20 Anime Mirip Sword Art Online (SAO) Yang Terjebak Di Dunia Game

anime mirip sao
Gugenkatsu - Selagi nungguin kabar tanggal tayang sword art online season 3, kali ini Gugenkatsu bakal share anime mirip sword art online (SAO) yang patut kamu tonton. Pecinta anime yang juga gemar MMORPG mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama SAO.

Seri ini merupakan salah satu anime action terbaik yang diangkat dari sebuah light novel. Seri ini sendiri menceritakan tentang Virtual Reality Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (VRMMORPG) bernama Sword Art Online (SAO), yang diluncurkan pada tahun 2022.

Game ini memungkinkan pemain mengendalikan karakter dalam game mereka dengan pikirannya, menggunakan helm virtual reality bernama Nerve Gear. Kegembiraan para pemain berubah menjadi kisah horor saat mereka tersadar bahwa mereka tidak dapat log-out dari game ini.

Mereka diinformasikan oleh Kayaba Akihiko sang pencipta SAO, bahwa satu-satunya cara untuk kembali ke dunia nyata adalah mencapai lantai 100 dan mengalahkan boss terakhir. Yang lebih horor lagi, jika karakter dalam game mereka mati, mereka juga mati dalam kehidupan nyata.

kalau kamu suka dengan anime Sword Art Online, kamu juga harus coba salah satu anime mirip Sword Art Online yang telah Gugenkatsu rangkum berikut ini!

Daftar Anime Mirip Sword Art Online


#1. Accel World

anime like sao
Haruyuki Arita adalah seorang siswa yang sering dibully di sekolahnya, karena itu lah yang membuatnya menjadi pribadi yang sangat rendah diri. Untuk melampiaskan kekesalan dirinya, ia melarikan diri dari bullyan di dunia nyata dengan cara log-in ke jaringan lokal sekolah dimana ia selalu memainkan game dan menunjukkan keterampilannya.

Tapi semuanya berubah saat Haruyuki bertemu Kuroyukihime, gadis paling populer di sekolah. Dia memperkenalkan Haruyuki ke sebuah program rahasia yang disebut Brain Burst.

Haruyuki segera mengetahui bahwa Brain Burst bukan hanya sebuah program yang mempercepat proses kognitif, tapi sebenarnya ini adalah Game Pertarungan Virtual Reality Massively Multiplayer Online (VRMMO), di mana orang saling bertarung untuk mendapatkan poin Burst, yang dapat digunakan untuk Kemampuan akselerasi di dunia nyata.

Haruyuki dan Kuroyukihime bergabung untuk mencapai Level 10 dalam Brain Burst, bertemu dengan pencipta, dan mengetahui tujuan sebenarnya dari program rahasia tersebut. Bisa dibilang seri ini merupakan sodaranya SAO, karena pencipta SAO merupakan pencipta Accel World juga.

#2. Log Horizon

anime genre game virtual terbaik
Ini adalah anime yang sering kali dibandingkan dan sangat mirip SAO. Log Horizon menceritakan tentang sebuah game MMORPG bernama Elder Tale yang populer akhir akhir ini, yang menyebabkan banyak sekali pemain yang ikut berpartisipasi.

Tapi, Suatu hari kejadian mengejutkan terjadi kepada 30 ribu pemain game Elder Tale di jepang, tiba tiba mereka terjebak dan masuk ke dalam game. Mereka kebingungan akan kejadian itu, mereka bahkan tidak bisa log out atau keluar dari dunia game. NPC atau warga asli Elder Tale juga memiliki kepribadian dan perasaan, seolah mereka hidup seperti manusia.

Cerita dari seri ini akan berfokus kepada Shiroe, seorang pemain pro dan juga mantan ahli strategi dari kelompok debauchery tea party, yaitu sebuah kelompok terkenal dan memiliki anggota yang berhasil menuntaskan berbagai quest super sulit.

#3. No Game No Life

anime mirip sao
No Game No Life mengikuti kisah saudara kandung Sora dan Shiro yang dikenal sebagai gamer yang hebat, mereka bahkan belum pernah kalah 1 kali pun, walaupun melawan ratusan musuh didunia game. Suatu hari, saat Sora dan Shiro tengah istirahat dari bermain game, dia menerima email dari seseorang yang bernama Tet, mereka di tantang untuk bermain game catur, dengan hadiah “sebuah dunia dimana game menentukan nasib”, mereka pun menerima tantangan itu, dan akhirnya menang, sampai akhirnya mereka berdua di transfer ke sebuah dunia dimana game menentukan nasib, seperti : menjadi raja, merampok, dsb.

#4. Btooom!

anime tentang game mmorpg
Ryota Sakamoto, 22 tahun, menganggur dan tinggal bersama ibunya. Hanya ada satu hal yang membuatnya unggul, yaitu memainkan game yang disebut Btooom!

Suatu hari, dia terbangun di sebuah pulau tropis dan tidak tahu bagaimana atau mengapa dia sampai di sana. Dia melihat seseorang dan meminta bantuan, tapi orang asing itu menanggapi dengan melemparkan sebuah bom ke arahnya. Dia menyadari bahwa dia terjebak dalam apa yang tampaknya merupakan versi dunia nyata dari game Btooom!

untuk kamu yang nungguin Btooom season 2 tayang, sepertinya hal ini takan terwujud. karena game btooom! gagal dipasaran dan hal ini merupakan syarat supaya anime btooom season 2 dibuat.

#5. .hack//SIGN

daftar anime game online
Tsukasa terbangun di dalam sebuah game yang disebut The World. Dia tidak dapat mengingat apapun yang terjadi sebelum kebangkitannya. Ia berusaha mengingat apa yang terjadi dan apa yang telah ia lakukan sebelum dia bangun namun ingatannya masih samar samar.

Diduga sebagai hacker, ia menyadari bahwa ia tidak bisa keluar dari game. Tsukasa mengembara dan menemukan barang dalam bentuk "guardian", yang melindungi dia dari segala bahaya. Pemain lain belajar tentang situasinya termasuk pimpinan Knights Crimson, Subaru. Mereka mencoba menemukan jawaban atas masalah Tsukasa sebelum terlambat.

#6. Mirai Nikki

anime mirip sao
Ceritanya mengikuti Yuki Amano, seorang anak yang canggung secara sosial yang lebih suka menulis di buku hariannya atau berbicara dengan teman imajinasinya, Deus Ex Machina. Suatu hari yang menentukan, dia mengetahui bahwa Deus Ex Machina lebih dari sekedar imajinasi belaka.

Deus memberinya buku harian berisi kejadian yang akan terjadi di masa depan. Diminta untuk berpartisipasi dalam pertempuran melawan dua belas orang lainnya, yang masing-masing dilengkapi dengan buku harian masa depan yang mereka miliki, Yuki perlu menemukan cara untuk membunuh semua lawannya dan dan bertahan dalam sebuah survival game.

#7. Druaga no Tou: The Aegis of Uruk

anime mirip sao
Anime ini mirip dengan Sword Art Online dalam artian keduanya bertempat di setting seperti menara, dimana karakternya perlu sampai ke lantai tertentu sebelum bisa beralih ke yang berikutnya. Tujuan akhirnya, tentu saja, adalah mencapai lantai terakhir dan mengalahkan bos terakhir. Tower of Druaga juga memiliki banyak elemen RPG seperti berburu barang langka, membentuk pesta, dan menaikan level.

Anime dimulai pada Musim “Summer of Anu”, sebuah periode ketika kekuatan monster di Menara berkurang. Orang memanfaatkan ini dan mendirikan kamp dan mengamankan benteng mereka di dalam Menara dengan tujuan akhir mencapai puncak.

Tentara Kerajaan Uruk memimpin, tapi petualang yang dikenal sebagai "pendaki" ikut dalam pencarian mereka juga, karena tertarik oleh Blue Crystal Rod yang dikabarkan ada di lantai paling akhir. Jill adalah salah satu pendaki baru, berusaha mencapai puncak Menara dan mengalahkan Evil Lord Druaga.

#8. Quanzhi Gaoshou

anime mirip sao
Nah kalau anime mirip SAO yang satu ini sih menceritakan seorang pemain pro dalam game online Glory. Meskipun ia berada di puncak sebagai seorang player, ia dikeluarkan dari timnya karena berbagai alasan.

Dan tak lama setelah hal itu terjadi, ia mulai pensiun dari dunia game dan memilih bekerja di sebuah Internet Cafe sebagai seorang manajer. Suatu hari ketika Glory meluncurkan server kesepuluh, hasratnya untuk bermain game muncul lagi. Kini dengan bermodal pengalaman, kenangan masa lalu, dan senjata buatan sendiri, ia kembali memainkan game ini.

#8. Hai to Gensou no Grimgar

anime mirip sao
Anime mirip SAO berikutnya adalah Hai to Gensou No Grimgar. Nah kalo anime yang ini sih, para karakter dalam animenya ini tidak menyadari sama sekali kalau mereka sedang menjalani kehidupan seperti di dunia game. Hal ini terjadi karena ingatan mereka sebelum masuk ke dalam dunia game tersebut sudah dihapus.

Animenya sendiri menceritakan sekelompok pemuda yang terbangun di dunia baru bernama Grimgar. Mereka tak bisa mengingat apa-apa selain namanya. Satu-satunya cara untuk bertahan hidup di dunia ini adalah dengan cara menjual berbagai item dan juga berburu monster yang bisa dijual.

Sang tokoh bernama Haruhiro bersama dengan sekelompok orang asing yang juga sama sama mengalami hal serupa akan membentuk sebuah party untuk bertahan hidup. Layaknya sebuah game MMORPG, mereka juga dibekali dengan senjata dan juga armor untuk berburu monster.

#9. Overlord

anime mirip sao
Kalau anime mirip SAO yang satu ini sih menceritakan sang karakter utama bernama Momonga, ia sangat mencintai sebuah game virtual reality bernama Yggdrasil. Suatu hari kabar tentang penutupan game ini tersebar, dan ia tak menduga game kesayangannya ini bakal tutup usia.

Karena ingin bernostalgia sebelum gamenya tutup, Momonga berada di dunia game ini sampai batas waktu yang di tentukan habis, tapi pada saat saat terakhir gamenya akan tutup, Momonga malah tertidur didalam gamenya. Dan saat ia terbangun, ia malah terjebak dalam game Yggdrasil ini bersama dengan avatar skeletonnya ini.

#10. DanMachi (Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka)

anime mirip sao
Anime mirip SAO yang satu ini bercerita tentang seorang petualang pemula bernama Bell Cranel. Ia bermimpi ingin jadi petualang paling hebat di seluruh daratan. Suatu ketika, saat Bell sedang menjelajah dungeon sendirian, ia diserang oleh monster Minotaur.

Dan disaat yang bersamaan pula, ia diselamatkan oleh seorang wanita cantik bernama Aiz Wallenstein. Sejak saat itu, Bell jatuh hati pada pandangan pertama karena Aiz memiliki paras yang cantik dan juga kuat. Dibantu oleh Dewi Hestia dan beberapa orang lainnya, dia bersumpah ingin menjadi kuat untuk berdiri disamping Aiz dan melindungi semua orang yang berharga baginya.

anime mirip sao yang lainnya

#11. Konosuba
#12. Guilty Crown
#13. Kaze no Stigma
#14. Hunter X Hunter
#15. Phi Brain: Kami no Puzzle
#16. Angel Beats!
#17. Summer Wars
#18. Ao no Exorcist
#19. Maoyuu Maou Yuusha
#20. Ixion Saga DT


Nah itu dia anime mirip sao yang telah Gugenkatsu rangkum, sepertinya masih banyak lagi anime mirip sao yang belum tertulis di atas, jika kamu mau menambahkan lagi yang lainnya silahkan diskusikan di kolom komentar ya.

Jangan lupa ikuti kami di jejaring sosial lainnya untuk mendapat info menarik seputar dunia anime secara terupdate

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama