10 Anime Mirip Code Geass Bertemakan Supranatural Dan Mecha

Anime mirip code geass
anime mirip code geass

Gugenkatsu - Code Geass merupakan salah satu anime action mecha terbaik yang pernah ada, yang memiliki serangkaian pertarungan yang mengagumkan, kisah yang epic, dan juga anime bergenre military taktik yang hebat dicampur dengan genre supernatural.

Seri ini akan menceritakan kisah Lelouch Lamperouge yang akan memberontak kepada negara asal kelahirannya dan juga ayahnya untuk membuat dunia yang damai dari peperangan.

Cerita dimulai pada tanggal 10 Agustus 2010, Kekaisaran Suci Britannia mengarahkan perhatiannya untuk menaklukkan negara Jepang, menggunakan senjata terbaru mereka bernama Knightmare Frames. Britannia merebut kebebasan Jepang, dan mengganti namanya menjadi Area 11.

Tujuh tahun yang lalu, Lelouch Lamperouge, pangeran Britannia yang diasingkan dikirim ke Jepang oleh ayahnya, Kaisar Charles zi Britannia.

Dia bertemu dengan Suzaku Kururugi, dan bersumpah kepadanya bahwa dia akan menghancurkan Kekaisaran Britannia. Tujuh tahun kemudian, serangkaian serangan teroris membawanya ke seorang gadis bernama C.C. Dia memberi Lelouch kekuatan Geass atau the Power of the King.

Dianugrahi dengan kemampuan untuk mengendalikan orang lain hanya dengan tatapan sederhana, Lelouch kini memutuskan untuk mencari pembunuh ibunya untuk membalas dendam dan juga berjanji untuk membuat dunia yang damai untuk adiknya Nunnally vi Britannia. Untuk melancarkan aksinya ini Lelouch menyamar sebagai seorang pemberontak/teroris bernama Zero.

Melihat serunya aksi Lelouch sebagai Zero untuk menaklukan dunia agar bebas dari peperangan, di kesempatan kali ini Gugenkatsu akan membahas anime mirip Code Geass. Mulai dari anime action bertemakan mecha hingga anime action yang menyuguhkan genre supernatural. Berikut adalah beberapa anime mirip Code Geass dari segi cerita hingga actionnya yang sangat seru.

Daftar Anime Mirip Code Geass


#10. Big Order

Anime mirip code geass
Genre: Action, Shounen, Super Power

Sepuluh tahun yang lalu, seorang peri bernama Daisy muncul dan bertanya kepada Eiji Hoshimiya, apa harapan dan keinginannya yang ingin ia kabulkan. Meski keinginannya tetap menjadi misteri, konsekuensinya sangat dahsyat. Suatu hari kejadian bernama "Great Destruction" terjadi mengakibatkan dunia menjadi berantakan karena semuanya runtuh dan banyak orang meninggal.

Sekarang, Eiji adalah seorang siswa SMA yang satu-satunya perhatiannya adalah saudara perempuannya yang sakit. Dia tidak ingat apa yang dia inginkan dulu, semua yang dia ingat adalah bahwa keinginannya menyebabkan kehancuran besar.

Di tahun-tahun sejak peristiwa itu, ribuan orang lain juga telah menerima kemampuan untuk membuat keinginan mereka menjadi kenyataan. Orang-orang yang disebut "Order" ini diyakini jahat dan dibenci oleh masyarakat.

Namun, beberapa dari para Order ini mengincar nyawa Eiji untuk membalas dendam. Akankah Eiji mampu bertahan dalam berbagai percobaan pembunuhan? Dan misteri terbesar dari semuanya adalah apa yang dia inginkan?, dan apa niatnya dibalik suatu mengharapkan yang menyebabkan begitu banyak kekacauan ini?

Kemiripan antara Big Order dan Code Geass adalah tokoh utama diberi kemampuan supranatural untuk mengendalikan/ memerintah orang oleh seorang gadis misterius, kedua karakter utama mencoba untuk memerintah dunia untuk membuatnya menjadi lebih baik untuk saudara perempuan mereka, dan kuduanya juga sama sama anime action.

#9. Darker than Black: Kuro no Keiyakusha

Anime mirip code geass
Genre: Action, Sci-Fi, Mystery, Super Power

Anime mirip code geass ini menceritakann dunia yang sudah 10 tahun sejak Heaven's Gate muncul di Amerika Selatan dan Hell's Gate muncul di Jepang, menutupi langit malam yang dulu terlihat bintang bintang. Tujuan mereka tidak diketahui, Gerbang ini adalah ruang di mana hukum fisika diabaikan. Dengan munculnya Gerbang ini, muncul juga para kontraktor yang diberi kemampuan supranatural.

Di kota Jepang yang mengelilingi Hell's Gate, Kepala Bagian 4 Misaki Kirihara mendapati dirinya berselisih dengan Kontraktor terkenal dengan codename Hei. Disebut juga "Black Reaper" di dunia bawah tanah, Hei seperti rekan-rekannya ia melakukan misi untuk sindikat misterius.

Kemiripan antara Code Geass dan Darker than Black adalah keduanya berada di dunia teknologi dimana protagonis memiliki kemampuan yang sangat kuat.

Kedua karakter utama, Hei dan Lelouch, mendapatkan kemampuan supernatural melalui sebuah "kontrak" (walaupun maknanya berbeda di setiap anime), dan sementara Lelouch memanipulasi orang dan memimpin sebuah revolusi, Hei dimanipulasi oleh perusahaan misterius. Tapi kedua karakter tersebut berusaha mengubah dunia yang saat ini agar menjadi lebih baik.

Mereka juga sama sama menggunakan topeng dan jubah (Lelouch adalah Zero dan Hei adalah BK-201) dan keduanya berkaitan/ memiliki adik perempuan. Kedua seri ini juga sama sama banyak memperlihatkan produk Pizza Hut di mana-mana dan gadis yang misterius yaitu Amber dan C.C.

#8. Zankyou no Terror

Anime mirip code geass
Genre: Mystery, Psychological, Thriller

Anime mirip code geass ini Plotnya berpusat di sekitar dua remaja, yang hanya disebut sebagai 9 dan 12, yang membentuk kelompok teroris dua orang, yang aktif di Tokyo. Twistnya adalah, mereka benar-benar tidak ingin membunuh siapa pun, dan berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada yang meninggal akibat aktivitas mereka.

Keduanya menggunakan strategi perencanaan yang brilian yang cermat untuk memastikan bahwa tidak ada yang kehilangan nyawa akibat usaha mereka, sementara pesan mereka didengar.

Pasangan ini menarik Lisa Mishima, seorang anak yang sering dibuli di sekolah dan juga yang sering di perlakukan kejam di rumah, serta detektif bernama Shibazaki, yang memiliki firasat bahwa kelompok tersebut ada hubungannya dengan rahasia gelap Pemerintah Jepang.

Kemiripan antara Zankyo no Terror dan Code Geass adalah sama sama memiliki tokoh utama yang jenius seperti anti-hero/ seperti kelompok Teroris (dalam kasus Code Geass bisa disebut teroris/ pemberontak), yang menyerang kota (seluruh negara di Code Geass).

Zankyou no Terror lebih merupakan pertempuran psikologis (dengan beberapa pemboman), sementara Code Geass lebih strategis bertempur dan berorientasi pada tindakan.

#7. Full Metal Panic!

Anime mirip code geass
Genre: Action, Military, Sci-Fi, Comedy, Mecha

Dilengkapi dengan persenjataan mutakhir dan pasukan khusus, sebuah organisasi militer swasta bernama "Mithril" berusaha untuk membasmi terorisme dan semua ancaman terhadap perdamaian di bumi. Organisasi ini didukung oleh "Whispered", individu yang memiliki pengetahuan intuitif dan kemampuan luar biasa untuk menciptakan perangkat dan mesin yang hebat.

Anime mirip code geass ini menceritakan Sousuke Sagara, seorang sersan berusia tujuh belas tahun yang bekerja untuk Mithril, ditugaskan untuk melindungi Kaname Chidori, kandidat whispered selanjutnya.

Dia diperintahkan untuk bergabung dengan kelas SMA-nya dan sedekat mungkin untuk mencegahnya jatuh ke tangan musuh. Dan juga berbaur dengan teman sekelasnya tanpa mengungkapkan identitas aslinya.

Sousuke, yang dibesarkan di medan perang dan hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang gaya hidup siswa SMA, harus menyesuaikan diri dengan kehidupan sekolah normal untuk melindungi Kaname. Namun, pasukan musuh sudah mulai bergerak, dan Sousuke akan segera mengetahui bahwa musuh yang datang itu mungkin jauh lebih dekat dari yang dia bayangkan.

Kemiripan paling menonjol antara Full Metal Panic! dan Code Geass adalah mengusung genre action, mecha, military. Kedua seri ini juga sama sama anime bergenre mecha politik yang berseting di sekolah, dan juga berada di garis waktu alternatif.

Kedua anime ini juga menceritakan tentang perang dan penderitaan, tapi Full Metal Panic! memiliki lebih banyak sisi genre komedi dibanding dengan Code Geass. Meski begitu, keduanya sama-sama tentang perang melawan berbagai negara dan menggunakan robot untuk bertarung.

#6. No Game No Life

Anime mirip code geass
Genre: Game, Adventure, Comedy, Supernatural, Ecchi, Fantasy

Anime mirip code geass ini menceritakan NEET & hikikomori Genius gamer bernama Sora dan Shiro yang dikenal sebagai (blank) yang tak terkalahkan disetiap game online. Bakat dan keterampilan mereka sangat hebat sehingga dianggap legenda.

Suatu hari, seorang anak laki-laki bernama Tet muncul di hadapan mereka, mengaku sebagai "Dewa" dari dimensi lain dimana Sora dan Shiro dipanggil, dimana tidak ada kekerasan yang diperbolehkan dan semuanya masalah diputuskan oleh sebuah game.

Dari 16 ras yang berbeda yang berada di dunia ini, "manusia" adalah yang terlemah. Setelah memiliki sebagian besar wilayah mereka yang ditangkap oleh ras lain dan terdesak ke ambang kepunahan, Sora dan Shiro menantang melalui game untuk menyelamatkan manusia.

Meskipun bukan anime action, No Game No Life memiliki banyak kemiripan dengan Code Geass. Kedua karakter utama di masing masing seri sama sama jenius/ ahli strategi dan juga sama sama memiliki seorang adik perempuan.

Kedua karakter utama masing masing seri juga bisa memikirkan sebuah rencana/ strategi berdasarkan pengetahuan mereka yang sangat cepat meskipun dalam keadaan genting. Perbedaan dari kedua seri ini hanya, No Game No Life memiliki sedikit sisi humor yang lucu untuk ditonton, sementara Code Geass lebih banyak berfokus ke genre action dan strateginya.

#5. Kakumeiki Valvrave

Anime mirip code geass
Genre: Action, Space, Mecha

Anime mirip code geass ini bersetting jauh di masa depan, Bumi terbagi menjadi tiga faksi: Dorssia, sebuah kerajaan yang mendominasi dunia, ARSUS, sebuah aliansi militer, dan JIOR, kumpulan negara netral dengan koloni di galaksi.

Di salah satu koloni tersebut, Haruto Tokishima menjalani kehidupan yang damai di akademi Sakimori. Tapi suatu hari kehidupan damainya hancur ketika sebuah tim tentara super Dorssian, yang dipimpin oleh L-elf menyerang koloni tersebut untuk mengambil 'Valvrave', sebuah mobile suit rahasia yang diam-diam berada di sana.

Dalam kekacauan yang terjadi, Haruto tanpa sengaja menemukan salah satu Valvrave yang ditargetkan. Melihat nyawa teman-temannya yang berada dalam bahaya, Haruto memasuki robot mecha ini dan sebuah segel kontrak terbentuk. Setelah berhasil mengalahkan tentara Dorssian Haruto berjanji untuk melindungi koloni tersebut besama Valvrave yang ia naiki.

Kemiripan antara Code Geass dan Kakumeiki Valvrave adalah kedua anime tersebut terjadi di masa depan dimana 2-3 negara telah mengambil alih seluruh dunia dan satu negara kecil memerangi mereka. Keduanya juga adalah anime action mecha dan kedua protagonis memiliki kekuatan super yang serupa bisa memerintahkan orang lain/ bisa mengambil alih tubuh orang.

Kedua karakter utama di seri ini juga sama sama jenius dalam membuat strategi pertempuran dan memiliki setting sekolah, keduanya juga memiliki tema yang hampir sama yaitu pemberontakan/ revolusi dan juga dibalut dengan action mecha dan adanya kekuatan supranatural.

#4. Aldnoah.Zero

Anime mirip code geass
Genre: Action, Mecha, Sci-Fi

Anime mirip code geass awalnya menceritakan penemuan hypergate di bulan yang memungkinkan umat manusia untuk melakukan teleport ke Mars. Mereka yang memilih untuk menetap di sana menemukan sebuah teknologi yang jauh lebih maju daripada planet asal mereka, yang mereka beri nama "Aldnoah."

Penemuan ini mengarah pada berdirinya Kekaisaran Vers di Mars dan sebuah deklarasi perang melawan Terrans, yang tinggal di bumi muncul. Namun, pertempuran di bulan yang kemudian disebut "Heaven's Fall" menyebabkan hypergate meledak, menghancurkan bulan dan akbitnya kedua planet tersebut kini menciptakan gencatan senjata.

Namun kedamaian mereka rapuh. Lima belas tahun kemudian, siswa SMA Inaho Kaizuka menyaksikan pembunuhan berencana Putri Asseilum Vers Allusia milik Kekaisaran Vers, yang telah datang ke Bumi dengan harapan ingin memperbaiki hubungan antara kekaisaran dan tanah airnya.

Gencatan senjata hancur, dan orang-orang Mars mengumumkan perang terhadap Terrans sekali lagi. Dalam menghadapi musuh yang tidak dapat diatasi ini, Inaho dan teman-temannya sekarang harus bertarung melawan Kekaisaran Vers untuk menyelesaikan perang sekali dan untuk selamanya.

Kemiripan antara Code Geass dan Aldnoah.Zero adalah kedua seri ini sama sama memiliki unsur politik, di anime Aldnoah.Zero mengusung politik antar planet sementara di anime Code Geass lebih ke arah politik internasional, selain itu kedua seri ini juga sama sama memiliki banyak ketegangan antara kelompok elit (Kekaisaran Brittanian/ Kekaisaran Mars) dengan kelompok kelas bawah (Eleven/ Terrans).

Kedua protagonis utama masing masing seri juga bisa dibilang mirip karena sama sama ahli taktik dan jenius dalam mengakali dan mengalahkan musuh mereka, keduanya juga sama sama anak SMA.

Karakter yang berasal dari "kelas bawah" namun bekerja sama dengan para elit juga terjadi di kedua seri ini (Suzaku bergabung dengan Britanian dan Slaine bergabung dengan Mars). Dan kesamaan yang paling mendasar dari kedua seri ini adalah kedua seri ini merupakan anime action mecha terbaik yang memiliki kisah yang epic.

#3. Mobile Suit Gundam 00

Anime mirip code geass
Genre: Action, Military, Sci-Fi, Space, Drama, Mecha

Anime mirip code geass ini bersetting pada abad ke-24, bahan bakar fosil planet ini telah benar-benar dikonsumsi, memaksa manusia untuk menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi utama. Sebuah sistem energi surya besar yang mengorbit planet ini akhirnya dibangun, berlabuh ke Bumi dan memberi kekuatan melalui tiga pilar ruang angkasa orbital.

Sebagai akibat dari biaya proyek berskala besar tersebut, sebagian besar dunia dikonsolidasikan ke dalam tiga faksi: Unionthe Human Reform League, dan AEU. Masing-masing sektor ini memiliki akses ke pembangkit tenaga surya, yang memberi mereka energi tanpa batas.

Akibatnya, negara-negara yang dulunya bergantung pada penjualan bahan bakar fosil kini terjerumus dalam kemiskinan, menyebabkan peperangan dan perselisihan internal selama bertahun-tahun untuk menguasai energi matahari.

Di tengah kekacauan ini, sebuah organisasi paramiliter yang dikenal sebagai "Celestial Being" bercita-cita untuk mengakhiri semua peperangan melalui intervensi bersenjata dengan menggunakan Mobile Suits yang misterius dan berteknologi canggih yang dikenal sebagai Gundam.

Mobile Suit Gundam 00 mengikuti kisah Celestial Being's Gundam Meisters Setsuna F. Seiei, Lockon Stratos, Allelujah Haptism, dan Tieria Erde. Keempat orang ini akan mengubah dunia dengan cara menghentikan perang.

Kemiripan antara Code Geass dan Gundam 00 adalah kedua anime ini sama sama menceritakan tokoh utama yang ingin menyatukan dunia/ mengubah dunia/ membuat dunia menjadi damai dengan melawan orang-orang yang memegang kendali. Kedua seri tersebut juga sama sama anime bergenre action mecha.

Kedua seri ini juga sama sama anime mecha yang dibungkus dengan genre political thriller. Di anime Code Geass mereka memiliki para ksatria hitam dan Knightmare Frames, sedangkan di anime Gundam 00 mereka memiliki Celestial Being dan robot Gundam. Selain itu kedua seri ini juga sama sama dibuat di studio Sunrise.

#2. Guilty Crown

Anime mirip code geass
Genre: Action, Sci-Fi, Super Power, Drama, Romance

Anime mirip code geass ini berlatar waktu pada tahun 2039, dimana pada saat itu Jepang telah berada dibawah kendali sebuah organisasi yang disebut GHQ, sebuah kekuatan militer independen yang didedikasikan untuk memulihkan ketertiban akibat tragedi yang dikenal sebagai "Lost Christmas" terkait dengan virus yang disebut "Apocalypse Virus" sejak 10 tahun silam.

Funeral Parlor/Undertaker, sebuah kelompok gerilya yang dipimpin oleh Gai Tsutsugami yang terkenal, bertindak sebagai pejuang kebebasan, menawarkan satu-satunya perlawanan terhadap despotisme kekejam GHQ.

Guilty Crown akan mengikuti kisah aksi seorang siswa SMA bernama Ouma Shu yang diseret ke dalam perang, bersama kekuatan supernatural di tangan kanannya yang bernama "Power of Kings" yang dapat mengekstrak alat atau senjata dari tubuh teman-temannya.

Dengan kekuatannya ini Ouma Shu akan menemukan banyak rahasia dibalik GHQ, Funeral Parlour, dan Lost Christmas. Namun, dia akan segera mengetahui bahwa kebenaran datang dengan harga jauh lebih tinggi daripada yang pernah dia bayangkan.

Kemiripan antara Code Geass dan Guilty Crown adalah kedua seri ini sama sama menceritakan tentang perang menghadapi pemerintah/negara sebagai penjahat, yang telah mendiskriminasi orang (para Eleven di Code Geass/ dan yang terinfeksi virus di Guilty Cown), sekaligus sama sama memiliki pemberontak yang dipimpin oleh tokoh utama (para Black Knights/Undertaker).

Kedua seri ini juga berpusat pada karakter utama yang masih sekolah di SMA yang tidak memiliki kekuatan apapun tiba tiba mendapatkan kekuatan khusus bernama "power of kings" dari seorang gadis yang misterius. Kedua seri ini juga sama sama anime action yang seru.

#1. Death Note

Anime mirip code geass
Genre: Mystery, Police, Psychological, Supernatural, Thriller

Anime mirip code geass yang berjudul Death Note ini menceritakan kisah tentang bagaimana buku catatan kematian Shinigami, Death Note, jatuh ke tangan Light Yagami, seorang siswa yang cerdas yang ingin membuat dunia menjadi damai. Awalnya, dia ragu menggunakan Death Note.

Tapi, ketika dia mengetahui bahwa setiap nama yang ditulis dalam buku Death Note benar benar mati, dia mulai melaksanakan rencananya untuk menghukum semua penjahat di dunia dan untuk membawa dunia ke arah yang lebih baik.

Dengan tujuan ini, dia mulai beroperasi dengan nama samaran "Kira". Tapi suatu hari, seorang yang sama misteriusnya dan juga brilian yang datang dengan nama "L" muncul untuk menantangnya dalam permainannya sendiri.

Kemiripan antara Code Geass dan Death Note adalah kedua tokoh utama ini sama sama genius yang sama sama memiliki kekuatan khusus. Dalam seri Code Geass, Lelouch memiliki kekuatan Geass sedangkan dalam seri Death Note, Light Yagami memiliki kekuatan buku kematian Death Note.

Selain memiliki cita-cita yang sama dan mencoba mengubah dunia menjadi lebih baik atas nama keadilan, kedua tokoh utama masing masing seri ini juga bertindak lebih mirip sebagai penjahat di banding dengan pahlawan. Meskipun begitu kedua karakter ini memiliki tujuan yang baik meski dengan cara yang menyimpang.

Selain sama sama menjadi karakter anti hero yang sangat populer, kedua karakter ini juga melakukan aksinya atas nama samaran, Light Yagami sebagai "Kira", sedangkan Lelouch sebagai "Zero". Keduanya juga sama sama ahli strategi yang siap sedia memutar otak mereka.

Baca Juga: 12 Anime Mirip Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Nah itu dia Anime mirip code geass versi Gugenkatsu. Jika kamu tau anime mirip Code Geass lainnya yang belum tertulis didalam list ini silahkan diskusikan di kolom komentar ya.

Jangan lupa ikuti kami di jejaring sosial lainnya untuk mendapat info menarik seputar dunia anime secara terupdate

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama