21 Anime Romance Terbaik Dengan Kisah Paling Epic

Gugenkatsu - Setelah sebelumnya kita membahas rekomendasi anime sport, kali ini gugenkatsu akan share lagi nih rekomendasi anime, tapi kali ini dengan genre yang berbeda, yaitu anime romance. Buat kamu yang ga terlalu seneng dengan genre anime romance ga ada salahnya untuk mencoba beberapa anime yang akan gugenkatsu share kali ini.

anime romance terbaik
Siapa tau setelah kamu nonton anime berikut ini kamu jadi sedikit menyukai genre anime romance, nah buat yang udah ga sabar, berikut adalah daftar rekomendasi anime romance terbaik versi gugenkatsu yang telah kami rangkum. Anime apa saja itu? berikut adalah listnya.

Daftar Anime Romance Terbaik


#1. Shigatsu wa Kimi no Uso

anime romance terbaik
Anime romance terbaik ini menceritakan tentang kisah seorang pianis berbakat bernama Arima Kousei yang selalu mendominasi berbagai kompetisi, dan semua musisi anak tahu namanya. Tapi setelah ibunya yang juga instrukturnya dalam bermain piano meninggal dunia, dia tiba-tiba mengalami gangguan mental saat tampil di suatu acara yang mengakibatkan dia tidak bisa lagi mendengar suara piano yang ia mainkan meski pendengarannya baik-baik saja.

Bahkan dua tahun kemudian, setelah kejadian itu, Kousei belum menyentuh piano sama sekali dan hanya menikmati hari-harinya yang monoton, dan tanpa warna apapun. Dia merasa puas menjalani hidup dengan teman baiknya Tsubaki dan Watari. Sampai suatu hari, seorang gadis mengubah segalanya. Ia bertemu dengan Kaori Miyazono, seorang pemain biola cantik yang penuh semangat ini tiba-tiba masuk kedalam kehidupan Kousei dan membantunya kembali kedalam dunia musik.

#2. Ao Haru Ride

anime romance terbaik
Yoshioka Futaba adalah seorang perempuan yang cantik dan populer dikalangan pria di SMP nya, dan karena hal itulah dia dijauhi oleh teman-teman wanitanya. Karena hal itu juga, Futaba menjadi membenci laki-laki karena menurutnya semua laki-laki itu selalu mengganggunya. Namun tidak dengan teman sekelasnya yang bernama Tanaka Kou. Futaba dan Tanaka pernah bertemu di kuil saat berteduh dari hujan, hal itu membuat mereka menjadi dekat dan saling menyukai satu sama lain.

Suatu hari Tanaka Kou berniat untuk mengajak Futaba untuk menikmati festival musim panas bersama. Tentu saja Futaba menerima itu dan sangat senang. Namun suatu kesalah pahaman karena perbuatan Futaba menyebabkan Tanaka tidak datang pada malam itu. Bahkan keesokan harinya Tanaka tidak masuk sekolah, sekolah menyatakan bahwa Tanaka pindah dari sekolah. Hal itu adalah penyesalan bagi Futaba.

Sekarang saat SMA, Futaba berniat untuk memulai hidup baru. Ia bahkan membuat dirinya tidak feminim agar dirinya tidak populer saat SMA dengan tujuan dapat mempunyai teman wanita. Saat akan memulai hidup baru dan ingin melupakan penyesalannya saat SMP, munculah pria yang tidak asing baginya. Tanaka Kou, ternyata memasuki SMA yang sama dengan dirinya.

#3. Golden Time

anime romance terbaik
Anime romance terbaik ini akan menceritakan Tada Banri, seorang siswa laki-laki yang baru diterima di sebuah sekolah hukum swasta di Tokyo. Karena sebuah kecelakaan dan terjatuh dari jembatan ketika SMA, dia telah mengalami amnesia dan kehilangan semua ingatannya.

Saat ia tersesat setelah upacara pembukaan, dan mencoba menemukan jalan menuju tempat orientasi mahasiswa baru. Saat itulah, ia bertemu dengan mahasiswa baru lain yang sama-sama tersesat bernama Yanagisawa Mitsuo. Saat mereka bergegas menuju tempat tujuan yang mereka inginkan, mereka bertemu dengan seorang wanita cantik yang selalu mengejar-ngejar Mitsuo bernama Kaga Kouko, dari sinilah kisah cinta antara Kaga Kouko bersama Tada Banri dimulai.

#4. Clannad Series

anime romance terbaik
Anime romance terbaik ini merupakan salah satu anime yang berasal dari video game, Clannad menceritakan tentang kehidupan sehari-hari seorang murid SMA kelas 3 bernama Tomoya Okazaki yang dianggap nakal oleh orang-orang.

Suatu hari saat berjalan kesekolah, Tomoya bertemu dengan gadis yang sedang bergumam pelan, dan hal itu menarik perhatian Tomoya. Tomoya segera menghampiri gadis itu dan mengetahui bahwa gadis itu bernama Furukawa Nagisa. Kedekatan keduanya mulai terlihat setelah Tomoya mengetahui bahwa Nagisa adalah orang yang tidak memiliki teman dan selalu tinggal kelas karena suatu penyakit.

#5. Angel Beats

anime romance terbaik
Angel Beats bercerita tentang Otonasi Yuzuru, seorang pemuda yang terbangun di dunia afterlife dalam keadaan lupa ingatan. Disana dia bertemu dengan Nakamura Yuri (Yurippe) yang sedang memegang senapan dan bersiap untuk menembak seorang gadis berambut silver yang bernama Tachibana Kanade.

Yurippe pun langsung menghasut Yuzuru agar dia mau bergabung dengan ‘Shinda Sekai Sensen’ untuk melawan gadis tersebut, yang dianggapnya sebagai Tenshi (Malaikat). Tak percaya dengan perkataan Yurippe, Yuzuru pun mencoba untuk berbicara dengan gadis cantik tersebut.

Alhasil, hal yang tidak diinginkan pun terjadi. Gadis tersebut malah menusuk Yuzuru dengan Hand Sonic miliknya. Setelah insiden tersebut, Yuzuru pun memutuskan untuk bergabung dengan Shinda Sekai Sensen sambil mencari tahu tentang dunia yang serba misterius ini.

#6. Nisekoi

anime romance terbaik
Anime romance terbaik ini akan berfokus pada seorang anak dari pemimpin Yakuza bernama Raku Ichijo, 10 tahun yang lalu ia pernah membuat janji pada teman masa kecilnya bahwa suatu saat nanti ia akan menikahinya. Satu-satunya hal untuk menepati janji itu adalah si gadis diberi kunci untuk membuka sebuah liontin milik Raku. Kini pada saat SMA, ternyata gadis yang memiliki kunci untuk membuka liontin itu lebih dari satu orang. Namun dari sekian banyak gadis itu hanya ada satu orang yang memegang kunci yang dapat membuka liontinnya.

#7. Sakurasou no Pet na Kanojo

anime romance terbaik
Setelah diusir dari asrama sekolahnya karena ingin menjaga seekor kucing liar, Sorata Kanda dipindahkan ke Asrama Sakura, yaitu sebuah asrama yang disebut sebagai sarangnya orang bermasalah. Saat mulai terbiasa dengan kehidupan di asrama tersebut, Mashiro Shiina, seorang seniman terkenal dunia yang tidak bisa mengurus dirinya sendiri masuk kedalam asrama sakura. Tak lama kemudian Sorata dipaksa untuk mengurus Mashiro. Dan cerita tentang kehidupan sehari-hari mereka akan dimulai dari asrama ini.

#8. Ano Hana

anime romance terbaik
Sekelompok teman masa kecil terpecah belah setelah salah satu anggotanya, Meiko "Menma" Honma, meninggal karena kecelakaan. Beberapa tahun kemudian, pemimpin kelompok tersebut, Jinta Yadomi, menjadi seorang penyendiri, tidak bersekolah dan hidup sebagai pertapa.

Suatu hari di musim panas, hantu Menma muncul di sampingnya dan memintanya untuk mengabulkan keinginannya, karena ia tidak bisa pergi ke akhirat sampai hal itu terpenuhi. Awalnya, Jinta hanya mencoba membantu sebisanya karena menurutnya dia berhalusinasi.

Tapi karena Menma tidak ingat apa keinginannya, Jinta akhirnya mengumpulkan teman-temannya bersama sekali lagi, karena ia yakin bahwa mereka adalah kunci untuk menyelesaikan masalah ini. Namun, keadaan bertambah rumit saat teman-temannya menuduhnya berbohong karena Jinta adalah satu-satunya yang bisa melihat hantu Menma.

#9. Bokura wa Minna Kawaisou

anime romance terbaik
Usa Kazunari, seorang siswa yang mulai masuk ke SMA, di kehidupan SMAnya, kini dia berencana untuk hidup mandiri dan mencari ketenangan. Saat disekolah, tepatnya di perpustakaan, dia bertemu dengan kakak kelasnya, yang membuatnya tertarik, dia adalah Kawai Ritsu.

Saat Kazunari pulang sekolah, dia hendak pergi ke tempat dia tinggal sekarang, yaitu kos kosan, kos tersebut bernama Kawaisou, sesampainya di Kawaisou, ia baru menyadari bahwa Kos kosan ini merupakan tempat yang dipenuhi oleh orang orang unik nan aneh, tapi saat dirinya berada disana, dia menyadari bahwa Kawai Ritsu juga tinggal di tempat ini.

#10. Tasogare Otome x Amnesia

anime romance terbaik
Ceritanya berkisar pada siswa sekolah menengah pertama, Teiichi Niiya yang baru saja mendaftar di Seikyou Private Academy. Ketika dia tersesat di salah satu bangunan tua sekolah tersebut, dia bertemu dengan seorang gadis bernama Yuuko Kanoe yang mengungkapkan dirinya sebagai hantu tanpa kenangan.

Teiichi kemudian memutuskan untuk menyelidiki kematiannya dengan melihat melalui tujuh misteri sekolah yang ada di sekelilingnya. Sepanjang cerita, Teiichi dan Yuuko menemukan kebenaran tentang kisah-kisah hantu ini sambil membantu orang-orang yang bermasalah. Bisa dibilang anime ini menceritakan kisah cinta beda dunia.

#11. Bakuman

anime romance terbaik
Kalau anime romance terbaik yang satu ini ceritanya cukup unik. Karena seri ini akan menceritakan tentang dunia mangaka dan juga pengisi suara. Sang karakter utamanya bernama Mashiro Moritaka, ia adalah seorang mangaka yang menyukai teman sekelasnya yang bernama Azuki Miho.

Cerita utamanya akan mengisahkan Azuki dan Mashiro, yang saling menyukai dan ingin menikah jika impian dan janji mereka telah tercapai. Tepatnya, saat Manga buatan Mashiro telah diadaptasi menjadi serial anime dan Azuki menjadi Seiyuu/ pengisi suara di Anime tersebut.

#12. Toradora

anime romance terbaik
Nah kalau anime romance terbaik yang satu ini kisahnya akan menceritakan cinta yang salah alamat pada episode awalnya. Awalnya Taiga ingin menyatakan cintanya kepada orang yang ia suka bernama Kitamura Yuusaku, dengan cara memasukan surat cintanya ke dalam tas miliknya.

Tapi ternyata surat yang ia tulis itu malah masuk ke dalam tas sang tokoh utama bernama Takasu Ryuuji yang juga salah satu sahabat Kitamura. Karena takut rahasianya terbongkar, Taiga menyusup masuk ke rumah Ryuuji untuk mengambil kembali surat itu dan membuat Ryuuji menutup mulutnya.

Karena sama sama tidak memiliki pengalaman dalam hal percintaan, akhirnya Ryuuji mengatakan rahasianya kepada Taiga, bahwa dia juga menyukai sahabatnya yang bernama Kushieda Minorin. Dan karena sudah mengetahui rahasia masing-masing, akhirnya mereka berdua memutuskan bekerjasama untuk mendapatkan tambatan hati mereka masing masing.

#13. Honey and Clover

anime romance terbaik
Mirip anime Golden Time, anime romance terbaik ini juga mengisahkan kisah percintaan di masa kuliahan. Honey and Clover ini ceritanya mengisahkan tentang 3 mahasiswa disebuah kampus di Tokyo mereka adalah Takumi Mayama, Yuuta Takemoto, dan Shinobu Morita yang tinggal bareng di satu kosan

Suatu hari seorang profesor memperkenalkan mereka dengan seorang gadis bernama Hagumi Hanamoto. Akibat perkenal ini Takemoto dan Morita sama-sama jatuh cinta kepada Hagu. Selain itu, mereka juga bertemu dengan seorang gadis bernama Ayumi Yamada yang begitu jatuh hati kepada Mayama. Tapi Mayama malah jatuh cinta kepada seorang bernama Rika Harada.

Dan kisah utama anime ini akan menceritakan kisah cinta segi tiga antara Takemoto-Hagu-Morita dan Mayama-Ayu-Rika. Kisah di Honey and Clover ini menyuguhkan konflik-konflik cinta yang berkualitas, yang sangat jarang ditemukan di film Anime romance lainnya.

#14. Kaichou wa Maid-sama!

anime romance terbaik
Kalau anime romance terbaik yang satu ini sih bercerita tentang seorang siswi bernama Ayuzawa Misaki seorang ketua OSIS di sebuah sekolah yang mayoritas siswanya adalah laki-laki. Karena saking galaknya dan suka memarahi lelaki yang bandel, Misaki di juluki "ketua iblis" oleh para lelaki disekolahnya.

Suatu hari, seorang siswa bernama Usui Takumi yang juga sama sama bersekolah di sekolahnya mengetahui bahwa setiap pulang sekolah, Misaki selalu bekerja paruh waktu sebagai "maid" di sebuah restoran. Takut rahasianya ini terbongkar Misaki menjadi gelisah, karena reputasinya sebagai ketua OSIS yang galak bisa hancur.

#15. Nagi no Asukara

anime romance terbaik
Nah kalau anime romance terbaik yang satu ini sih menceritakan manusia yang hidup di beda alam. Yang satu manusia yang hidup di darat yang satunya lagi manusia yang hidup di dalam laut. Ceritanya akan berfokus pada Hikari, Manaka, Kaname dan Chisaki.

Suatu hari karena sebuah alasan tertentu, sekolah lautan mendadak ditutup dan mereka harus pergi ke SMP yang ada di daratan untuk melanjutkan sekolahnya. Tapi seiring berjalannya waktu, mulai banyak manusia bawah laut dari mereka yang meninggalkan laut dan memilih hidup di daratan. Karena hal itu perlindungan dari dewa "Ena" membuat mereka tidak bisa bernafas di dalam air.

#16. Chuunibyou Demo Koi ga Shitai!

anime romance terbaik
Punya cerita yang ga kalah gokilnya dengan Sakurasou no Pet na Kanojo, anime romance terbaik ini juga punya cerita romance yang bikin gemes. Di filmnya, sang karakter utama bernama Togashi Yuuta seorang siswa SMP yang mengidap penyakit aneh bernama Chuunibyou. Yaitu sebutan untuk orang yang ga malu untuk mewujudkan khayalannya di tempat umum.

Tapi lama kelamaan, Yuuta merasa malu dengan tingkah dan aksi konyolnya yang sering ia lakukan. Saat masuk SMA ia memilih untuk mencari sekolah yang jauh dari rumahnya, supaya tidak bertemu lagi dengan teman-temannya di masa SMP.

Apesnya, di SMA barunya ini Yuuta malah bertemu dengan siswi bernama Takanashi Rikka yang punya Chuunibyou lebih para dari dirinya. Dan yang lebih para lagi, ternyata Yuuta dan Rikka, adalah tetanggaan.

#17. White Album 2

anime romance terbaik
Kalau anime romance terbaik yang ini sih mengisahkan tentang cinta segitiga antara Haruki Kitahara, Ogiso Setsuna dan Touma Kazusa. Awalnya Haruki sedang mencari orang untuk bergabung dengan klub musiknya supaya bisa ikut festival sekolah di tahun terakhirnya.

Walaupun sulit untuk menemukan orang yang mau ikut klubnya ini, ia tidak mau menyerah dan memutuskan untuk berlatih bermain gitar seorang diri. Tapi suatu hari, setiap ia pulang sekolah sebuah melodi piano dan suara yang merdu ikut mendampingi permainan gitarnya.

Dan setelah mengetahui kedua orang yang selalu membantunya untuk berlatih sehabis sekolah ini, akhirnya mereka direkrut oleh Haruki dan bergabung dengannya. Tapi semenjak mereka bertiga semakin mengenal satu sama lain dan semakin dekat, ketiganya malah mengalami situasi cinta segitiga yang berakhir dengan tikung menikung.

#18. Kimi no Na Wa

anime romance terbaik
Kalau kamu suka dengan anime yang cerita romancenya bagus, pasti sudah ga asing lagi dong dengan salah satu anime movie romance terbaik ini. Yap, kimi no na wa alias your name ini adalah anime romance terbaik selanjutnya.

Memiliki kisah drama yang ga berbelit dan ceritanya juga sangat menarik, kimi no na wa alias your name ini menceritakan tentang Mitsuha yang tinggal di desa sementara Taki tinggal di kota. Suatu hari, mereka berdua mengalami fenomena aneh, yaitu tubuh mereka berdua saling tertukar.

Awalnya mereka mengira bahwa ini hanya mimpi, tapi semenjak kejadian ini terus terjadi berulang kali akhirnya mereka sadar bahwa keduanya telah bertukar tubuh. Semenjak saat itu mereka membuat perjanjian untuk di patuhi jika mereka bertukar tubuh kembali.

Tapi suatu hari saat mereka menjalani aktifitasnya seperti biasa, pertukaran tubuh ini berhenti dan tidak terjadi lagi. Untuk mencari dan bertemu dengan Mitsuha, Taki memutuskan pergi dari tokyo ke desa Mitsuha untuk menyatakan cintanya.

#19. Violet Evergarden

anime romance terbaik
Menjadi salah satu anime terbaik di musim winter 2018, film romance berunsur military romance ini menceritakan tentang seorang perempuan yang sedari kecil hanya bergerak jika ia diperintah bernama Violet Evergarden. Suatu hari dimedan perang ada kata-kata yang Violet dengar dan tak bisa dilupakannya.

Kata-kata ini diucapkan oleh orang yang berharga baginya lebih dari apa pun dan pada saat saat terakhir denganya orang itu mengatakan "aku mencintaimu". Setelah perang besar ini telah berakhir, rakyat pun menyambut era baru.

Violet kini tengah dirawat di sebuah tempat yang jauh dari medan perang dan memulai hidupnya untuk bekerja sebagai penulis surat yang dapat menuangkan berbagai perasaan orang bernama "Auto Memories Dolls". Dan demi mencari apa arti kata "aku mencintamu" Violet memutuskan bekerja disana untuk mempelajari emosi manusia yang terkadang berbalik dengan apa yang mereka ucapkan.

#20. Plastic Memories

anime romance terbaik
Ceritanya bersetting jauh di masa depan, kini manusia tengah hidup berdampingan dengan android mirip manusia bernama Giftia. Giftia ini memiliki ingatan serta emosi layaknya manusia tapi bedanya mereka hanya memiliki masa hidup 81.920 jam (sekitar 9 tahun 4 bulan).

Anime romance terbaik berjudul plastic memories ini cerita utamanya mengisahkan Tsukasa Mizugaki yang bekerja di sebuah Terminal Service untuk menghapus ingatan para Giftia yang hampir mencapai akhir masa hidup mereka, dan ia ditugaskan bersama seorang Giftia bernama Isla.

Semenjak bertemu, Tsukasa sudah menyimpan rasa pada Isla dan keduanya pun memiliki rasa yang sama. Meskipun Tsukasa bersikukuh untuk selalu berada di samping Isla, tapi di samping itu Tsukasa tidak menyadari bahwa masa hidup Isla tidak lebih dari beberapa bulan lagi saja.

#21. Akagami no Shirayukihime

anime romance terbaik
Meskipun namanya berarti "salju putih", Shirayuki adalah gadis berambut merah yang tinggal di negara Tanbarun yang bekerja dengan rajin sebagai apoteker di toko obat. Hidupnya berubah drastis ketika dia diperhatikan oleh pangeran Tanbarun yang kemudian mencoba memaksanya menjadi selirnya.

Tidak ingin hidupnya dikekang, Shirayuki memutuskan memotong rambut merah panjangnya dan kabur ke hutan, di mana dia diselamatkan oleh Zen Wistalia, pangeran dari negara tetangga bersama dua pengawalnya. Berharap bisa melunasi utangnya kepada orang yang menyelamatkannya ini, Shirayuki memutuskan mengejar karirnya sebagai ahli tanaman obat di negara Zen.

Baca Juga: Anime Paling Populer Sepanjang Tahun 2016

Nah itu dia beberapa rekomendasi anime romance terbaik yang jangan sampai kamu lewatkan, jika kamu punya rekomendasi anime romance lainnya jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar ya.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama