10 Anime Mirip Konosuba Bertemakan Dikirim Kedunia Lain

Anime mirip konosuba
anime mirip konosuba

Gugenkatsu - Konosuba (Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!) mengisahkan remaja bernama Kazuma Satou yang meninggal dunia dalam keadaan menggelikan saat dalam perjalanan pulang dari sebuah toko permainan.

Setelah kematiannya, dewi cantik dengan nama Aqua datang menghampiri Kazuma memberinya dua pilihan: Dia bisa pergi ke surga hidup dengan tenang atau pergi ke dunia fantasi RPG. Kazuma memilih pergi ke dunia fantasi, jadi dia bisa mewujudkan mimpinya untuk melawan monster dan melakukan petualangan yang seru dan mendebarkan.

Sayangnya, harapannya untuk berada di dunia fantasi ini ternyata tidak seperti yang ia harapkan. Berharap bisa hidup sebagai seorang pahlawan yang dielu-elukan dan juga hidup dengan berbagai macam impian yang menyenangkan.

Ternyata setelah sampai didunia fantasi ini, Kazuma malah harus hidup di kandang kuda dan banting tulang melakukan kerja serabutan untuk membiayai hidupnya serta membayar hutang akibat ulah dari para anggota partynya terutama Aqua.

Nah dikesempatan kali ini Gugenkatsu akan membahas salah satu anime komedi terbaik 2016 yaitu Konosuba. Mulai dari segi komedi, cerita hingga beberapa faktor lainnya berikut adalah beberapa daftar anime mirip konosuba versi Gugenkatsu.

Daftar Anime Mirip Konosuba


#10. Hai to Gensou no Grimgar

Anime mirip konosuba
Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy

Saat Haruhiro terbangun, dia berada dalam kegelapan yang dikelilingi orang-orang yang tidak ingat dari mana mereka berasal atau bagaimana mereka sampai di sana. Saat kegelapan memudar, dunia fantastis bernama "Grimgar" muncul di hadapan mereka.

Bersama sejumlah pemuda-pemudi yang juga menemui nasib yang sama, bersama-sama mereka membentuk tim, bekerjasama, dan mempelajari berbagai kemampuan baru untuk dapat bertahan di lingkungan yang keras tersebut.

Kemiripan antara Konosuba dan Hai to Gensou no Grimgar adalah kedua anime ini berpusat pada tokoh utama yang terjebak dalam dunia game (kalau untuk Konosuba sih lebih tepatnya dikirim kedunia game).

Kedua anime ini juga sama sama menceritakan tentang bertahan hidup dan menyelesaikan misi. Dibandingkan dengan Konosuba, Hai to Gensou no Grimgar lebih memiliki cerita yang serius dalam genre dunia gamenya, karena sang karakter utama benar-benar akan berjuang di dunia game (bukan karakter overpower). Sedangkan Konosuba merupakan anime yang lebih berfokus membuat penonton tertawa dengan genre komedinya.

#9. Outbreak Company

Anime mirip konosuba
Genre: Harem, Comedy, Parody, Fantasy

Shinichi Kanou adalah otaku yang tertutup yang memiliki berbagai pengetahuan yang luas tentang anime, manga, dan video game.

Suatu hari, setelah melamar pekerjaan dengan harapan bisa melepaskan diri dari gaya hidupnya yang terpencil, dia diculik dan dibawa ke Kekaisaran Eldant, yaitu sebuah dunia fantasi yang penuh dengan elf, naga, dan kurcaci.

Terperangkap di negeri asing ini, Shinichi diberi tugas oleh pemerintah Jepang: yaitu menyebarkan budaya otaku ke seluruh wilayah dengan menjadi "Misionaris Otaku".

Untuk mencapai misinya, Shinichi mendapat dukungan penuh dari pemerintah Jepang, serta maid setengah elf bernama Myucel dan Putri Petralka dari Kekaisaran Eldant. Bersama dengan kelompok ini, dia akan mengatasi hambatan politik, kelas sosial, dan diskriminasi etnis untuk mempromosikan jalan otaku di tanah suci ini.

Kemiripan antara Konosuba dan Outbreak Company adalah kedua karakter utama akhirnya pergi ke dunia fantasi di mana mereka bertemu dengan berbagai wanita yang semuanya memiliki kepribadian yang unik.

Dan keduanya memiliki interaksi konyol dengan karakter lainnya. Di dunia fantasy itu sang karakter utama juga belajar hidup di lingkungan baru. Perbedaananya adalah anime Outbreak Company lebih berfokus pada politik otaku sementara KonoSuba lebih berfokus pada genre adventure komedinya.

#8. No Game No Life

Anime mirip konosubaGenre: Adventure, Comedy, Ecchi, Fantasy, Game, Supernatural

Sudah dianggap sebagai gamer terbaik di dunia, Blank (dua orang gamer bernama Sora dan Shiro) meraih kesempatan untuk melepaskan diri dari dunia mereka yang membosankan dan pindah ke dunia yang lebih menarik.

Dan impian mereka menjadi kenyataan dengan diundang ke sebuah dunia yang segelanya ditentukan oleh sebuah game. Dengan memanfaatkan akal dan bakat gabungan mereka, Sora dan Shiro menghadapi tantangan dunia baru ini

Kemiripan antara Konosuba dan No Game No Life adalah kedua karakter utama disetiap anime ini sama sama seorang NEET yang pergi ke dunia yang penuh dengan elemen RPG. Kedua karakter utama dalam setiap seri juga benar-benar gamer yang hebat dan tau mengenai banyak hal, mereka juga dapat menyesuaikan diri dengan cepat di dunia barunya.

Di kedua anime ini juga mereka memiliki memiliki dua gadis (Aqua & Steph) yang agak dibenci/ bisa dibilang diperalat untuk keuntungan sang tokoh utama. Keduanya juga memiliki banyak kisah konyol antar karakter.

Kedua anime ini juga memiliki tujuan untuk mencapai/ menaklukkan/ mengalahkan segalanya (dalam No Game No Life Sora ingin menaklukkan dunia itu, sedangkan dalam Konosuba Kazuma ingin mengalahkan Raja Iblis). Keduanya juga merupakan anime pendek yang memiliki 10-13 episode.

#7. Senyuu.

Anime mirip konosuba
Genre: Action, Comedy, Parody, Fantasy, Shounen

Setelah 1.000 tahun, Demon Lord, yang disegel oleh prajurit legendaris, Creasion, akhirnya dibebaskan dari tidurnya, dan setan-setan membanjiri dunia sekali lagi. Senyuu, adalah petualangan lucu yang mengikuti duo petualang yang tidak biasa, Alba Frühling yang amatir, tidak terlalu terampil, dan seorang tentara sadis bernama Ross yang berpengalaman yang menghabiskan waktu mereka untuk mengalahkan Demon Lord, Rchimedes.

Kemiripan antara Konosuba dan Senyuu adalah kedua anime ini merupakan anime komedi yang sama sama bersetting di dunia fantasi dalam suasana seperti rpg. Humornya juga terlihat mirip.

#6. Zero no Tsukaima

Anime mirip konosuba
Genre: Action, Adventure, Harem, Comedy, Magic, Romance, Ecchi, Fantasy, School

Louise Francoise Le Blanc de La Vallière, seorang murid Akademi Tristein yang bergengsi untuk para pesulap yang menggunakan sihirnya untuk memanggil familiar yang berfungsi sebagai mitra dan pelindung abadinya. Biasanya familiar yang dipanggil berupa makhluk sihir.

Tapi entah kenapa Louise malah memanggil Saito Hiraga, seorang anak remaja biasa dari Jepang. Karena ia sangat buruk dalam hal sihir ia dijuluki Louise the Zero oleh teman temannya.

Kemiripan antara Konosuba dan Zero no Tsukaima adalah kedua seri ini sama sama melibatkan seorang laki-laki yang dipanggil/ bereinkarnasi ke dunia fantasi alternatif, kedua anime ini juga memiliki semacam harem untuk sang karakter utama yang dipadukan dengan genre komedi. Kedua seri ini juga memiliki class job seperti elemen game RPG.

#5. Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Anime mirip konosuba
Genre: Drama, Fantasy, Psychological, Thriller

Dalam perjalanan pulang dari supermarket, Natsuki Subaru tiba-tiba dirinya berpindah ke sebuah dunia fantasi. Di dalam dunia itu, dimana sihir, ras selain manusia, kesatria dan monster, ada dan hal itu membuat kehidupan Subaru berubah drastis.

Tanpa mengetahui kenapa ia bisa berada di sana dan tanpa mengetahui siapa yang memindahkan dirinya. Di dunia barunya tersebut, Subaru berteman dengan seorang gadis setengah elf berambut perak yang memperkenalkan dirinya sebagai Satella.

Saat dia dan gadis tersebut terbunuh secara misterius, Subaru merasakan hal tabu atau janggal pada dirinya. Saat terbangun ia menyadari bahwa dirinya mempunyai kemampuan kembali dari kematian ke beberapa waktu sebelumnya.

Kemiripan antara Konosuba dan Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu adalah kedua seri ini sama sama memiliki karakter utama yang dikirim ke dunia paralel fantasi dan juga terdapat unsur harem didalamnya. Secara cerita anime Re: Zero secara memiliki kisah yang lebih gelap dan dramatis sedangkan KonoSuba adalah anime yang berfokus pada genre komedi.

#4. DanMachi (Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka)

Anime mirip konosuba
Genre: Action, Adventure, Comedy, Romance, Fantasy

Anime mirip konosuba ini mengambil setting di suatu kota berbasis RPG yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petualang, yang mencari nafkah dengan berburu monster di sebuah dungeon (ruang bawah tanah raksasa untuk para petualang berani untuk dieksplorasi). Bell Cranel adalah petualang pemula.

Hestia adalah dewi mungil dengan mimpi yang besar. Bersama-sama, mereka bekerjasama membentuk sebuah party. Bell ingin menjadi yang terbaik sementara Hestia menginginkan banyak pengikut yang luar biasa.

Kemiripan antara Konosuba dan Danmachi adalah Konosuba dan Danmachi memiliki setting yang sama, di mana karakter utamanya adalah seorang petualang di dunia yang mirip dengan game RPG.

Selain itu ada banyak elemen seperti leveling upguildbattle systemstatistikquests, dan lain lain diantara kedua anime ini. Kedua karakter utama ini juga harus bertahan di dunia RPG, membentuk party mereka sendiri, dan mencoba menjadi petualang terbaik yang ada.

Kedua anime ini juga memiliki karakter utama yang mulai berpetualang dengan level yang sangat rendah, bersama dengan "Dewi" yang bisa dibilang kurang berguna bagi manusia. Sang tokoh utama juga nantinya akan bergabung dengan beberapa perempuan lain.

Dalam ceritanya KonoSuba akan lebih fokus pada genre komedi dan memiliki cerita yang kurang dramatis dibanding DanMachi, sedangkan DanMachi akan berfokus pada genre adventure diselingi dengan romance dan juga dibumbui dengan genre komedi.

#3. Hataraku Maou-Sama!

Anime mirip konosuba
Genre: Comedy, Demons, Romance, Fantasy, Shounen

Raja Iblis Satan dan Alciel memiliki impian untuk menguasai sebuah tempat bernama Ente Isla namun aksi mereka berhasil digagalkan oleh seorang pahlawan bernama Emillia Yusha.

Karena terdesak oleh serangan umat manusia dan pahlawan Emilia, si raja iblis pun terpaksa melepas Ente Isla yang selangkah lagi berhasil dikuasainya dan memutuskan untuk kabur ke dimensi lain dan berhasil mendarat di kota Tokyo.

Di tempat itu mereka sadar bahwa mereka tidak bisa menggunakan sihir sesuka hati mereka seperti di Ente Isla. Raja Iblis dan jendralnya memutuskan untuk tinggal sementara di tempat itu.

Tanpa kekuatan sihir, tanpa pengalaman kerja dan tanpa ijasah pendidikan, Satan dan Alciel menjalani hidup dan berbagi tugas masing-masing, Alciel mencari informasi dan Satan bekerja paruh waktu di sebuah restoran bernama Mg.Ronalds untuk bertahan hidup.

Kemiripan antara Konosuba dan Hataraku Maou-Sama! adalah kedua anime ini memiliki konsep dunia paralel /ditransfer kedunia lain. Kedua karakter utama ini juga nantinya akan mengambil sebuah pekerjaan paruh waktu untuk bertahan hidup.

Kedua anime ini juga memiliki plot di mana sang tokoh utama dikirim ke dunia lain untuk hidup dalam budaya baru. Keduanya juga memiliki sekelompok teman yang sebagian besar menyebabkan drama/ masalah untuk karakter utama dan tentunya kedua anime ini memiliki sisi humor dan komedi yang sangat lucu.

#2. Isekai wa Smartphone to Tomo ni.

Anime mirip konosuba
Genre: Adventure, Harem, Comedy, Magic, Romance, Fantasy

Touya Mochizuki secara tidak sengaja terbunuh, dan sebagai permintaan maaf, Dewa mengijinkannya untuk dilahirkan kembali di dunia fantasi dan akan mengabulkan satu keinginan yang dia inginkan. Dikehidupan berikutnya, Touya memilih untuk tetap bisa membawa smartphone miliknya.

Dalam kehidupan keduanya ini, dia berteman dengan banyak tokoh penting dan menemukan banyak rahasia dunia. Dia mewarisi warisan peradaban kuno, dan berpetualang dengan kekuatan yang mampu menyaingi raja-raja di dunia sihir tersebut.

Kemiripan antara Konosuba dan Isekai wa Smartphone to Tomo ni adalah kedua anime ini menceritakan sang tokoh utama yang mati di awal cerita dan kemudian dihidupkan kembali di dunia fantasi di mana mereka diizinkan untuk mengambil satu item.

Perbedaan utamanya adalah bahwa di anime Konosuba, sang karakter utamanya malah mengambil sang dewi Aqua, sedangkan di anime Isekai wa Smartphone to Tomo ni sang karakter utama membawa ponselnya.

Kedua anime ini juga sama sama memiliki unsur seperti sihir, guild/ party, dan barang lainnya di dunia fantasi. Selain itu sang karakter utama juga sama sama dikelilingi oleh sekelompok gadis untuk melakukan petualangan dan pencariannya.

#1. Ixion Saga DT

Anime mirip konosuba
Genre: Action, Comedy, Fantasy

Anime mirip konosuba ini mengikuti kisah Kon Hokaze. Suatu hari, saat sedang bermain game MMORPG kesukaannya, ia mendapat sebuah misi dari seorang gadis di dalam game yang menyebabkan dirinya terdampar ke sebuah dunia fantasi bernama "Mira" yang penuh dengan energi misterius yang dikenal sebagai "Alma".

Setelah secara tidak sengaja menyelamatkan Putri Ecarlate dari serangan musuh, ia diangkat menjadi kesatria yang bertugas melindungi Putri Ecarlate dari kerajaan St. Piria.

Kemiripan antara Konosuba dan Ixion Saga DT adalah kedua karakter utama dari kedua anime tersebut sama sama diceritakan dikirim ke dunia fantasi, yaitu dunia seperti RPG/ MMO dengan adanya guildclassquest, dan monster. Keduanya juga adalah seorang NEET (bisa juga dibilang pengangguran) yang menggunakan pengetahuan game/ otaku mereka untuk keuntungannya.

Keduanya mungkin terlihat sangat lemah tapi sebenarnya mereka itu kuat dan bisa diandalkan oleh orang orang disekitarnya. Kedua karakter utama tersebut juga didampingi oleh orang lain dalam perjalanannya. Kedua seri ini juga sama sama memiliki komedi, dan aksi yang menghibur.

Baca Juga: 20 Anime Mirip Tokyo Ghoul, Salah Satu Anime Gore Terbaik Yang Pernah Ada

Nah itu dia beberapa anime mirip Konosuba (Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!) versi Gugenkatsu. Jika kamu tau seri anime mirip Konosuba lainnya, jangan lupa diskusikan dikolom komentar ya.

Jangan lupa ikuti kami di jejaring sosial lainnya untuk mendapat info menarik seputar dunia anime secara terupdate

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama