10 Anime Mirip Boku Dake Ga Inai Machi (Erased) Bertema Misteri Dan Drama

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi
anime mirip boku dake ga inai machi (erased)

Gugenkatsu - Boku dake ga Inai Machi sendiri menceritakan tentang kisah Satoru Fujinuma yang entah bagaimana dapat melakukan perjalanan kembali ke masa lalu dengan kekuatannya yang diberi nama "Revival". Dengan kekuatan ini ia seakan dipaksa untuk menyelamatkan orang orang dari sebuah kecelakan jika kekuatannya aktif.

Dengan menggunakan kekuatannya ini, ia akan menyelamatkan berbagai orang penting dalam hidupnya mulai dari teman masa kecilnya hingga ibu kandungnya sendiri dari seorang yang sangat licik yang belum diketahui identitasnya yang memfitnah banyak orang termasuk Satoru supaya dirinya bebas dari berbagai tuduhan.

Daftar Anime Mirip Boku Dake Ga Inai Machi


#10. Shinsekai Yori

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi
Genre: Sci-Fi, Mystery, Horror, Psychological, Supernatural, Drama

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi ini ceritanya diatur di Jepang satu milenium dari sekarang. Tokoh protagonis Saki, Satoru, Maria, Mamoru, dan Shun telah lahir dan dibesarkan di kota yang tenang yang bisa digambarkan sebagai utopia, dipenuhi air dan foilage hijau.

Setelah kejadian tertentu, Saki dan yang lainnya menyadari sifat sebenarnya dunia mereka. Kelima orang itu melemparkan diri mereka ke dalam petualangan yang mengancam jiwa dan berjuang untuk melindungi teman dan dunia di ambang keruntuhan.

Kemiripan antara anime Erased dan Shinsekai Yori adalah: Keduanya memiliki genre psikologis dan supernatural, keduanya mencoba menjelaskan lenyapnya anak-anak, Keduanya sama sama menargetkan penonton yang sudah dewasa, keduanya juga dibuat oleh studio yang sama yaitu A-1 Pictures.

Di Shinsekai Yori, sang karakter utama menemukan dunia tempat dia tinggal dan berjuang untuk orang-orangnya saat menghadapi bencana sedangkan di anime Boku dake ga inai machi/ Erased, sang karakter utama berusaha memecahkan misteri penculikan dan mencoba menyelamatkan korban dengan kembali dengan kekuatan waktu. Keduanya juga sangat menarik dan memiliki atmosfer yang sama.

#9. Subete ga F ni Naru: The Perfect Insider

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi
Genre: Sci-Fi, Mystery, Psychological

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi ini bercerita di sebuah fasilitas penelitian yang tersembunyi di pulau terpencil, programmer jenius Shiki Magata telah hidup sebagai pertapa selama bertahun-tahun. Dia jarang melihat tamu, tapi profesor Souhei Saikawa dan mahasiswa Moe Nishinosono masih mencarinya. Namun, pertemuan mereka terputus saat mereka terjebak dalam misteri pembunuhan di ruang terkunci.

Semuanya tidak seperti yang terlihat, dan banyak rahasia tersembunyi. Di dalam sebuah fasilitas yang terisolasi, kejahatan yang tampaknya tidak mungkin dan mengerikan terjadi, Saikawa dan Moe harus mengungkap kebenaran di balik pembunuhan tersebut dan masa lalu Magata yang terselubung.

Kemiripan antara anime Erased dan Subete ga F ni Naru: The Perfect Insider adalah kedua anime itu sama sama dipenuhi dengan misteri dan ketegangan, sama sama memiliki genre psikologis, kedua anime ini mengusung topik serius (di Subete ga F ni naru akan lebih fokus mencari pembunuhan sedangkan anime Erased mencari pembunuhan/ penculikan anak-anak). Kedua seri ini juga sama sama garapan A-1 Pictures.

#8. Death Parade

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi
Genre: Game, Mystery, Psychological, Drama, Thriller

Setelah kematian, tidak ada surga atau neraka, disana hanya ada sebuah bar yang berdiri antara reinkarnasi dan dilupakan. Di sana akan ada seorang bartender menanti para pasang yang baru saja meninggal, dan akan dibawa ke sebuah game acak di mana nasib mereka akan ditentukan untuk dibawa menuju reinkarnasi atau jatuh ke dalam kekosongan.

Setiap arena game akan mengungkapkan sikap dan sifat sejati dari orang yang sudah mati ini. Selain itu kenangan yang mengerikan sebelum mereka mati juga akan terungkap untuk menunjukan siapa mereka sebenarnya.

Kemiripan antara Boku dake ga Inai Machi dan Death Parade adalah kedua anime tersebut memiliki banyaknya unsur atmosfir misterius dan psikologis di seri masing-masing. Di anime Boku dake ga Inai Machi Satoru akan mengungkap siapa dalang pembunuh berantai, sedangkan di anime Death Parade akan lebih ke arah siapa pembunuh atau alasan sang karakter yang dibawa ke bartender itu bunuh diri.

#7. ReLIFE

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi
Genre: Slice of Life, Romance, School

Diejek sebagai pecundang tanpa harapan oleh orang-orang di sekitarnya, Arata Kaizaki seorang pria 27 tahun, beralih pekerjaan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya setelah berhenti dari perusahaan pertamanya.

Kehadirannya yang biasa-biasa saja berubah tajam saat bertemu dengan Ryou Yoake, anggota ReLife Research Institute, yang menawarkan Arata kesempatan untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik dengan bantuan pil misterius.

Tanpa berpikir lama, Arata setuju mengambil kesempatan ini. Keesokan harinya ia terbangun dan tersadar bahwa penampilannya telah kembali ke usia 17 tahun setelah meminum pil misterius itu.

Arata segera mengetahui bahwa dia sekarang menjadi subyek eksperimen unik dan harus bersekolah di SMA sebagai siswa pindahan selama satu tahun. Meskipun awalnya dia yakin akan sangat mudah karena pengalaman hidupnya, Arata terbukti sangat salah dalam gaya hidupnya sebagai anak SMA.

Selanjutnya, Ryou telah ditugaskan untuk mengamatinya. ReLIFE mengikuti perjuangan Arata untuk menyesuaikan diri dengan gaya hidupnya yang baru dan menghindari mengulangi kesalahan masa lalunya, sambil terus menemukan arti hidupnya bersama teman sekelasnya.

Kesamaan antara kedua anime ini adalah kedua karakter utama masing masing seri adalah laki laki dewasa yang menjadi muda kembali untuk menyelesaikan masalahnya (Boku dake ga Inai Machi dengan kekuatan Revivalnya sedangkan anime ReLIFE dengan sebuah pil). Selain itu kedua karakter anime ini akan kembali lagi kemasa mereka sekolah.

#6. Death Note

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi
Genre: Mystery, Police, Psychological, Supernatural, Thriller

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi ini menceritakan Light Yagami, salah satu siswa terpandai di SMA yang hidup dalam dunia yang sangat membosankan dan ingin merasakan adanya keadailan untuk para penjahat.

Dan dalam seri ini dirinya akan menemukan sebuah buku berjudul Death Note, di mana orang yang namanya tertulis didalam buku ini akan segera meninggal setelahnya. Dan setelah menemukan kebenaran tentang buku pembawa kematian ini, Light Yagami akan memulai sebuah perang untuk membunuh semua penjahat di dunia dengan nama samaran "Kira".

Tapi jalannya sebagai pembawa keadailan untuk menumpas para penjahat yang tidak di adili dengan adil ini akan di hambat oleh seorang detektif bernama "L" yang akan berperang melawannya.

Kesamaan antara Boku dake ga Inai Machi dan Death Note adalah anime ini menceritakan tentang bagaimana sang tokoh akan menemukan sang penjahat di antara orang biasa dan juga membuktikan kesalahannya. Selain itu, kedua anime ini memiliki unsur supernatural.

#5. AnoHana

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi
Genre: Slice of Life, Supernatural, Drama

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi ini mengisahkan Jinta Yadomi yang hidup dengan damai sebagai pertapa, menghabiskan hari liburnya dari sekolah dan bermain video game di rumah. Suatu hari di musim panas, teman masa kecilnya, Meiko "Menma" Honma, muncul dan mendesaknya untuk mengabulkan permintaannya yang terlupakan.

Dia tidak memedulikannya dan membuatnya terganggu, dan dia tidak terlalu peduli. Lagi pula, Menma sudah meninggal bertahun-tahun yang lalu. Awalnya, Jinta berpikir bahwa dia hanya berhalusinasi karena musim panas, tapi kemudian dia yakin bahwa yang dia lihat adalah benar-benar hantu Menma.

Jinta dan kelompok teman masa kecilnya tumbuh berantakan setelah kematiannya, dan setelah sadar bahwa yang Jinta lihat memang benar benar hantu Menma, bersama kelompok masa kecilnya, mereka akan mewujudkan keinginan Menma yang terlupakan.

Kemiripan antara AnoHana dan Erased adalah bahwa keduanya memiliki karakter utama yang menyesalkan suatu hal yang terjadi di masa kecil mereka yang melibatkan seorang gadis, dan mereka berdua berusaha "memperbaikinya". Selain itu kedua anime ini juga sama sama mengusung topik kematian/ berurusan dengan kematian, dan juga sekelompok atau teman masa kecil.

Dalam anime Erased, teman-teman Satoru kebanyakan terlihat di dalam bentuk masa kecil mereka, sementara di AnoHana, lebih fokus dengan kenangan masa kecilnya. Kedua karakter utamanya juga adalah seorang lelaki yang sama sama bisa dibilang penyendiri.

Dan keduanya juga sama sama akan memecahkan teka-teki / menemukan masalah utama dari masing masing seri. Selain itu keduanya juga adalah anime yang dramatis, mendebarkan, berunsur psikologis dan emosional.

#4. Orange

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi
Genre: Sci-Fi, Drama, Romance, School, Shoujo

Hari pertama Naho Takamiya di tahun kedua SMA-nya dia terlambat berangkat sekolah. Setelah terbangun telat, dia menerima surat aneh yang ditujukan kepadanya.

Namun, surat itu dari dirinya sendiri 10 tahun di masa depan! Awalnya, Naho ragu dengan surat tersebut, namun setelah menyaksikan beberapa peristiwa yang dilukiskan dalam surat itu terjadi, dia menyadari bahwa surat tersebut sebenarnya memang berasal dari dirinya yang berusia 26 tahun.

Rincian catatan masa depan Naho dipenuhi dengan penyesalan, dan dia berharap agar dirinya yang lebih muda dapat memperbaiki kesalahan yang telah dibuatnya di masa lalu. Surat tersebut juga memperingatkannya untuk terus mengawasi siswa pindahan bernama Kakeru Naruse.

Naho harus sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan yang menyangkut dirinya, karena dimasa depan, Kakeru tidak akan berasama dirinya lagi. Dengan surat sebagai pembimbingnya, Naho sekarang memiliki kekuatan untuk melindungi Kakeru sebelum dia menyesalinya sekali lagi.

Kemiripan antara Boku Dake ga Inai Machi dan anime Orange adalah sang karakter utama akan mencegah dan menyelamatkan temannya dari kematian. Di Boku Dake ga Inai Machi, sang karakter utama memutar kembali waktu untuk mencegah teman masa kecilnya dari kematian.

Kejadian serupa terjadi di anime Orange ketika karakter utama menerima surat dari masa depannya yang mengingatkannya akan kematian temannya dan membimbingnya untuk mengubah masa depan.

Meskipun eksekusinya berbeda, tapi tujuan tetap sama. Tokoh utama akan memiliki kesempatan untuk membalikkan apa yang terjadi atau apa yang akan terjadi, semua berkat informasi yang menghubungkan keduanya di masa lalu yang menyakitkan, dan masa depan yang tidak diketahui dan ketidakpastian terkini tentang apa yang mungkin terjadi.

#3. Psycho-Pass

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi
Genre: Action, Police, Psychological, Sci-Fi, mystery

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi ini berlangsung di masa depan, yang memungkinkan untuk mengukur dan menilai keadaan pikiran dan kepribadian seseorang secara seketika. Informasi ini akan dicatat dan diproses, dan istilah ini disebut "Psycho-Pass" yang mengacu pada standar yang digunakan untuk mengukur gerak gerik seseorang.

Cerita akan berpusat di sekitar petugas penegak hukum Akane Tsunemori, yang bertugas mengelola kejahatan di dunia semacam itu. Inilah kisah tim polisi yang didedikasikan untuk menjaga ketertiban umum.

Beberapa dari mereka bekerja di Divisi Penegakan, bertanggung jawab atas penangkapan penjahat, sementara yang lain berada di Divisi Pengawas yang mengawasi rekan mereka dalam Penegakan.

Psycho-Pass dan Erased adalah seri yang melibatkan tentang kejahatan. Seri Erased akan terlihat lebih ringan ceritanya dibanding dengan Psycho-Pass. Keduanya seri ini akan memperlihatkan sang karakter utama yang berusaha untuk menghentikan seseorang/ kejahatan.

#2. Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi
Genre: Psychological, Drama, Thriller, Fantasy

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi ini menceritakan Natsuki Subaru, seorang siswa SMA biasa, yang terlempar kedunia lain dalam perjalanan pulangnya dari toko serba ada.

Karena dia tersesat dan bingung di dunia baru ini, satu-satunya orang yang bisa menolongnya adalah seorang gadis cantik dengan rambut perak. Bertekad untuk membalas jasanya, Subaru akhirnya membantu gadis itu menemukan sesuatu yang dia cari

Kemiripan antara Boku dake ga Inai Machi dan Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu adalah sama sama memiliki tema serupa. Karakter utama melewati garis waktu yang sama berkali-kali mencoba menyelamatkan orang dan mengatur segalanya dengan benar.

Satu-satunya perbedaan dari kedua anime ini adalah bahwa anime Re: Zero bersetting di dalam dunia fantasi dengan berbagai ras, sihir dan makhluk, sementara Boku dake ga Inai Machi bersetting di dalam dunia yang mirip dengan dunia yang kita tinggali.

#1. Steins;Gate

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi
Genre: Sci-Fi, Thriller

Anime mirip Boku Dake ga Inai Machi ini menceritakan tentang ilmuwan gila yang memproklamirkan diri bernama Okabe, yang hobinya adalah menciptakan "perangkat masa depan" di Lab Gadget Masa Depannya bersama dengan rekannya.

Proyek mereka yang paling berkembang disebut Phone Microwave, yang sepertinya merupakan penemuan bodoh yang sampai akhirnya mereka dapat mengirim pesan ke masa lalu. Dengan penemuan ini akhirnya mereka mendapat kekuatan untuk mengubah sejarah, menyelamatkan nyawa temannya dan bahkan melawan organisasi jahat bernama SERN.

Kemiripan antara Boku dake ga Inai Machi dan Steins Gate adalah sama sama menceritakan tentang karakter utama yang memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan waktu ke masa lalu untuk menyelamatkan seseorang yang disayanginya.

Dia akhirnya juga harus menyelamatkan gadis lain dari nasib tragis. Kedua anime dimulai dengan suasana hati yang ringan dan berubah drastis menjadi sesuatu yang lebih gelap, selain itu sang tokoh utama juga tanpa henti terus berusaha mengubah hasil masa depan dengan mengubah masa lalu.

Di anime Steins;Gate, sains digunakan untuk menciptakan suatu waktu mesin, memutar mundur jam dan mengubah jalannya nasib dan waktu dengan menyelamatkan satu kehidupan, sementara anime Boku dake ga Inai Machi, sang tokoh utama hanya mengandalkan kekuatan supernaturalnya dan tidak ada ilmu pengetahuan yang terlibat.

Baca Juga: 6 Anime Yang Mirip Dengan Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records

Nah itu dia anime mirip Boku Dake ga Inai Machi (Erased) versi Gugenkatsu. Jika kamu tau seri anime mirip Boku Dake ga Inai Machi lainnya silahkan tambahkan dan diskusikan dikolom komentar ya.

Jangan lupa ikuti kami di jejaring sosial lainnya untuk mendapat info menarik seputar dunia anime secara terupdate

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama