academia
Sama sama menyuguhkan kisah dan aksi yang epic, anime mirip my hero academia ini menceritakan manusia yang hidup di bawah tanah seperti gua yang sangat besar dan kerjaannya hanyalah menggali dan menggali untuk mencari sumber kebutuhkan.

Orang orang yang hidup di bawah tanah ini tidak mengenal dan mengetahui adanya dunia permukaan, bahkan langit biru yang sangat indah. Dari sekian banyaknya gua bawah tanah yang ada di seluruh dunia terdapat sebuah desa kecil yang bernama Jiha, di desa ini terdapat seseorang yang sangat menginginkan hidup dan melihat dunia atas, mereka adalah Simon dan Kamina.

Untuk menunjukan keseriusannya, mereka membentuk sebuah grup untuk melarikan diri dari desa dan memastikan serta menunjukan kepada orang-orang bahwa dunia atas itu ada dan disana mereka bisa hidup lebih nyaman bersama langit biru yang begitu indah.

#11. Black Clover

anime mirip boku no hero academia
Nah kalau anime mirip my hero academia ini sih ceritanya sang karakter utamanya juga sama sama tidak memiliki sesuatu kekuatan yang berharga di kedua dunia masing masing. Izuku dari my hero academia tidak memiliki kekuatan super bernama Quirk, sementara Asta dari Black Clover tidak memiliki sihir.

Black Clover menceritakan dua anak yatim bernama Asta dan Yuno, meskipun mereka tumbuh bersama sedari kecil dan memiliki mimpi yang sama menjadi kaisar sihir, namun ada satu masalah yang terjadi pada Asta.

Ia tidak memiliki sihir, sementar Yuno sangat hebat mengendalikan sihirnya. Meskipun begitu Asta tidak ingin kalah dari Yuno dalam mengejar mimpinya. Untuk menutup kekurangannya, ia melatih fisiknya setiap hari dan berharap dapat mengalahkan Yuno dalam menggapai impiannya ini.

#12. One Piece

anime mirip boku no hero academia
Kurang lebih seri yang sangat legendaris ini juga bisa dikatakan mirip dengan anime my hero academia. Jika di dunia my hero academia ada yang namanya Quirk dan berbagai macam kekuatan super yang berbeda, maka dalam anime one piece ada yang namanya pengguna buah iblis atau DF user yang juga memiliki kekuatan yang berbeda dan sangat kuat.

Kisahnya sendiri menceritakan seorang anak bernama Monkey D. Luffy yang bermimpi untuk menjadi seorang raja bajak laut dan menemukan harta karun paling berharga didunianya yang bernama One Piece. Untuk menggapai impiannya ini, ia hanya berbekal tekad yang kuat dan mengarungi lautan seorang diri untuk merekrut anggota bajak lautnya di bawah bendera bajak laut topi jerami.

#13. Katekyo Hitman Reborn!

anime mirip boku no hero academia
Sawada Tsunayoshi adalah murid SMP Namimori. Ia payah dalam segala hal termasuk pelajaran, dan olahraga sehingga teman temannya menjulukinya Dame Tsuna (Tsuna yang payah). Suatu hari, ibunya mendapat sebuah kiriman brosur tentang home tutor dan tanpa pikir panjang langsung menerimanya.

Setelah menunggu kedatangan home tutornya, yang muncul malah sesosok bayi berjas hitam yang memperkenalkan dirinya sebagai Reborn, yiatu hitman yang khusus didatangkan dari Italia untuk mendidik Tsuna sebagai calon ketua mafia Vongola X (Vongola kesepuluh).

Meskipun kaget dan telah menolaknya berulang kali dan tak ingin berurusan dengan mafia, namun kemauan serta kekuatan Reborn lebih kuat sehingga mau tak mau Tsuna hanya bisa pasrah dibawah didikan Reborn.

#14. Concrete Revolutio: Choujin Gensou

anime mirip boku no hero academia
Sama sama menceritakan tentang dunia yang mulai dihuni oleh manusia yang memiliki kekuatan super, anime mirip my hero academia ini mengisahkan Jirou Hitoyoshi dan Hoshino Kikko. Dunianya telah memasuki Era Shinka, yaitu jamannya ketika orang-orang dengan kekuatan super muncul dan hal ini sudah biasa terjadi.

Untuk mencegah hal yang tidak diingankan, pemerintah jepang membentuk sebuah organisasi bernama biro manusia super. Organisasi ini dibentuk agar bisa mengawasi jika ada dari mereka yang mulai membuat kerusuhan dari tindakan jahat sekaligus melindungi para manusia super secara rahasia.

#15. Kekkai Sensen Series

anime mirip boku no hero academia
Nah kalau anime mirip my hero academia ini sih menceritakan tentang sebuah organisasi bernama "Libra" yang didirikan untuk memberantas kejahatan di kota bernama "Hellsalem's Lot".

Dulunya kota ini dikenal sebagai Kota New York, namun karena sebuah gerbang/ portal misterius muncul, kota ini sekarang menjadi sarangnya berbagai monster, penyihir, serta manusia normal hidup berdampingan.

Untuk mencegah hal yang lebih parah dari hal ini dan mencegah kemungkinan pelebaran area, organisasi Libra ini menjadi semacam pelindung di kota Hellsalem's Lot.

#16. Rakudai Kishi no Cavalry

anime mirip boku no hero academia
Sama sama bertema tentang action school dan juga banyak yang meragukan bahwa sang tokoh utamanya bisa menjadi sosok yang dapat melampaui ekspektasi orang orang, anime mirip my hero academia ini menceritakan kisah Ikki Kurogane yang dijuluki "Kesatria Gagal" karena tidak memiliki kekuatan sihir.

Meskipun ia adalah ksatria sihir paling lemah yang berada di Rank F, namun karena sebuah kejadian, suatu hari ia malah ditantang berduel oleh seorang putri bernama Stella dari negeri seberang yang merupakan murid nomor satu yang pernah ada.

Dan barang siapa yang kalah harus patuh pada yang menang seumur hidupnya. Berkat duel yang mempertaruhkan segalanya ini, kini hidup Ikki berubah dan pandangan buruk tentang mulai berkurang.

#17. World Trigger

anime mirip boku no hero academia
Di Kota Mikado, sebuah gerbang menuju dimensi lain telah terbuka secara paksa. Dari gerbang ini muncul monster monster yang mulai mengancam kedamaian manusia yang tidak mempan terhadap segala senjata yang ada di bumi bernama "Neighbors".

Untuk mengalahkan monster ini, sebuah kelompok prajurit misterius bernama "Border" meneliti teknologi Neighbors untuk melindungi gerbang. Untuk melindungi manusia dari serangan Neighbors ini, dalam waktu singkat mereka membangun markas besar untuk melindungi kota dari serangan tak terduga.

Baca Juga: Inilah 10 Anime Action Battle Royal Terbaik Yang Menyuguhkan Pertarungan Hidup Dan Mati

Nah itu dia beberapa anime mirip Bokuno Hero Academia (My Hero Academia) yang telah Gugenkatsu rangkum. Jika kamu tau seri lainnya silahkan diskusikan di kolom komentar ya.

Jangan lupa ikuti kami di jejaring sosial lainnya untuk mendapat info menarik seputar dunia anime secara terupdate

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama