16 Anime Terbaik Yang Diadaptasi Dari Light Novel Pilihan Fans Internasional

Gugenkatsu - Anime Terbaik Yang Diadaptasi Dari Light Novel - Selain adaptasi anime dari manga, ternyata adaptasi dari sebuah Light Novel juga tak kalah populer.Dengan semakin banyaknya kehadiran anime yang diadaptasi dari sebuah Light Novel di setiap musimnya, situs Goboiano melakukan voting kepada para pembacanya untuk memilih anime terbaik yang diadaptasikan dari Light Novel menurut mereka.

Dalam polling ini lebih dari 3000 fans berpartisipasi. Dalam polling ini 16 anime light novel terbaik terpilih, dan berikut adalah 16 anime terbaik yang diadaptasi dari sebuah light novel menurut pembaca Goboiano.

Daftar Anime Light Novel Terbaik


16 & 15. Mahouka Koukou no Rettousei – 586 suara

anime light novel terbaik
Pada awal abad ke-21, sihir, yang diperkirakan menjadi cerita rakyat dan dongeng, telah menjadi teknologi yang sistematis dan diajarkan sebagai keterampilan teknis.Di sebuah SMA institusi penyihir, siswa yang terdaftar disana dipisahkan menjadi dua kelompok berdasarkan nilai ujian saat mereka masuk: "Bloom," mereka yang mendapat nilai tinggi, ditugaskan di First Course, sementara "Weeds" adalah siswa cadangan yang ditugaskan di Second Course.

Mahouka Koukou no Rettousei mengikuti kisah, Tatsuya dan Miyuki Shiba, yang akan mendaftar kesebuah SMA sihir.Setelah mengikuti ujian, Miyuki mendapat nilai yang sempurna dan ditempatkan di First Course, sementara Tatsuya berada di Second Course.Meskipun nilai dan status tes prakteknya dinilai tidak kompeten dan harus berada di kelas "Weeds", tapi ternyata dia memiliki pengetahuan teknis yang luar biasa, kemampuan bertarung serta fisik diatas rata-rata, dan teknik sihir yang unik, yaitu magic canceling.

Selain itu seri ini adalah salah satu anime yang mirip dengan rokudenashi majutsu koushi to akashic records yang sempat Gugenkatsu buat sebelumnya.

16 & 15. Durarara!! – 586 suara

Di distrik Ikebukuro, Tokyo, banyak rumor dan peringatan aneh tentang gerombolan anonim dan hal berbahaya lainnya muncul, satu rumor yang paling menonjol di atas yang lain adalah tentang keberadaan "Black Rider" tanpa kepala yang dikatakan terlihat mengendarai sepeda motor disekitar jalanan kota.

Mikado Ryuugamine selalu berharap mendapatkan kehidupan menarik di kota besar, dan sebuah undangan dari seorang teman masa kecil meyakinkannya untuk pindah ke Tokyo. Setelah sampai disana ia melihat Black Rider pada hari pertamanya di kota.

Pengendara ini dirumorkan tidak memiliki kepala dibalik helmnya. "Black Rider" ini adalah Celty Sturluson, seorang dullahan Irlandia yang berada di Ikebukuro untuk mencari kepalanya yang dicuri. Cerita ini mengisahkan semua karakter, dan memperlihatkan bagaimana kehidupan mereka saling berkaitan.

14 & 13. Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri – 616 suara

Light Novel Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri
Youji Itami, seorang otaku yang bekerja di Japan Self-Defense Forces (JSDF), sedang dalam perjalanan untuk menghadiri konvensi doujin di Ginza, Tokyo. Suatu ketika sebuah portal misterius berbentuk sebuah gerbang besar tiba-tiba muncul.

Dari gerbang ini, makhluk supernatural dan pejuang yang dibalut baju besi dari abad pertengahan muncul, masuk kedalam kota, membunuh dan menghancurkan segala sesuatu yang ada di depan mereka. Dengan tindakan cepat, Youji menyelamatkan nyawa sebanyak yang dia bisa sementara sisanya pasukan JSDF mengarahkan usaha mereka untuk menghentikan invasi.

Tiga bulan setelah serangan tersebut, Youji telah ditugaskan memimpin tim rekon khusus, sebagai bagian dari tugas JSDF, yang akan dikirim ke dunia dibalik gerbang itu yang sekarang disebut sebagai "Daerah Istimewa".

Mereka harus pergi ke dunia yang tidak dikenal ini untuk mengetahui lebih banyak tentang apa yang mereka hadapi dan mencoba berteman dengan penduduk setempat dengan harapan bisa menciptakan hubungan damai dengan kerajaan yang berkuasa. Tetapi jika mereka gagal, mereka akan menghadapi konsekuensi dan berpartisipasi dalam perang.

14 & 13. Overlord – 616 suara

Light Novel Overlord
Cerita dimulai dari Yggdrasil, sebuah game online populer yang akan melakukan penutupan gamenya. Setelah Momonga meningkatkan kemampuannya hingga ke level tertinggi dan membangun guild Ains Uul Goun dengan penuh dedikasi bersama teman-temannya, ia tak rela jika begitu saja meninggalkan game ini.

Oleh karena itu, sekedar untuk mengenang saat-saat menyenangkan yang pernah mereka lalui, dia memutuskan untuk menunggui Yggdrasil sampai detik terakhir. Namun, anehnya bahkan ketika hari telah berganti baru, Momonga tidak kembali ke dunia nyata.

Dia masih tetap berada di suatu tempat, tetapi dia tidak lagi di berada di dalam Game Yggdrasil, sebab para NPC yang sebelumnya hanya berupa program komputer kini mendadak hidup dengan kesadaran mereka sendiri.

Bukan dunia nyata dan juga bukan dunia game, ini adalah sebuah dunia yang benar-benar baru, maka Momonga segera menyusun rencana untuk menjelajahi dan mempelajarinya, sambil terus berharap bahwa suatu hari dia akan bertemu mantan pemain lain dari Yggdrasil.

12 & 11. Sakurasou no Pet na Kanojo – 647 suara

Light Novel Sakurasou no Pet na Kanojo
Menceritakan tentang Sorata Kanda yang tinggal di Sakurasou, yaitu sebuah asrama bagi murid-murid bermasalah di sekolahnya. Suatu hari dia bersumpah bahwa dia akan keluar dari Sakurasou dan tinggal di asrama biasa pada umumnya.

Namun suatu hari saat seorang gadis cantik bernama Mashiro Shiina yang kebetulan juga seorang artis melukis yang brilian pindah ke Sakurasou, ia berpikir kembali untuk keluar dari sana karena ia tak tega melihat Mashiro tinggal di Sakurasou bersama penghuni lainnya karena dia tak bisa melakukan apa-apa selain melukis.

12 & 11. Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka (Danmachi)– 647 suara

Light Novel Danmachi
Ceritanya mengikuti Bell Cranel, petualang solo berusia 14 tahun di bawah dewi Hestia. Sebagai satu-satunya anggota Hestia Familia, dia bekerja keras setiap hari di penjara bawah tanah untuk memenuhi kebutuhannya. Dia mencari Aiz Wallenstein, seorang pendekar pedang terkenal dan hebat yang pernah menyelamatkan hidupnya, dan dia jatuh cinta padanya.

10. Toaru Majutsu no Index – 678 suara

Light Novel Toaru Majutsu no Index
Academy City, Jepang, berada di garis depan sains. Selain menjadi yang terdepan di bidang teknologi selama 30 tahun, ternyata lebih dari tiga perempat populasi kota aneh ini terdiri dari siswa yang mengembangkan kemampuan psikis mereka sebagai pendukung di berbagai institusi.

Di antara para siswa ini adalah Touma Kamijou, seorang anak laki-laki SMA dengan pangkat psikis terendah yaitu nol, namun dengan kekuatan misterius yang ia miliki, tidak ada ilmuwan yang bisa menjelaskan bagaimana bisa ia memiliki "Imagine Breaker," yang memungkinkannya untuk meniadakan kemampuan supernatural lainnya.

9. Toradora! – 709 suara

Light Novel Toradora!
Cerita Toradora! dimulai dengan sang protagonis Ryuji Takasu yang merasa frustrasi saat ia memasuki tahun kedua dimasa SMA nya. Meskipun memiliki kepribadian yang lembut, namun matanya yang menakutkan membuat dirinya diberi cap nakal oleh orang disekitarnya dan ia benar-benar putus asa tentang peluangnya untuk mendapatkan pacar dalam waktu dekat.

Ryuji pergi ke sekolah dan merasa senang setelah mengetahui bahwa dirinya ditempatkan pada kelas yang sama dengan sahabatnya Yusaku Kitamura, serta gadis yang ia sukai bernama Minori Kushieda. Namun, ia tiba-tiba bertemu wanita paling berbahaya di sekolah yaitu Taiga Aisaka yang kebetulan juga berada di kelasnya dan merupakan teman baik dari Minori.

8. Sword Art Online – 740 suara

Light Novel SAO
Di tahun 2022, virtual reality telah berkembang melewati batasan, dan sebuah massive online role-playing game yang bernama Sword Art Online (SAO) diluncurkan. Dengan didukung teknologi “NerveGear”, pemain bisa mengendalikan karakter mereka dalam game dengan menggunakan pikiran mereka sendiri.

Kirigaya Kazuto, dengan nama game “Kirito,” adalah seorang yang beruntung di antara mereka yang sangat antusias dengan game tersebut. Dia log in ke dalam game tersebut, dengan 10.000 pemain lain, di dalam sebuah dunia game yang luar biasa bernama Aincrad, dipenuhi senjata yang bersejarah dan monster-monster yang menakutkan.

Akan tetapi, muncul kenyataan yang mengerikan di mana pemain tak bisa log out dari game tersebut. Pembuat game tersebut menjebak para pemain agar tak bisa keluar dari dunia game sampai mereka menyelesaikan seratus level dalam game tersebut.

Agar bisa selamat dari Aincrad, Kirito sekarang harus berinteraksi dan bekerja sama dengan pemain lain. Dalam game ini beberapa orang bisa menjadi teman dan bisa juga menjadi musuh, seperti Yuuki Asuna, yang memimpin kelompok baris depan agar bisa segera keluar dari game yang mengerikan ini.

Dan buruknya, Sword Art Online bukanlah permainan yang menyenangkan, jika mereka sampai mati di Aincrad, di kehidupan nyata pun mereka juga akan mati. Kirito harus beradaptasi dengan kehidupan barunya, bertarung agar bertahan hidup, dan berharap suatu hari nanti bisa terlepas dari game mengerikan ini.

7 & 6. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru (OreGairu). – 771 suara

Light Novel OreGairu
Yaitu menceritakan tentang komedi romantis siswa SMA antisosial bernama Hikigaya Hachiman yang memiliki pandangan menyimpang tentang kehidupan dan tak memiliki teman atau pacar.Saat ia melihat teman-teman sekelasnya berbicara dengan semangat tentang kehidupan remaja mereka, ia bergumam: “Mereka sekelompok pembohong.” Saat ia ditanya mengenai mimpi masa depannya, ia menjawab, “Tidak bekerja.” Seorang guru mengajak Hachiman bergabung dengan klub “Layanan Sukarela”, yang kebetulan memiliki anggota seorang gadis tercantik di sekolah, dia bernama Yukinoshita Yukino.

7 & 6. Monogatari – 771 suara

Light Novel Monogatari
Seri Monogatari berkisar pada Koyomi Araragi, siswa sekolah menengah ketiga yang hampir menjadi manusia lagi setelah sempat menjadi vampir. Suatu hari, teman sekelasnya yang bernama Hitagi Senjougahara terjatuh dari tangga ke pelukan Koyomi. Anehnya saat menangkap Hitagi dia tidak memiliki bobot apapun dan bertentangan dengan hukum fisika.

Meskipun diancam olehnya untuk menjauhkan diri, Koyomi menawarkan bantuannya dan mengenalkannya pada Meme Oshino, seorang pria setengah baya yang aneh yang tinggal di sebuah bangunan terbengkalai, yang menyembuhkannya sebagai vampir. Setelah Koyomi membantu memecahkan masalah Hitagi, dia memutuskan untuk menjadi temannya.

5. Hataraku Maou-sama! – 801 suara

Light Novel Hataraku Maou-sama!
Cerita ini mengisahkan seorang raja iblis bernama Sadou Maou yang berusaha untuk menguasai dunia bernama Ente Isla, tetapi ketika ia hampir mengusai dunia, ia dikalahkan dan diusir ke dunia lain oleh Pahlawan bernama Emilia. Dia kemudian terdampar di dunia modern di tengah-tengah kota Tokyo. Karena kekuatan sihirnya semakin menipis, ia berubah wujud menjadi manusia. Disana ia justru harus bekerja keras di sebuah restoran cepat saji agar dapat bertahan hidup dan kembali menguasai dunia

4. Fate/Zero – 832 suara

Light Novel Fate/Zero
Berlatar belakang 10 tahun sebelum “Holy Grail War” kelima, Fate/Zero menceritakan tentang Emiya Kiritsugu, sang “Magus Killer” yang ditakuti dalam pertempuran Holy Grail War keempat.Dia terpilih sebagai “Master” oleh satu dari tiga pendiri Holy Grail War yaitu keluarga Einzbern tanpa memperdulikan metode-metode miliknya yang berbahaya dan reputasinya sebagai pembunuh bayaran yang menggunakan segala cara untuk mencapai tujuannya.Meskipun hal itu melawan ideologi idealnya sendiri, demi umat manusia Kiritsugu akan menghancurkan apapun yang mengancam kedamaian.

3 & 2. Re: Zero Kara Hajimeru Isekai Seikatsu – 1,017 suara

Light Novel Re: Zero Kara Hajimeru Isekai Seikatsu
Dalam perjalanan pulang dari toko, tiba-tiba seorang murid SMA yang bernama Subaru Natsuki dipanggil ke dunia lain. Dan tak ada tanda-tanda siapa orang yang telah memanggilnya, terlebih lagi situasinya semakin buruk saat ia tiba-tiba diserang.

Disaat itu pula ia diselamatkan oleh seorang gadis berambut perak misterius bersama peri kucing, Subaru memutuskan bekerja sama dengannya untuk membalas budi. Saat mereka akhirnya berhasil mendapatkan petunjuk, Subaru dan gadis itu diserang dan dibunuh oleh seseorang.

Subaru kemudian terbangun di tempat ia pertama kali datang ke dunia lain itu dan dia menyadari kalau dirinya memperoleh kekuatan “Kembali dengan Kematian” dan dia pun menjadi seorang anak yang tak berdaya yang hanya memiliki kemampuan untuk memundurkan waktu dengan kematiannya.

3 & 2. Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo! – 1,017 suara

Light Novel Konosuba
Serial ini menceritakan seorang pemuda yang dikirim ke dunia fantasi setelah mengalami kematian, membentuk tim yang berisikan seorang dewi, penyihir, dan crusader untuk bertarung menghadapi monster dan bertujuan untuk mengalahkan raja iblis.

Bercerita tentang kehidupan Satou Kazuma, seorang hikikomori yang menyukai game yang meninggal dengan cara yang memalukan.Sesaat setelah mati ia terbangun, seorang gadis cantik yang menyebut dirinya seorang dewi bernama Aqua muncul, ia memberi tawaran untuk terlahir kembali di dunia paralel dengan elemen MMORPG, dimana dia bisa melakukan petualangan dan bertarung melawan monster dan ia diberi kesempatan untuk membawa satu benda atau hal apapun kedunia itu.

Meskipun ditawari item atau kemampuan yang hebat untuk digunakan dalam dunia baru itu, ia tak terima karena selalu diledek oleh Aqua, merasa kesal akhirnya ia memutuskan untuk membawa Aqua kedalam dunia barunya ini.

Namun naas bagi Kazuma, ternyata Aqua hanyalah seorang dewi yang tak berguna dan selalu membuat onar dimana-mana. Disana Kazuma malah menjadi pekerja serabutan dan tidur dikandang kuda bersama Aqua. Dan seri ini merupakan salah satu anime winter terbaik 2017 pilihan fans internasional yang pernah Gugenkatsu buat.

1. No Game No Life – 1,079 suara

Light Novel No Game No Life
Berpusat pada kehidupan Sora dan Shiro, kakak beradik yang memiliki reputasi sebagai gamer NEET (Not in Education, Employment, or Training) atau singkatnya pengangguran penutup diri yang cerdas yang telah melahirkan mitos di seluruh Internet.

Kedua gamer ini bahkan menganggap dunia nyata sebagai “game menakutkan.” Suatu hari, mereka dipanggil oleh seorang anak bernama “Tet” ke dunia alternatif (yang ternyata dia adalah Dewa di dunia tersebut). Di sana, Dia melarang peperangan dan menyatakan kalau ini adalah dunia di mana “segalanya diputuskan dengan permainan”.

Nah itu dia anime terbaik yang diangkat dari sebuah light novel menurut fans dalam polling yang dilakukan situs Goboiano, apakah anime favoritmu ada dalam list ini?

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama