22 Anime Tentang Game Terbaik Dari Yang Bersetting Hingga Terjebak Di Dunia Game

anime tentang game terbaik

Gugenkatsu - seperti anime SAO (Sword Art Online) biasanya selalu menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta anime ya. Selain mengisahkan tentang dunia game, anime seperti ini biasanya mempunyai cerita yang unik, epic, dan tentunya kisahnya sangat dinanti nanti oleh para gamer maupun para anime lover.

Karena saking populernya anime SAO juga, kini banyak sekali anime yang bisa dikatakan memiliki plot cerita tentang dunia game, baik yang menceritakan kisah seorang gamer, dunia anime yang segalanya di tentukan oleh game, bahkan hingga sang karakter utama animenya terjebak di dunia game juga ada loh.

Nah berhubung anime tentang dunia game seperti ini sudah mulai menjamur dan banyak sekali serinya, dikesempatan kali ini Gugenkatsu akan membahas nih sederetan anime tentang game terbaik.

Mulai dari anime yang bersetting di dunia game hingga anime bergenre game virtual reality, berikut adalah beberapa daftar anime bertema game terbaik versi Gugenkatsu.

Daftar Anime Tentang Game Terbaik


#22. D-Frag

anime tentang game terbaik

Penuh dengan banyak aksi kocak dan juga komedi yang gurih, cerita anime tentang game terbaik ini berpusat pada murid nakal bernama Kazama Kenji. Suatu hari ia berniat mengganggu klub-klub di sekolahnya agar meningkatkan reputasinya.

Tapi saat melancarkan aksinya ia malah tak sengaja ia melihat kobaran asap yang berasal dari salah satu klub, ternyata telah terjadi kebakaran di dalam ruangan Klub Pembuat Game. Saat Kazama memadamkan apinya, ia malah disekap dan diancam oleh para anggota Klub Pembuat Game dan dipaksa bergabung bersama mereka

#21. Kakegurui

anime tentang game terbaik

Anime tentang game terbaik ini ceritanya cukup unik. Kenapa bisa begitu? disini animenya bercerita tentang sebuah sekolah dengan kurikulum yang sangat aneh. Akademi Swasta Hyakkaou merupakan tempat para siswa orang kaya berkumpul.

Di tempat ini kecerdasan dan tubuh yang altetik bukanlah hal menonjol, Tapi, permainan perjudian yang akan membuat orang dipandang disekolah ini. Disini para pemenang akan berkuasa seperti raja dan orang yang kalah bisa terpuruk hingga menjadi hewan peliharaan.

#20. Quanzhi Gaoshou

anime tentang game terbaik

Perlu kamu ketahui, anime tentang game terbaik ini merupakan film garapan studio China. Kisahnya sendiri menceritakan seorang player game MMORPG "Glory" yang terkenal dengan julukan dewa perang bernama Ye Xiu.

Meskipun permainnya sudah tidak diragukan lagi, tapi karena suatu alasan, ia dikeluarkan dari timnya. Semenjak saat itu, ia mulai memilih bekerja di sebuah cafe internet dan pensiun dari dunia game. Tapi, saat game "Glory" meluncurkan server baru yang kesepuluh, Ye Xiu memutuskan kembali memainkan game ini.

#19. Hack Series

anime tentang game terbaik

Anime tentang game terbaik ini ceritanya mengisahkan seseorang bernama Tsukasa, yang sedang memainkan sebuah game bernama "The World". Suatu ketika saat ia ingin keluar dari game ini, tiba-tiba ia tidak bisa log out dan terjebak di dalam dunia game yang ia mainkan.

Selain itu, ia juga tiba-tiba tidak bisa mengingat apapun. Satu-satunya hal yang bisa ia lakukan sekarang hanyalah menjelajahi dunia game ini untuk mencari tau kenapa ia bisa terjebak disana dan menemukan jalan keluar untuk kembali kedunia asalnya.

#18. Ragnarok the Animation

anime tentang game terbaik

Ragnarok the Animation merupakan anime yang diadaptasi dari game MMORPG online bernama Ragnarok Online. Mulai dari alur cerita, aksi, sihir serta musuh dan monster yang ada di dalam film ini mirip sekali dengan gamenya. Ceritanya sendiri berfokus pada seorang anak bernama Roan, yang ingin menjadi kuat, agar bisa melindungi gadis yang dicintainya bernama Yuffa.

#17. C: The Money of Soul and Possibility Control

anime tentang game terbaik

Film anime tentang game terbaik ini berlatar di Jepang yang sedang dilanda krisis ekonomi terburuk sepanjang sejarah, banyak orang yang mempertaruhkan segalanya hanya untuk mendapatkan uang. Semenjak saat itu, kehidupan di Jepang menjadi sangat kacau.

Ceritanya berfokus pada seorang anak bernama Kimimaro yang ingin hidup kaya dan terhindar dari kemiskinan. Untuk mendapatkan banyak uang, ia pergi ke sebuah tempat bernama Financial District, yaitu tempatnya untuk mendapatkan uang dengan mudah hanya dengan bertarung.

#16. Ixion Saga DT

anime tentang game terbaik

Anime tentang game terbaik selanjutnya yaitu adalah Ixion Saga DT. Ceritanya sendiri mengisahkan seorang gamer bernama Hokaze Kon. Karena ia hanyalah seorang pengangguran, kesehariannya hanya selalu diisi oleh bermain game.

Suatu hari, ia mendapat misi dari game yang ia mainkan, setelah menyetujui untuk melakukan misi dari game ini, tiba-tiba ia masuk kedalam gamenya dan Kon langsung berada di tengah-tengah pasukan yang sedang mengejar seorang putri. Semenjak datang kedunia bernama "Mira" ini kini hidupnya selalu terlibat dengan berbagai masalah.

#15. Danmachi

anime tentang game terbaik

Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka atau yang sering disingkat menjadi "DanMachi" ini bercerita tentang sebuah kota yang terdapat sebuah labirin bernama "Dungeon", tempat ini merupakan sarangnya monster untuk berburu bagi para penjelajah

Di dalam tempat ini para penjelah bisa mendapatkan banyak uang dengan cara menjual item yang didapat dari hasil menghabisi para monster. Cerita anime tentang game terbaik ini berfokus kepada seorang anak muda bernama Bell Cranel, dalam perjalannya ia ditemani oleh seorang dewi bernama Hestia.

#14. Mirai Nikki

anime tentang game terbaik

Mirai Nikki adalah salah satu Anime action battle royal terbaik yang ada hingga saat ini. Ceritanya menceritakan seorang dewa waktu bernama Deus yang akan segera hancur dan ia menciptakan sebuah game survival untuk mencari penggantinya.

Disini sang pemenang akan dihadiahi menjadi dewa menggantikan Deus. Cerita anime tentang game terbaik ini berfokus kepada seorang lelaki bernama Amano Yukiteru. Suatu hari, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Yuno Gasai. Sejak pertemuan ini, ia mulai terlibat dengan serangkaian pembunuhan yang akan menjadikannya calon penganti dewa Zeus.

#13. Summer Wars

anime tentang game terbaik

Anime tentang game berudul Summer Wars ini menceritakan seseorang bernama Koiso Kenji, ia memiliki kehebatan dalam matematika dan telah bekerja sebagai pekerja paruh waktu bagian moderator di simulasi komputer virtual reality bernama OZ.

Suatu malam, Kenji menerima e-mail dengan kode matematika dan berhasil memecahkannya. Tapi tak lama setelah itu, sebuah sistem kecerdasan buatan di OZ bernama "Love Machine" mencuri akun Kenji dan avatarnya menyerang sistem penting OZ lainnya.

Untuk menghentikan masalah ini dia harus berusaha dalam mengembalikan sistem tersebut seperti semula. Perjuangan Kenji untuk mengembalikan sistem tersebut seperti semula pun berlangsung menarik dan penuh momen menegangkan.

#12. Hai to Gensou no Grimgar

anime tentang game terbaik

Anime tentang game terbaik berikutnya ini bercerita tentang kumpulan orang yang berada di dunia fantasi, mereka sebelumnya tidak mengingat apapun termasuk masa lalunya, yang diingat oleh mereka hanyalah namanya.

Pusat ceritanya menceritakan kisah dari seseorang pemuda yang bernama Haruhito yang kini berada di dunia fantasi bernama Grimgar. Ia dan orang yang juga terjebak didunia ini harus bertahan hidup sambil bertarung melawan makhluk jahat. Disana mereka harus berjuang dengan cara mencari bebagai item maupun monster yang dapat dijual.

#11. Hunter x Hunter 2011: Arc Greed Island

anime tentang game terbaik

Walaupun Hunter X Hunter termasuk kedalam anime genre action adventure, tapi seri shounen yang mengisahkan Gon untuk mecari ayahnya ini juga tergolong anime tentang game, ya walaupun hanya sebagian arcnya saja.

Hunter X Hunter kisahnya menceritakan Gon, seorang anak yang ingin mencari dan mengikuti jejak ayahnya sebagai seorang Hunter Pro. Dan untuk mencari jejak sang ayah yang ternyata identitas serta informasi tentang dirinya lebih berharga dari para pejabat negara, Gon akan mencarinya kedalam sebuah game bernama Greed Island.

#10. Danganronpa The Animation

anime tentang game terbaik

Bisa dibilang anime psychological thriller seperti ini Danganronpa The Animation ini juga memiliki unsur game didalamnya. Kalau melihat dari sisi genre seri seperti ini akan mengisahkan cerita yang gelap, beda halnya dengan Konosuba yang memiliki kisah yang lebih cerah.

Cerita anime tentang game terbaik berikutnya ini bersetting di sebuah sekolah elit bernama Hope's Peak Academy (Kibougamine Gakuen/ sekolah super harapan). Makoto Naegi mendapat undangan dan dia telah terdaftar di sekolah ini

Dalam pikirannya, sekolah itu adalah sekolah yang penuh dengan hal yang indah dan membawa keceriaan dan juga harapan. Tapi setelah Naegi masuk kedalam sekolah ini, tiba-tiba kegelapan terasa mencekam, dan di saat itu pula kehidupan damainya sirna.

Sekolah yang dipimpin oleh seekor beruang bernama Monokuma ini mengatakan bahwa semua siswa diharuskan hidup di sekolah tersebut untuk selamanya, dan barang siapa yang ingin meninggalkan sekolah itu, ia harus memainkan sebuah game dengan cara membunuh salah seorang teman kelas mereka.

Peraturannya, mereka tidak boleh sampai ketahuan melakukan aksinya, alias pembunuhan sempurna. Para siswa yang lain akan diberi kesempatan dalam beberapa hari untuk menemukan pelakunya dan apabila sudah selesai melakukan investigasi, akan diadakan sidang.

Bila siswa lain menebak dengan benar siapakah pelakunya, maka sang pembunuh akan langsung dieksekusi. Tapi bila sang pembunuh berhasil lolos dari tuduhan yang mengarah padanya, dan ada siswa lain menuduh orang yang salah, maka dia yang menuduh orang yang salah tadi akan dieksekusi. Dan darisinilah dimulai kehidupan SMA yang mencekam.

#9. Btooom!

anime tentang game terbaik

Di posisi selanjutnya, anime tentang game terbaik berjudul Btooom! ini mengangkat sebuah konsep survival game di mana para pemainnya dituntut untuk mempertaruhkan nyawanya di dunia nyata. Dan ceritanya akan mengisahkan sang karakter utama bernama Ryota Sakamoto.

Lelaki berusia 22 tahun ini adalah seorang pengangguran yang setiap harinya hanya bisa menghabiskan waktunya untuk bermain game online bernama Btooom!. Dalam game ini para pemainnya hanya diberi bom sebagai senjata utamanya, selain itu para playernya juga bisa menggunakan radar untuk mengetahui posisi musuh saat mereka berada di luar jarak pandang.

Dan kisahnya sendiri dimulai saat ia terbangun dari tidurnya, Ryota tiba tiba berada di sebuah hutan di pulau terpencil. Seingatnya dia sedang asik bermain game Btooom! dan entah kenapa ia kini ada di dalam hutan.

Saat dirinya meminta bantuan pada orang yang ada dipulau ini, Ryota malah dilempari oleh bom. Tak lama setelah kejadian ini, Ryota menyadari bahwa dirinya kini berada di dunia game Btooom! versi nyata. Entah apa tujuannya dan siapa orang yang mengirimnya ke pulau ini, kini Ryota mau tak mau harus mengikuti survival game ini untuk bertahan hidup.

#8. Konosuba (Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!)

anime tentang game terbaik

Konosuba merupakan salah satu anime isekai terbaik yang ada hingga saat ini. Film ini sendiri mengisahkan kisah konyol sang karakter utama yang tadinya mengharap sebuah perjalanan yang epic. Tapi ekspektasinya malah berbalik 180 derajat dari apa yang ia bayangkan.

Kisahnya sendiri sangat gokil, sang karakter utama bernama Kazuma Satou, ia adalah seorang hikikomori yang setiap harinya suka bermain game. Suatu hari saat ia keluar rumah, ia mengalami nasib sial dan mati karena kaget ga jelas.

Namun ketika ia bangun, seorang gadis cantik yang mengaku sebagai dewi bernama Aqua menawarkan kesempatan pada Kazuma, ia dikirim ke surga atau hidup kembali di dunia fantasy seperti game RPG. Tentu saja Kazuma memilih untuk pergi kedunia fantasy karena ia sangat mengharapkan hal seperti ini.

Sebelum dikirim ke dunia fantasy untuk mengalahkan raja iblis, ia diberi satu pilihan untuk membawa hal yang ia inginkan kedunia barunya ini seperti pedang legendaris atau item langka lainnya. Namun karena sikap sang dewi sangat ngeselin, Kazuma malah memutuskan untuk membawa dirinya kedalam dunia barunya dan berharap ia bakal berguna untuk melawan para musuh.

Dan kini saat dirinya akan memulai petualangan baru di dunia fantasy impiannya, tak lama setelah mereka tiba disana Kazuma menyadari bahwa dewi yang ia bawa merupakan produk gagal yang ga guna.

Berharap bisa melakukan banyak aksi dan dipuji oleh banyak wanita, kini Kazuma malah harus banting tulang kerja serabutan serta tinggal di kandang kuda karena ulah sang dewi.

#7. Overlord

anime tentang game terbaik

Anime bergenre game virtual reality buatan Kugane Maruyama ini bisa dibilang mirip anime SAO. Kenapa bisa begitu? Karena sang karakter utama dalam anime ini juga sama sama terjebak di dalam sebuah game VR.

Ceritanya sendiri bermula pada tahun 2138, Sebuah game populer bernama Yggdrasil akan melakukan penutupan pada gamenya. Tapi sang tokoh utama bernama Momonga dalam seri ini tidak ingin meninggalkan game ini karena saking cintanya.

Suatu hari ketika game ini sudah mencapai batas waktu yang ditentukan dan timer dalam game sudah menunjukan detik detik terakhir sebelum melakukan penutupan servernya, Momonga malah tertidur di dalam gamenya saat ia sedang bernostagia.

Dan saat dirinya terbangun, kini Momonga malah terjebak didalam game dan tidak bisa menemukan tombol log out. Bersamaan dengan itu, kini para NPC (karakter non pemain) memiliki emosi layaknya manusia pada umumnya.

Terjebak seorang diri dalam game yang ia cintai ini, kini Momonga pun berusaha untuk mengambil alih dunia game yang baru ini dan mencari apakah masih ada orang yang juga sama sama terjebak di dunia game seperti dirinya.

#6. Death Parade

anime tentang game terbaik

Anime tentang game terbaik berikutnya ini menceritakan tentang sebuah game yang dilakukan setelah mati. Beberapa orang tiba-tiba berada di sebuah bar misterius bernama Quindecim. Yap disini kisahnya akan menceritakan tentang apakah orang yang datang ke bar ini akan bereinkarnasi, atau jatuh kedalam kehampaan yang kekal.

Kisahnya sendiri cukup unik, dalam bar tersebut, seorang bartender bernama Decim ini akan membuat sebuah pertandingan acak yang akan mengungkap kenapa mereka bisa mati. Awalnya, orang yang datang ke bar akan hilang ingatan.

Namun perlahan tapi pasti, ingatan mereka akan kembali kesediakala dan mulai mempengaruhi emosi saat bermain game. Tapi bukan menang dan kalah yang jadi intinya, melainkan game ini akan memperlihatkan sifat sejati para orang yang datang kesini.

Mereka akan bereinkarnasi atau di kirim ke dalam kehampaan akan di tentukan oleh sifat sejati mereka dan juga juri bernama Decim ini.

#5. Log Horizon

anime tentang game terbaik

Selain SAO, Log Horizon juga merupakan anime yang menceritakan tentang terperangkap di dunia game. Dan kisahnya menceritakan tentang sebuah game fantasy online bernama Elder Tale. Ceritanya sendiri bermula saat gamenya melakukan update ekspansi yang ke 12.

Ketika gamenya sedang melakukan update, sebuah insiden tak terduga terjadi. 30.000 pemain dari Jepang yang sedang memainkan game Elder Tale ini kini malah terjebak dalam gamenya dan mereka masuk kedalam gamenya menjadi avatar yang sedang mereka mainkan.

Dan cerita utama anime tentang game terbaik ini mengisahkan seorang tokoh utama bernama Shiroe. Untuk bertahan hidup dan mencari tau kenapa mereka bisa terperangkap di dunia game ini, dia membentuk sebuah guild bernama "Log Horizon".

#4. Sword Art Online

anime tentang game terbaik

Sword Art Online adalah salah satu Anime bertema game online yang paling terkenal hingga saat ini. Jadi jangan heran kalau anime ini sering menududuki puncak anime bertema game terbaik di berbagai situs review anime yang telah kamu kunjungi.

Diangkat dari Light Novel karangan Reki Kawahara, anime ini bercerita tentang seorang remaja bernama Kirigaya Kazuto. Pada tahun 2022, sebuah game virtual reality bernama SAO (Sword Art Online) diluncurkan.

Para gamer yang sudah sangat menanti hari peluncuran game ini secara resmi, akhirnya melakukan login kedalam gamenya dengan cara melakukan Full Dive menggunakan perangkat helm bernama Nerve Gear.

Namun kebahagiaan para gamer yang sangat menantikan game ini rilis ternyata berbuah pahit tak seperti yang mereka harapkan. Kurang lebih sebanyak 10.000 pemain yang melakukan login kedalam game SAO saat hari perilisan gamenya ini kini tidak bisa log out.

Mereka dipaksa untuk bisa menyelesaikan gamenya hingga lantai 100 dan mengalahkan bos terakhir agar bisa melakukan log out. Selain itu, kisah horor lain yang menimpa pemain SAO adalah, mereka yang mati dalam gamenya, atau pun melepas Nerve Gear sebelum gamenya berhasil di tamatkan, sang player akan mati di kehidupan nyata mereka.

#3. No Game No Life

anime tentang game terbaik

Anime tentang game terbaik yang di adapatasi dari manga buatan Yu Kamiya ini menceritakan tentang sepasang kakak beradik bernama Sora dan Shiro yang setiap harinya selalu bermain game dan enggan melakukan sosialisasi dengan orang orang.

Mereka menganggap kehidupan di dunia nyata tidak lebih baik daripada game dan menganggap dunia dimana mereka tinggal dengan sebutan "game yang buruk". Meskipun begitu, mereka adalah orang yang memiliki reputasi hebat dalam game apapun.

Suatu hari, saat mereka sudah bosan dengan segala permain yang ada, Sora dan Shiro dipanggil oleh orang misterius bernama Tet ke dunia alternatif, dunia dimana segala permasalahan diselesaikan dengan game.

#2. Accel World

anime tentang game terbaik

Sama seperti SAO, seri Accel World juga dikarang oleh orang yang sama yaitu Reki Kawahara. Setting ceritanya juga sama sama menceritakan tentang dunia game, bedanya anime Accel World ini tidak mengisahkan sang tokoh utama yang terjebak di dalam dunia game yang menyebabkan banyak tragedi seperti kematian.

Anime tentang game terbaik ini mengambil setting di tahun 2046. Dan sang tokoh utamanya bernama Haruyuki Arita. Karena sering dibuli dan di ganggu oleh banyak orang di sekolahnya ia sering melampiaskan kekesalannya pada sebuah game virtual dengan cara login melalui jaringan sekolahnya.

Suatu hari saat Haru bermain game, ia bertemu dengan gadis paling populer di sekolahnya. Gadis bernama Kuroyukihime ini memperkenalkan pada Haruyuki sebuah program misterius yang disebut "Brain Burst" dan game virtual reality yang disebut "Accel World" karena Kuroyukihime melihat adanya bakat dalam diri Haru.

#1. Yu-Gi-Oh! Duel Monster

anime tentang game terbaik

Salah satu anime tentang game terbaik yang sangat populer berikutnya ini adalah Yu-Gi-Oh!, anime ini juga merupakan pelopornya game berbasis TGC (Trading Card Game). Ceritanya mengisahkan seorang anak bernama Yugi Mutou. Suatu hari ia mendapatkan hadiah kepingan puzzle dari kakeknya.

Setelah sekian lama menyusun puzzle ini, akhirnya ia berhasil menyatukan semua kepingan yang ada. Tapi hal tak terduga terjadi, roh yang terperangkap dalam puzzle ini muncul setelah Yugi berhasil menyatukan semua kepingannya. Dan roh itu kini merasuki Yugi dan menjadi semacam kepribadian lain, yaitu dikenal dengan nama Yami Yugi.

Next > Dijamin gokil, ini daftar anime action comedy terbaik paling seru dan bikin ngakak

Note: Jika ada waktu luang, admin akan menambahkan seri anime bertema game terbaik lainnya dalam list ini.

Nah itu dia bebedapa daftar anime bertema game terbaik versi Gugenkatsu. Dari anime game di atas mana anime favoritmu? oh ya jika kamu mau menambahkan seri anime bertema game terbaik yang belum ada dalam list di atas, silahkan diskusikan di kolom komentar ya.

Jangan lupa ikuti kami di jejaring sosial lainnya untuk mendapat info menarik seputar dunia anime secara terupdate

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama