13 Anime Mirip Steins;Gate Bertemakan Psychological Dan Fantasy

Anime mirip steins gate
anime mirip steins gate

Gugenkatsu - Steins;Gate menceritakan tentang Rintarou Okabe yang memproklamirkan diri sebagai seorang ilmuan gila yang menyewa sebuah kamar di sebuah bangunan tua yang reyot di Akihabara, di mana dia memanjakan dirinya dalam hobinya untuk menciptakan "calon gadget masa depan" dengan sesama anggota lab: Mayuri Shiina, teman masa kecilnya yang berkepala dingin, dan Hashida Itaru, seorang hacker yang dijuluki "Daru".

Ketiganya melewatkan waktu dengan bermain-main dengan alat yang paling menjanjikan, sebuah mesin yang diberi nama "Telepon Microwave", mesin yang bisa mengubah pisang menjadi gel, juga memiliki fungsi tambahan untuk mengirim pesan ke masa lalu, dan juga mengubah aliran sejarah.

Diadaptasi dari visual novel yang sangat terkenal yang digarap oleh 5pb dan Nitroplus, seri Steins;Gate akan menceritakan Rintarou Okabe alias Okarin yang melakukan penelitiannya untuk membuat mesin waktu dan melintasi banyaknya rintangan untuk menyelamatkan anggota labnya dari setiap masalah menggunakan mesin waktu yang ia ciptakan.

Selain menjadi salah satu anime paling populer sepanjang masa versi MyAnimeList, anime yang menceritakan tentang perjalanan waktu ini bisa dibilang memiliki konsep yang jarang di angkat menjadi anime.

Nah membahas anime ini, di kesempatan kali ini Gugenkatsu akan membahas berapa anime mirip Steins Gate.

Walaupun tidak semua anime di bawah ini anime bertemakan perjalanan waktu, tapi mulai dari segi cerita dan pokok topiknya bisa dibilang mirip dengan anime Steins;Gate. Yap langsung saja, berikut adalah beberapa anime mirip Steins;Gate versi Gugenkatsu.

Daftar Anime Mirip Steins Gate


#13. Orange

anime mirip steins gate
Mengusung tema perjalanan waktu meskipun melalui cara-cara yang berbeda (tetapi keduanya membahas teori alam semesta dunia paralel), kedua animenya memiliki karakter utama yang mencoba untuk mengubah masa lalu untuk menyelamatkan orang yang mereka cintai, anime mirip steins gate ini juga menceritakan tentang sekelompok teman dan juga persahabatan.

Salah satu anime romance terbaik ini mengisahkan sepucuk surat dari masa depan yang dikirim ke masa lalu untuk menghapus sebuah penyesalan. Kisahnya menceritakan Naho Takamiya yang menerima surat dari dirinya 10 di masa depan.

Untuk menghapus segala rasa penyesalannya, Naho di masa depan berharap pada dirinya di masa lalu untuk mengawasi seorang lelaki yang pindah kedalam kelasnya bernama Kakeru Naruse. Karena ia di masa depan sudah tidak bersama Naho lagi.

#12. Arata naru Sekai: World's/Start/Load/End

anime mirip steins gate
Sama sama mengusung tema perjalanan waktu dan berhubungan dengan ponsel, anime mirip steins gate ini menceritakan empat gadis sekolah menengah yang berjalan tanpa suara di atas tanah yang tandus. Gadis-gadis ini adalah penjelajah waktu yang telah dikirim 6000 tahun ke masa depan, untuk menghindari kepunahan manusia.

Mereka mempelajari perjalanan waktu di sekolah, diperiksa oleh tes bakat, dan dikirim ke masa depan seperti yang diceritakan. Apa yang harus mereka lakukan sekarang? Mereka tidak tahu. Satu-satunya hal yang bisa mereka bawa dari masa sekarang adalah ponsel ringan seperti mainan.

#11. Higurashi no Naku Koro ni Kai

anime mirip steins gate
Di desa kecil Hinamizawa, Rika Furude dan teman-temannya tinggal bersama dalam desa yang sangat rukun dan damai. Namun di balik topeng kedamaian ini, ada kegelapan tersembunyi, yang sangat dipahami oleh Rika.

Suatu hari dimusim panas yang sangat terik, dia telah menyaksikan kengerian yang tak bisa diucapkan dengan kata kata. Setiap kali jam berputar, Rika harus berusaha menemukan penjahat di balik kematian yang tidak masuk akal sebelum tragedi terjadi lagi.

#10. NHK ni Youkoso!

Anime mirip steins gate
Genre: Comedy, Psychological, Drama, Romance

Anime mirip steins gate ini menceritakan Tatsuhiro Satou, ia adalah seorang hikikomori: dia jarang meninggalkan rumahnya, tidak memiliki pekerjaan, dan percaya bahwa sebuah organisasi rahasia menciptakan NEET (pengangguran) seperti dia. Sebuah kesempatan bertemu dengan seorang gadis mengubah hidupnya.

Pertemuan Misaki Nakahara memaksa Tatsuhiro keluar dari zona nyamannya, dan membawanya ke sebuah proyek, membuat beberapa teman, dan bahkan meninggalkan rumahnya pada kesempatan tertentu. Bersama-sama, keduanya mempersiapkan diri untuk mengatasi hambatan paling menakutkan dalam kehidupan mereka: yaitu masyarakat/orang orang.

Walaupun buka anime bertemakan time travel/ perjalanan waktu, seri ini juga bisa dibilang mirip Steins;Gate. Kemiripan antara Steins;Gate dan NHK ni Youkoso! adalah sang karakter utama sama sama aga gokil yang berpikir bahwa ada sebuah organisasi rahasia, yang berkonspirasi melawannya. Pada saat bersamaan kedua seri tersebut juga memiliki karakter wanita yang agak aneh/ istimewa.

Karakter utama di kedua seri juga nampaknya agak canggung saat mencoba berinteraksi dengan orang-orang 'normal', sang tokoh utama juga terlihat seperti pemimpin di antara kelompok kecil/ kelompok teman mereka sendiri.

#9. Higashi no Eden

Anime mirip steins gate
Genre: Action, Sci-Fi, Mystery, Comedy, Drama, Romance, Thriller

Anime mirip steins gate ini bersetting pada tanggal 22 November 2010, Jepang terkena serangan rudal akibat sebuah tindakan teroris yang untungnya tidak menimbulkan korban jiwa, yang dikenal sebagai "Senin yang ceroboh." Dan dengan cepat dilupakan oleh hampir semua orang dan masyarakat terus hidup seperti biasanya.

Selama perjalanan wisuda ke Amerika tiga bulan kemudian, Saki Morimi seorang mahasiswi yang ramah diselamatkan dari masalah tak terduga oleh Akira Takizawa.

Takizawa adalah orang yang ceria, tapi aneh dalam banyak hal termasuk dia telanjang bulat dan menderita amnesia, dan percaya dirinya sebagai teroris. Selain itu, ia memiliki ponsel aneh yang didalamnya terdapat uang digital senilai 8,2 miliar yen.

Terlepas dari sifat Takizawa yang mencurigakan, Saki dengan cepat berteman dengan pemuda misterius itu. Namun, tanpa sepengetahuannya, ini adalah awal dari sebuah permainan kematian yang mendebarkan yang melibatkan uang, telepon seluler, dan keselamatan dunia.

Higashi no Eden akan mencatat perjuangan Saki untuk mengungkap misteri di balik penyelamatnya, sementara Takizawa sendiri bertempur dengan orang-orang lain yang dipersenjatai dengan ponsel serupa dan mengembalikan kenangan yang mengungkapkan kemungkinan hubungannya dengan kejadian tersebut dari bulan-bulan yang lalu.

Persamaa antara Steins;Gate dan Higashi no Eden adalah kedua seri ini ceritanya sama sama mengikuti kelompok karakter yang sama, yang tindakannya mendapat perhatian dari sebuah organisasi misterius.

Meski plotnya berbeda (Higashi no Eden bukan tentang perjalanan waktu), keduanya memiliki karakter utama yang eksentrik, humor yang bagus, kisah roman, hacker, neets (bisa dibilang seperi pengangguran) dan banyak ketegangan dan misteri yang sama. Selain itu, kedua seri ini juga sama sama berhubungan dengan ponsel yang dapat mengubah dunia.

#8. Mirai Nikki (Future Diary)

Anime mirip steins gate
Genre: Action, Psychological, Supernatural, Thriller, Mystery, Shounen

Nah kalau salah satu anime action terbaik yang satu ini sih menceritakan Deus ex Machina yang perlahan-lahan kehilangan pegangannya atas perannya sebagai Dewa Ruang dan Waktu, dia mengatur sebuah survival game untuk menentukan orang yang akan menggunakan kekuatannya, memanggil dua belas orang dan memberi mereka kekuatan untuk memprediksi masa depan dalam bentuk Future Diaries (diari masa depan).

Kedua belas orang ini nantinya akan melawan satu sama lain sampai seseorang tetap bertahan. Seorang siswa sekolah bernama Yukiteru Amano adalah salah satu pemegang Future Diary yang dipilih dan dia harus berpartisipasi dalam sebuah game yang mempertaruhkan nyawanya ini bersama diari masa depan miliknya.

Kemiripan antara Steins;Gate dan Mirai Nikki adalah kedua seri ini ada hubungannya dengan pesan di ponsel untuk mengubah/membaca masa depan.

Di anime Steins;Gate sang tokoh utama mengirim pesan ke masa lalu sebagai cara untuk mengubah nasib atau takdir (dengan cara melewati perjalanan waktu) sementara di anime Mirai Nikki takdir seseorang ditulis sebagai buku harian (tanpa melewati perjalanan waktu). Kedua anime ini juga adalah anime bergenre thriller psikologis yang sangat keren.

Pokok persamaan antara kedua anime ini adalah terkait dengan waktu dan situasi yang harus ditangani sesuai peraturan waktu, karakter utama menjadi semacam "penguasa waktu". Namun untuk anime Steins;Gate lebih mengusung tema sains, sementara anime Mirai Nikki lebih ke arah supernatural.

Selain mirip dengan anime Steins;Gate seri mirai nikki merupakan salah satu anime bertemakan survival game/battle royal terbaik yang pernah Gugenkatsu bagikan sebelumnya.

#7. Sakurada Reset

Anime mirip steins gate
Genre: Mystery, Super Power, Supernatural, School

Anime mirip steins gate ini bercerita tentang hampir setengah populasi kota Sakurada yang memiliki kemampuan khusus. Misora Haruki memiliki kekuatan untuk mereset waktu maksimal tiga hari ke masa lalu, Kei Asai memiliki memori fotografi yang memungkinkannya mengingat semua yang dia lihat dan dengar, bahkan setelah Misora menyetel ulang waktu. Bersama-sama, mereka menggunakan kekuatan mereka untuk membantu orang lain.

Setelah mereka berhasil membantu seseorang dengan menggabungkan kekuatan mereka, mereka bergabung dengan Service Club untuk membantu orang lain di kota mereka.

Namun, klub mereka malah terlibat dan mulai menyelesaikan misi untuk Biro Administrasi misterius, sebuah organisasi yang berfokus untuk mengelola kemampuan di Sakurada dan memanipulasi acara kota untuk tujuan mereka sendiri.

Kemiripan antara Steins;Gate dan Sakurada Reset adalah baik kei dan okabe memiliki kemampuan untuk menipu waktu/ mengatur ulang waktu/ perjalanan waktu dan mengingatnya.

Steins; Gate adalah cerita perjalanan waktu yang lebih khas, dengan mesin yang bisa mengubah masa lalu sedangkan di Sakurada Reset masa lalu diubah berkat kekuatan khusus yang dimiliki oleh orang orang tertentu yang memiliki kekuatan supernatural ini.

#6. Mawaru Penguindrum

Anime mirip steins gate
Genre: Mystery, Comedy, Dementia, Psychological, Drama

Bagi keluarga Takakura, takdir adalah roda yang selalu berputar, yang selalu menanti kabar suka ataupun duka bagi mereka. Setelah orang tua mereka meninggal, saudara kembar Kanba dan Shouma tinggal sendiri bersama Himari, yaitu adik perempuan tercintanya yang kesehatannya terus memburuk dari waktu ke waktu.

Pada hari dimana Himari diberi izin sementara untuk meninggalkan rumah sakit, saudara laki-lakinya membawanya ke akuarium untuk merayakannya, tapi nasib buruk ternyata sedang menanti mereka disana karena tiba tiba akuarium disana tiba tiba runtuh.

Namun, sebuah keadian yang tidak bisa dijelaskan terjadi, Himari secara misterius diselamatkan dari kematian oleh topi penguin dari toko suvenir akuarium.

Namun, dalam pertukaran untuk memperpanjang hidupnya, tugas kakak-kakaknya Himari, Kanba dan Shoma, harus mencari benda yang dikenal sebagai Penguin Drum dengan bantuan dari trio penguin aneh.

Kemiripan antara Steins;Gate dan Mawaru Penguindrum adalah sama sama mengisahkan tentang cinta (Keluarga, Persahabatan, romance, dan bahkan obsesi), dan orang orang akan bersedia melakukan apapun untuk orang yang dicintainya, sama sama mengisahkan tentang takdir dan mengubah takdir/ nasib, banyaknya kisah duka, kematian dan pengorbanan diri.

Keduanya juga dimulai dengan pengenalan anime yang cukup ringan dan kemudian tiba-tiba menjadi serius, keduanya memiliki elemen drama yang bagus yang akan membuat kamu ingin menonton lebih banyak lagi dari episode ke episode dan keduanya memiliki liku dalam plot yang membuat kamu tetap tertarik sampai akhir.

#5. Noein: Mou Hitori no Kimi e

Anime mirip steins gate
Genre: Adventure, Drama, Sci-Fi, Slice of Life

Dalam waktu dekat, pertempuran sengit terjadi antara dimensi La'cryma (pelindung manusia) dan dimensi Shangri-La, yang menyebabkan hancurnya semua ruang-waktu. Sebuah kelompok yang dikenal sebagai Dragon Calvary dikirim melalui ruang dan waktu, mencari satu-satunya hal yang dapat menghentikan invasi yaitu Dragon's Torque.

Saat ini, Haruka berusia dua belas tahun dan temannya Yuu, sedang mempertimbangkan untuk melarikan diri dari rumah saat mereka bertemu dengan seorang anggota Dragon Calvary bernama Karasu (Crow). Selain mengaku sebagai Yuu dari lima belas tahun di masa depan ia percaya bahwa Haruka memiliki Dragon's Torque.

Kemiripan antara Steins;Gate dan Noein: Mou Hitori no Kimi e adalah keduanya sama sama memiliki plot tentang time travel/ perjalanan waktu, dan kedua tokoh utama/pahlawan tersebut sangat ingin menyelamatkan gadis yang dia cintai dan teman-temannya dari peristiwa mengerikan dan pada saat bersamaan mencegah masa depan yang mengerikan bagi umat manusia.

#4. Toki wo Kakeru Shoujo (The Girl Who Leapt Through Time)

Anime mirip steins gate
Genre: Sci-Fi, Adventure, Drama, Romance

Makoto Konno adalah seorang gadis SMA biasa, yang tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan sisa hidupnya. Semuanya berubah saat dia mengetahui bahwa dia memiliki kekuatan untuk bergerak maju mundur dalam waktu. Makoto mencoba menggunakan kekuatannya untuk keuntungannya sendiri, dan belajar bahwa dalam kehidupan, hal-hal yang terlihat sulit itu ternyata mudah.

Kemiripan antara Steins;Gate dan Toki wo Kakeru Shoujo adalah kedua anime ini sama sama berurusan dengan topik perjalanan waktu, mengeksplorasi Butterfly efek yang disebabkan oleh tindakan karakter utama dalam serialnya, dan berbagi konsekuensi yang sama, mulai dari perkembangan karakter yang mempengaruhi kehidupan teman mereka.

Selain itu karakter utama masing masing seri juga mencoba untuk mengubah masa lalu. Kedua seri tersebut memiliki momen serius bercampur dengan sedikit genre komedi dan asmara. Toki wo Kakeru Shoujo lebih mengedepankan genre shoujo, sementara Steins;Gate lebih mengedepankan genre thriller.

#3. Mahou Shoujo Madoka★Magica (Puella Magi Madoka Magica)

Anime mirip steins gate
Genre: Drama, Magic, Psychological, Thriller

Ketika Madoka Kaname dan temannya bertemu dengan makhluk mirip kucing aneh bernama Kyuubei, mereka ditawari sebuah kesepakatan: Kyuubei akan memberi anak-anak itu satu harapan, dan sebagai gantinya gadis-gadis itu akan menjadi gadis ajaib (mahou shoujo).

Saat Madoka ditarik lebih dalam ke dunia mimpi buruk dan kekuatan magis, dia belajar bahwa kekuatan barunya memiliki konsekuensi yang parah. Menjadi seorang gadis ajaib penuh dengan tanggung jawab, kebenaran yang gelap, dan kondisi yang mengancam nyawa. Madoka ingin membantu dunia, tapi apakah ini cara yang benar untuk melakukannya?

Kemiripan antara Steins;Gate dan Mahou Shoujo Madoka Magica adalah kedua seri ini berpusat di sekitar plot yang rumit dan sangat dipikirkan dengan baik, dan semuanya dieksekusi sampai dengan sempurna. Mereka memiliki premis serupa, karena karakter utama dari kedua seri harus memikul beban seluruh dunia dengan cara yang tidak dapat diapresiasi oleh orang lain.

Kedua seri ini juga memiliki format plot yang serupa, mulanya mereka terlihat bersenang-senang tapi semaki lama kisah mereka akan berubah secara dramatis saat plot berkembang. Okabe dan Homura juga memiliki tujuan yang sangat mirip.

#2. Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Anime mirip steins gate
Genre: Psychological, Drama, Thriller, Fantasy

Anime mirip steins gate ini menceritakan tentang Subaru Natsuki yang terlempar ke dunia yang lain, dipukuli oleh beberapa preman, bertemu dengan seorang gadis cantik, dan terbunuh oleh kegelapan misterius di samping gadis itu.

Namun Subaru tiba-tiba terbangun dengan skenario yang sama persis saat menghadapi preman yang tadi membunuhnya. Saat Subaru mencoba untuk mencari kebenaran bagaimana dia bisa hidup lagi, dia segera menyadari bahwa dia harus menggunakan kemampuan barunya ini untuk membantu melindungi teman barunya dan menyelamatkan dunia baru tempat ia terlampar ini.

Kemiripan antara Steins;Gate dan Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu adalah kedua anime ini berpusat pada pria biasa yang melakukan yang terbaik untuk melindungi orang-orang yang dia sayangi, tidak peduli berapa kali dia harus melakukannya, kedua karakter utama seri ini juga sama sama terjebak dalam spiral kejadian bencana, keduanya ada kaitannya dengan Butterfly Efek / Perjalanan waktunya/ memutar waktu.

Di Steins;Gate sang karakter utama membuat mesin lompatan waktu dan plotnya menyelamatkan temannya dengan melompati waktu. Di anime Re:Zero, sang karakter utama juga menggunakan lompatan waktu untuk menyelamatkan teman-temannya.

Dalam kedua seri tersebut, mereka perlu mencari cara bagaimana cara menyelamatkan orang. Dalam Re:zero, dengan memicu kejadian tertentu, sementara di Steins;Gate dengan mengulang aksinya

Selain itu anime Re:Zero topiknya lebih kearah fantasy sedangkan Steins;Gate ke arah sains, serial anime ini juga diciptakan oleh studio animasi yang sama yaitu studi White Fox.

#1. Boku Dake ga Inai Machi (Erased)

Anime mirip steins gate
Genre: Mystery, Psychological, Seinen, Supernatural

Anime mirip steins gate ini menceritakan Satoru Fujinuma yang memiliki kemampuan untuk memundurkan waktu beberapa menit sebelum sebuah insiden terjadi, dan dia menggunakan kekuatan ini untuk menyelamatkan banyak orang.

Ketika Satoru dituduh melakukan pembunuhan, dia mencoba menggunakan kekuatannya, tapi bukannya memutar mundur beberapa menit, dia malah memutar waktu ke 18 tahun di masa lalu.

Ternyata pembunuhan dari 18 tahun yang lalu terhubung dengan pembunuhan di masa sekarang. Satoru harus menggunakan kekuatannya ini untuk memahami apa yang terjadi dan membersihkan nama baiknya sekaligus melindungi orang-orang yang dicintainya saat ini.

Anime Boku Dake ga Inai Machi mungkin yang paling mirip dengan anime Steins; Gate dalam segi ide dan cerita. Boku Dake ga Inai Machi mengusung memutar waktu sebagai tema utamanya, sekaligus konsep menyelamatkan seseorang dengan menggunakan kekuatan super naturalnya.

Selain itu, kedua anime ini juga sama sama mengusung tema perjalanan waktu, memiliki plot yang sama untuk mencegah kematian dengan mengubah masa lalu, sang karakter utama bertindak sebagai pemimpin sebuah kelompok, di anime Steins;Gate Okarin memiliki kekuatan Reading Steiner sedangkan di Boku Dake ga Inai Machi Satoru memiliki kekuatan Revival.

Baca JugaSuka Misteri? Coba 10 Anime Mirip Boku Dake Ga Inai Machi (Erased) Ini!

Nah itu dia beberapa anime mirip Steins;Gate versi Gugenkatsu, jika kamu tau seri lainnya yang mirip Steins;Gate silahkan diskusikan di kolom komentar ya.

Jangan lupa support terus kami dengan cara klik tombol share/ bagikan supaya temen temen kamu tau artikel ini, dan jangan lupa ikuti kami di jejaring sosial lainnya untuk mendapat info menarik seputar dunia anime secara terupdate

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama