10 Anime Action Mecha Terbaik, Mulai Dari Yang Jadul Sampai Yang Terbaru

Gugenkatsu - Kamu penggemar seri anime shounen? lagi nyari rekomendasi anime action dan juga mecha? Bukan penikmat anime shounen namanya kalo tidak menyukai anime genre action dan mecha.

Ya walaupun dari sebagian besar penggemar anime shounen itu hanya sebagian kecil saja yang menyukai genre mechanya dan sebagian besarnya hanya menyukai genre actionya tanpa ada campur tangan dengan genre mecha.

Nah berhubung topik yang di bahasa sekarang ini adalah anime action dan mecha, kali ini gugenkatsu akan bagiin nih sedikit rekomendasi anime action mecha terbaik versi gugenkatsu.

Daftar Anime Action Mecha Terbaik


#10. Ghost in the Shell

10 Rekomendasi Anime Action Mecha Terbaik, Mulai Dari Yang Jadul Sampai Yang Terbaru

Pada tahun 2029, kemajuan di bidang Cybernetics memungkinkan orang untuk mengganti hampir semua bagian tubuh dan organ mereka dengan bagian robotika. Melalui proses prosthetics ini, yang lemah bisa dibuat menjadi kuat, dan bahkan yang sekarat bisa diberi kehidupan baru.

Public Security Section 9 dari Kota Niihama (sebuah setting fiktif yang terinspirasi oleh Hong Kong), tim AI, cyborg dan manusia yang telah dimodifikasi akan menyelidiki berbagai kasus-kasus korupsi dan terorisme.

Ceritaya akan mengisahkan Mayor Motoko Kusanagi yang memiliki tubuh prosthetics, karena kecelakaan di masa kecilnya. Bersama seseorang yang ahli dalam spesialis informasi bernama Ishikawa, mereka telah diberi tugas penting untuk menyelidiki seorang hacker yang hanya dikenal sebagai "The Puppetmaster" yang meresahkan banyak orang.

#9. Full Metal Panic

10 Rekomendasi Anime Action Mecha Terbaik, Mulai Dari Yang Jadul Sampai Yang Terbaru

Apa jadinya jika ada seorang remaja yang sedari kecil hanya mengetahui tentang medan perang dan sangat minim pengetahuannya tentang pergaulan di masa masa sekolah tiba tiba diberi tugas untuk masuk kesebuah SMA untuk bersekolah dan menjalankan misi rahasianya? Wah pasti bakalan gokil kan.

Nah anime ini akan menceritakan tentang kisah Sousuke Sagara, yaitu seorang anggota organisasi militer rahasia anti teroris yang dikenal sebagai Mithril, bertugas melindungi Kaname Chidori yang saat ini sedang sekolah di SMA Jepang.

Kaname merupakan seorang Whispered yaitu seseorang yang memiliki pengetahuan luar biasa untuk menciptakan perangkat dan mesin hebat. Tumbuh sedari kecil yang hanya mengetahui medan perang, Sousuke harus menjalani kehidupan sekolahnya yang baru ini untuk melindungi Kaname sambil menyembunyikan identitas aslinya sebelum musuh bergerak merebut para Whispered ini.

#8. FLCL

10 Rekomendasi Anime Action Mecha Terbaik, Mulai Dari Yang Jadul Sampai Yang Terbaru

Bisa dibilang anime ini memiliki cerita yang cukup absurd, hmm maklum ya seri ini termasuk kedalam kategori anime mecha jadul yang menceritakan kisah Naoto Nandaba yang hidup di sebuah kota yang juga sama anehnya.

Ceritanya, suatu hari seorang perempuan pengendara vespa yang selalu membawa bass di punggungnya entah kenapa menabrak Naoto. Gara gara kejadian ini, Naoto tak lama setelah itu pingsan. Setelah sadarkan diri dari pingsannya Naoto malah dihantam oleh Bass milik Haruko.

Sejak saat itu berbagai macam robot keluar dari jidat Naota. Dan akibat keadian yang tak terduga ini hidup Naoto kini berubah dan malah menyeretnya kedalam pertempuran terbesar di bumi bersama para robot robot.

#7. Cross Ange: Tenshi to Ryuu no Rondo

anime mecha harem terbaik
Seri ini menceritakan tentang kehidupan Angelise Ikaruga Misurugi, seorang putri berusia enam belas tahun yang berbakat, atletis, dan dicintai oleh bangsanya. Suatu hari saat ia akan segera dibaptis untuk kenaikan takhtanya rahasia tentang dirinya terbongkar.

Ia terlahir sebagai seorang norma, yaitu orang orang yang tidak bisa menggunakan sihir (mana). Sama seperti norma lainnya, Angelise ditangkap dan diasingkan disebuah pulau. Sekarang dia dipaksa bekerja sebagai tentara yang berbasis di kamp penjara, Arzenal, dan menerbangkan sebuah robot robot transformasi yang disebut "Paramail."

Untuk bertahan hidup, Angelise harus menyesuaikan diri dengan beberapa aspek kehidupan barunya di tempat itu. Kini bersama dengan teman barunya di Arzenal, ia harus melawan binatang buas yang dikenal sebagai DRAGON.

meskipun memiliki cerita yang menarik untuk disimak, sebenarnya admin ga mau masukin seri ini ke dalam list ini (terlalu banyak bumbu, admin ga seneng yang banyak bumbunya) jika kamu mau menonton seri ini, semua resiko di tanggung oleh kamu ya karena admin hanya menulis karena dari segi cerita dan action yang menarik saja.

#6. Eureka Seven

anime mecha romance terbaik
Serial ini berfokus pada Renton Thurston, yaitu anak laki-laki Adrock Thurston yang berusia empat belas tahun, seorang peneliti militer yang meninggal demi menyelamatkan dunia. Dia menjalani kehidupannya yang membosankan bersama kakeknya di kota yang membosankan. Ia suka melakukan lifting, olahraga yang mirip dengan surfing menggunakan trapar.

Ia bermimpi bergabung dengan kelompok Gekkostate, yang dipimpin oleh idolanya Holland Novak, seorang lifter legendaris. Kesempatan dia untuk bergabung bersama Gekkostate muncul setelah sebuah robot besar bernama Nirvash Zero menabrak sebuah ruangan di rumah mereka.

Untuk menolong Eureka dan Nirvas, Kakek Renton memerintahkannya untuk mencari sebuah bagian khusus Nirvash yang disebut "Amita Drive", untuk melepaskan kekuatan besar yang tidak aktif dalam tipe ZERO yang disebut "Seven Swell Phenomenon".

Tak lama setelah itu, Renton diundang untuk bergabung dengan Gekkostate, Tapi setelah mengenal lebih dalam tentang Gekkostate, ternyata tidak semenarik yang dibayangkan oleh Renton. Dan satu-satunya hal yang membuat semuanya berharga baginya adalah kehadiran Eureka, pilot misterius Nirvash.

Renton, Eureka, dan Gekkostate memulai sebuah petualangan yang akan membentuk masa depan mereka dan juga dunia, seri in merupakan salah satu anime mecha romance terbaik yang ada hingga kini.

#5. Neon Genesis Evangelion

anime mecha terpopuler
Pada tahun 2015, dunia berada di ambang kehancuran. Harapan terakhir para manusia terletak di tangan Nerv, yaitu sebuah badan khusus di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa, bersama Evangelion mereka, yaitu sebuah mesin raksasa yang mampu mengalahkan raksasa bernama Angel yang membawa kerusakan di bumi.

Gendou Ikari, kepala organisasi ini, mencari seorang pilot yang kompatibel yang bisa melakukan sinkronisasi dengan Evangelion yang dapat menyadari potensi sebenarnya mesin ini.

Bertatap muka dengan ayahnya untuk pertama kalinya sejak beberapa tahun tidak bertemu, kini kehidupan rata-rata Shinji Ikari selama 14 tahun berubah secara drastis ketika dia dibawa masuk ke kedalaman Nerv, dan ke dalam takdir baru yang mengerikan.

Dan kini ia harus menjadi pilot Evangelion. Unit-01 serta ia harus siap memikul nasib seluruh umat manusia di pundaknya dengan menjadi salah satu pilot untuk membasmi para Angle.

#4. Buddy Complex

anime mecha sci-fi terbaik
Buddy Complex menceritakan tentang Aoba Watase, seorang anak laki-laki SMA biasa yang tiba tiba akan ikut berperang dan dikirim ke masa depan. Dia menjalani kehidupan sehari-hari yang rata-rata pergi ke sekolah di sebuah kota. Pada hari pertama kembali setelah liburan musim panas, Aoba diserang oleh robot raksasa yang muncul dari langit.

Saat dikejar-kejar di kota, teman sekelasnya Hina Yumihara muncul dalam robot raksasa miliknya. Dia menyelamatkannya, dan mengatakan kepadanya dengan samar bahwa "Dio sedang menunggu," sebelum dia mengirim Aoba ke masa depan dan kemudian menghilang.

Ketika Aoba tersadar, dia sudah berada di tujuh puluh tahun di masa depan, di mana Free Pact Alliance dan Republik Zogilia berperang satu sama lain, dan di sana dia bertemu dengan seorang pilot muda bernama Dio Junyou Weinberg. Kini ia akan memulai kehidupan baru Aoba sebagai pilot Free Pact Alliance, dan bersama dengan Dio, mereka akan mengubah nasib dunia.

#3. Tegen Toppa Gurren Lagann

anime mecha komedi terbaik
Kalau anime action mecha terbaik yang satu ini sih bisa dibilang seri jadul, tapi walaupun bukan termasuk seri anime mecha baru, seri ini memiliki cerita yang sangat menarik dan juga memiliki rating yang tinggi, jadi jangan heran ya kalau admin masukan seri ini kedalam daftar anime action mecha terbaik kali ini.

Cerita dari seri ini berlangsung di masa depan dimana bumi diperintah oleh Raja Spiral, Lordgenome, yang memaksa umat manusia untuk tinggal di desa-desa bawah tanah yang terisolasi. Desa-desa ini tidak memiliki hubungan dengan dunia permukaan atau desa lain dan berada di bawah ancaman gempa yang terus-menerus terjadi.

Penduduk desa terpilih yang disebut penggali diwajibkan untuk memperluas rumah mereka jauh di bawah tanah.

Simon, seorang penggali muda yang lemah lembut yang dikucilkan oleh rekan-rekannya, ia terhibur oleh sosok sahabat dan kakaknya, seorang narapidana eksentrik bernama Kamina.

Kamina mendorong Simon untuk bergabung dengan gengnya, Tim Gurren, untuk membantunya mencapai mimpinya mengunjungi dunia permukaan.

Suatu hari, Simon menemukan sebuah kunci berbentuk bor yang disebut Core Drill, yang ternyata merupakan kunci pengendali Gunmen, yaitu nama robot dalam seri anime ini. Bersama Kamina ia akan berpetualang untuk membasmi Beastmen.

#2. Aldnoah.Zero

anime action mecha terbaru
Pada tahun 1972, hypergate dan sebuah relik kuno berusia ribuan tahun ditemukan di permukaan bulan. Dengan menggunakan teknologi ini, manusia mulai bermigrasi ke planet Mars dan menetap di sana. Setelah para ilmuan menemukan teknologi mutakhir lainnya, mereka memisahkan diri dari Bumi dan Kekaisaran Vers didirikan disana, lalu mengklaim Mars dan berbagai rahasianya untuk mereka sendiri.

Dan pada tahun 1999, terjadi sebuah tragedi bernama Heaven’s Fall. Dimana pada tahun tersebut, pasukan Vers melakukan perang terhadap manusia Bumi. Akibat perang tersebut, Hyper Gate di permukaan Bulan menjadi tidak terkendali dan menyebabkan hancurnya separuh permukaan satelit disana. 15 tahun berlalu setelah Heaven’s Fall, keadaan Bumi kembali normal ke sediakala.

Sejak tragedi tersebut, penggunaan Kataphrakt (Mecha Unit) telah menjadi kurikulum sekolah untuk mengantisipasi keadaan darurat. Bumi dan Mars kini telah terikat oleh kesepakatan damai. Pada tahun 2014, sekali lagi, pertempuran Mars dengan Bumi pun kembali terjadi.

#1. Code Geass

anime action mecha jadul
Cerita anime ini berlatar didunia alternatif di mana dunia telah terbagi menjadi tiga bagian: Kekaisaran Britannia (Amerika, juga disebut Britannia), Federasi China (Asia), dan Uni Eropa (Eropa dan Afrika, yang sebelumnya dikenal sebagai Euro-Universe. Juga dikenal sebagai Europa United di Seri Code Geass: Akito the Exiled).

Baca Juga: Inilah 15 Macam Kekuatan Geass Di Seri Code Geass, Jika Ada Didunia Nyata Kamu Ingin Punya Yang Mana?

Dan seri ini akan berpusat dinegara Jepang yang kini telah berganti nama menjadi Area 11. Tokoh utama seri ini bernama Lelouch Lamperouge, seorang pangeran Britannia super jenius yang dibuang ke Area 11 oleh ayahnya sebagai alat tawar menawar di Jepang, bersama dengan saudaranya Nunnally vi Britannia, setelah sang ibu, Marianne vi Britannia, terbunuh.

Dengan berbekal kekuatan Geass yang diberi oleh seorang gadis penyihir abadi bernama C.C, Lelouch berusaha membalas dendam pada ayahnya dengan mengadakan pemberontakan. Dalam aksinya, Lelouch menggunakan nama samaran Zero, dengan tujuan agar tidak mempengaruhi kehidupan normalnya yang damai.

Meskipun seri ini merupakan anime lawas, tapi tak bisa dipungkiri bahwa Code Geass merupakan salah satu anime sunrise dan juga anime mecha terbaik yang ada hingga saat ini.

Dari banyaknya judul anime action mecha diatas, mana anime favoritmu?

Nah itu dia anime action mecha terbaik versi gugenkatsu, jika ada waktu luang admin akan tambahkan lagi anime lainnya dalam list ini.

Jika kamu mau menambahkan seri lainnya dalam list ini, silahkan tulis dikolom komentar ya.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama