10 Anime Mirip Fairy Tail, Salah Satu Anime Bertamakan Dunia Sihir Terbaik

anime mirip fairy tail
anime mirip fairy tail

Gugenkatsu - Fairy Tail merupakan salah satu anime shounen dengan tema dunia sihir terbaik yang pernah ada. Anime ini menceritakan tentang kisah Natsu Dragneel, seorang Dragon Slayer yang mencari naga yang telah merawatnya sedari kecil bernama Igneel. Igneel hilang bersama para naga lainnya secara misterius di suatu hari yang damai.

Untuk mencari petunjuk tentang keberadaan Igneel, Natsu bergabung dengan sebuah guild (serikat) penyihir bernama Fairy Tail bersama sahabatnya bernama Happy. Disuatu hari saat menjalankan misi dari guildnya, Natsu bertemu dengan Lucy Heartfilia, seorang gadis yang ingin bergabung dengan guild Fairy Tail karena pamor dari salah satu anggota guild itu yang dijuluki Salamander.

Seri ini akan berpusat pada Natsu, Happy, Lucy, Gray, Erza bersama anggota guild lainnya di serikat Fairy Tail yang akan melakukan berbagai misi yang mulai dari tingkat paling mudah, hingga sebuah misi yang membahayakan nyawa dan nama baik serikat mereka sambil mencari info dan keberadaan Igneel yang diselimut oleh misteri.

Tak ketinggalan juga guild ini akan membasmi para penjahat dari sebuah serikat ilegal, dan munculnya seorang tokoh penyihir gelap abadi bernama Zeref yang sama sama diselimuti oleh banyak misteri.

Nah dikesempatan kali ini Gugankatsu akan membahas beberapa anime mirip Fairy Tail. Mulai dari segi cerita, tokoh, tema dan beberapa faktor lainnya, berikut adalah beberapa daftar anime mirip Fairy Tail versi Gugenkatsu (walaupun anime berikut bukan semuanya anime bertemakan sihir).

Daftar Anime Mirip Fairy Tail


#10. Soul Eater

anime mirip fairy tail
Genre: Action, Adventure, Comedy, Supernatural, Fantasy, Shounen

Anime mirip fairy tail ini bercerita tentang Maka Albarn, seorang Meister bersama senjatanya Soul Eater dengan misi untuk mengumpulkan 99 jiwa jahat dan 1 jiwa penyihir untuk menjadi Death Scythe (ini adalah gelar tertinggi bagi seorang senjata). Saat Maka dan Soul Eater sibuk memburu jiwa-jiwa jahat bersama para teman dan saingannya, ada suatu hal misterius yang sedang berusaha bangkit untuk menenggelamkan dunia dalam kegilaan dan kekacauan.

Selain mengumpulkan jiwa jiwa untuk menjadi Death Scythe, MakaSoul Eater bersama teman teman mereka akan melindungi kota dimana mereka tinggal dari berbagai mahluk jahat sambil mengasah kekuatan mereka untuk melawan sesosok mahluk misterius yang mengancam masa depan dunia yang sudah berada di ujung tanduk.

Kemiripan antara Fairy Tail dan Soul Eater adalah baik Soul Eater maupun Fairy Tail memiliki kelompok/ tim kerja yang akan melakukan berbagai macam misi. Soul Eater berfokus disebuah sekolah dan para karakter bekerja sama untuk menghilangkan musuh mereka, sementara Fairy Tail berfokus pada guildnya dimana orang-orang mengambil pekerjaan dan bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki ikatan dengan mereka.

Kedua anime ini juga sama sama memiliki karakter utama yang mirip seperti Natsu dan Lucy sangat mirip dengan pasangan Maka dan Soul, yaitu kurangnya kecerdasan dan sering melakukan hal yang sembrono yang sama terlihat pada kedua karakter utama laki lakinya. Kedua seri ini juga sama sama memiliki banyak aksi, drama, komedi yang menghibur para penontonnya.

#9. Naruto Shippuden

anime mirip fairy tail
Genre: Action,  Adventure, Comedy, Super Power, Martial Arts, Shounen

Sesosok mahluk besar yang dikenal sebagai rubah berekor sembilan (Kyuubi) menyerang desa Konohagakure menyebabkan kekacauan dimana mana dan banyak korban jiwa berjatuhan. Untuk menghentikan serangan monster ini, Hokage keempat menyelamatkan desa dengan cara mengorbankan hidupnya sendiri dan menyegel Kyuubi kedalam tubuh anaknya (Naruto) yang baru lahir.

Anime mirip fairy tail ini akan berpusat pada Naruto Uzumaki, seorang ninja nakal yang terus berbuat ulah untuk mencari perhatian dari penduduk desa dimana ia tinggal, karena ia sering dikucilkan karena Kyuubi yang telah memakan banyak nyawa kini berada di dalam tubuh Naruto. Untuk mendapatkan banyak teman dan perhatian semua orang, ia bermimpi untuk menjadi seorang Hokage (pemimpin negara) dengan cara ninjanya sendiri.

Kemiripan antara Fairy Tail dan juga Naruto adalah adanya banyak karakter, banyak momen lucu, dan suasana yang sama. Baik Natsu maupun Naruto juga memiliki loyalitas yang kuat terhadap teman mereka. Kedua anime ini juga mengisahkan tentang persahabatan, kesetiaan, dan juga kisah cinta.

Dikedua anime ini juga sama sama memiliki semacam tenaga dalam (anime Fairy Tail memiliki sihir, anime Naruto memiliki Chakra). Setiap karakter juga sama sama memiliki semacam elemen dalam bertarungnya seperti kekuatan api, angin, air, petir.

Kedua karakter utama ini juga sama sama keras kepala dan tidak pernah mundur dari berbagai masalah dan pantang menyerah. Keduanya juga sama sama anime shounen populer dengan genre action+adventure+komedi. Kedua anime juga berada di lingkungan yang sama, jika anime Naruto memiliki semacam Clan, maka anime Fairy Tail memiliki Guild.

Kedua seri tersebut juga memiliki karakter utama yang melakukan berbagai misi untuk mendapatkan uang dan membuat desa/ serikat lebih kuat. Baik Natsu maupun Naruto keduanya juga sering kali melakukan berbagai aksi sebelum mereka berpikir untuk menyelamatkan teman mereka atau sekadar berkelahi karena mereka percaya itu menyenangkan/ ingin pamer.

#8. Hunter X Hunter (2011)

anime mirip fairy tail
Genre: Action, Adventure, Super Power, Shounen

Dunia adalah tempatnya berbagai hal misterius berkumpul. Banyak hal yang tidak diketahui dan belum ditemukan. Hunter dipekerjakan untuk melakukan hal itu. Akibatnya, Hunter diperlakukan sebagai kelas sosial yang tinggi dan terkesan memiliki tempat sangat istimewa didunia. Tidak mudah bagi seseorang untuk menjadi satu salah satu dari mereka meskipun orang orang memiliki keahlian yang tidak dimiliki orang lain.

Anime mirip fairy tail ini ceritanya akan berpusat pada seorang anak remaja bernama Gon Freecs yang ingin menjadi seorang Hunter Pro untuk mencari dan mengikuti jejak ayahnya. Untuk dapat diakui sebagai seorang Hunter Pro, Gon akan memulai kisahnya dengan mengikuti berbagai serangkaian tes Hunter yang sangat sulit hingga nyawa sebagai taruhannya untuk mendapatkan sebuah lisensi Hunter.

Kemiripan antara Fairy Tail dan Hunter X Hunter adalah meskipun Fairy Tail adalah anime tentang dunia sihir, dan Hunter x Hunter adalah anime tentang pemburu/ tentara elit/ manusia dengan hak istimewa, tapi keduanya adalah sama sama anime action long shounen yang memiliki banyak episode. Keduanya juga sama sama memiliki genre action, adventure yang dikemas secara epik.

Tidak seperti Fairy Tail yang lebih menceritakan tentang dunia fantasi, anime Hunter x Hunter lebih banyak mengarah ke dunia modern dengan unsur fantasi. Kedua anime ini juga sama sama menceritakan tentang karakter utama yang mencari uang lewat pekerjaannya (Gon dapat mendapat uang lewat berbagai misi yang disediakan untuk kelas Hunter, sementara Natsu dapat mendapat uang lewat tugas yang tersedia di Guildnya).

Di kedua anime ini juga sama sama menceritakan tentang perkembangan sang tokoh utama dari tiap episode ke episode selanjutnya. Dibandingkan dengan anime Fairy Tail yang memiliki kisah yang lebih ceria karena sang tokoh tokohnya, anime Hunter X Hunter akan terlihat lebih memiliki kisah yang lebih gelap.

#7. One Piece

anime mirip fairy tail
Genre: Action, Adventure, Comedy, Super Power, Drama, Fantasy, Shounen

Nah kalau Anime mirip fairy tail ini ceritanya mengikuti sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy untuk menjadi seorang raja bajak laut dan menemukan One Piece, yaitu harta karun paling berharga raja bajak laut sebelumnya bernama Gol D. Roger yang diselimuti oleh misteri. Bermodalkan tekad yang kuat sedari kecil karena pengaruh dari seorang yonkou bernama Shanks, kini untuk mewujudkan mimpinya, Luffy memulai mencari para kru nya dengan menjelajahi lautan seorang diri.

Kemiripan antara Fairy Tail dan One Piece adalah kedua manga Shonen Jump ini sama sama memiliki kekuatan khusus yang memiliki karakter dengan kekuatan dahsyat yang luar biasa kuat. Di dunia One Piece hal yang sangat ikonik bagi anime ini adalah tema bajak laut dan juga buah iblisnya, sementara di dunia Fairy Tail hal yang sangat ikonik bagi mereka adalah tema sihirnya, para Dragon Slayer dan juga Guild para penyihirnya.

Kedua anime ini juga sama sama mengusung tema persahabatan dan ikatan penting antara karakter, dan karakter utama juga selalu tak rela jika teman mereka diusik atau diremehkan dan mereka selalu ada untuk para teman/ sahabatnya. Kedua anime ini juga memiliki banyak adegan heroik yang sangat mengagumkan.

Dari segi karakter, kedua anime juga memiliki banyak kemiripan, diantaranya:
Natsu = Luffy (karakter yang sangat ceria yang ingin melindungi teman-temannya)
Lucy = Nami (Bisa dibilang seperti matre/ mencintai uang, dan selalu dekat dan dilindungi oleh sang tokoh utama)
Gray = Zoro (karakter yang serius)
Erza = Robin (Wanita Misterius)
Happy = Chopper (Maskot Lucu)
Gildarts = Shanks (karakter berambut merah yang sangat disegani dan dihormati)
Juvia = Sanji (karakter yang ingin mendapat perhatian dari lawan jenisnya)

Kedua anime ini juga sama sama memiliki action dan humor yang epic. Perbedaan dari kedua anime ini mungkin hanya terletak pada tema utamanya saja, One Piece mengusung tema bajak laut, sementara Fairy Tail tentang penyihir.

#6. Magi: The Labyrinth of Magic

anime mirip fairy tail
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Magic, Shounen

Di dunia yang jauh, labirin misterius yang disebut "Dungeon" secara mistis muncul entah dari mana! banyak rumor yang mengatakan, ruang bawah tanah ini penuh dengan harta tak terbayangkan, baik yang nyata maupun yang tidak nyata. Hanya ada satu syarat untuk mendapatkan harta karun ini, yaitu taklukan dungeonnya untuk mendapatkan mereka!

Anime mirip fairy tail ini akan berpusat pada Aladdin dan Pangeran Alibaba yang berkeliling dunia untuk membersihkan "ruang bawah tanah" atau bisa disebut juga "Dungeon". Di akhir setiap ruang bawah tanah yang luas dan sulit dijelajahi ini mereka akan medapatkan barang ajaib bagi siapa saja yang berhasil menaklukannya.

Kemiripan antara Fairy Tail dan juga Magi: The Labyrinth of Magic adalah keduanya merupakan anime bertemakan tentang sihir/ penyihir. Keduanya juga memiliki faktor asmara kecil di dalamnya (mengisyaratkan perasaan atau pengakuan). Keduanya memiliki kisah petualangan dan juga pertarungan serta komedi yang juga dikemas secara apik.

Kedua anime ini juga sama sama memiliki sekelompok teman dengan kekuatan serta kepribadian yang bisa dibilang mirip, Ali seperti Natsu: ia adalah lelaki yang energik, Alladin seperti Wendy+Lucy: ia adalah anak berambut biru yang sepertinya lemah, tapi tidak dan tujuan utamanya adalah memiliki banyak teman, ia juga mampu memanggil seorang penolong (Genie/ key spirit).

Morgiana seperti Erza: ia sosok yang serius dan kuat, ia juga memiliki masa lalu yang tragis terkait dengan perbudakan dan intimidasi, Sinbad seperti Gray, Kougyoku seperti Juvia: mendekati orang yang ia taksir dan memiliki kekuatan air, yang juga sama sama mengalami perubahan kepribadian drastis saat bertarung, dan pada awalnya ia adalah dari sisi "musuh".

#5. Bleach

anime mirip fairy tail
Genre: Action, Comedy, Super Power, Supernatural, Shounen

Anime mirip fairy tail ini menceritakan Ichigo kurosaki seorang siswa SMA yang dapat melihat roh. Suatu hari ia bertemu dengan seorang Shinigami bernama Kuchiki Rukia yang sedang membasmi para Hollow (sebuah roh jahat yang mengganggu para manusia). Hollow ini tiba-tiba datang dan menyerang keluarga Ichigo karena merasakan kekuatan spiritual Ichigo yang besar.

Untuk menolong keluarganya, Ichigo melawan para Hollow ini, namun karena ketidakmampuan Ichigo untuk mengalahkan Hollow tersebut, akibatnya Rukia terluka parah saat mencoba menolongnya. Dengan meminjamkan kekuatan spiritual Rukia, Ichigo kemudian berubah menjadi seorang Shinigami (semacam dewa kematian) dan mengalahkan Hollow itu.

Kini setelah terlibat dengan berbagai Hollow dan Rukia belum pulih akibat kejadian itu, Ichigo mulai terlibat menjadi seorang Shinigami untuk melindungi Kota Karakura, melawan Hollow, dan membawa roh yang gentayangan di dunia manusia menuju Soul Society.

Kemiripan antara Fairy Tail dan Bleach adalah keduanya adalah anime long shounen yang memiliki episode yang panjang dan berfokus pada karakter utama yang agak ceroboh yang sering terlibat dalam perkelahian melawan musuh yang lebih kuat. Kedua anime ini juga sama sama dipenuhi aksi yang keren, dengan beberapa humor yang diselipkan disetiap episodenya.

Sepanjang seri kedua karakter utamanya juga menjadi lebih kuat serta menunjukan perkembangan kekuatannya, dan mendapatkan teman serta musuh baru di sepanjang jalan. Sang karakter utama juga sering mendapat musuh yang tidak bisa dikalahkan oleh orang sendiri. Sang karakter utama juga sama sama berusaha untuk menjadi lebih kuat untuk melindungi teman/ sahabat/ keluarga/ sesuatu yang berharga bagi mereka.

Kedua anime ini juga sama sama memilki tema yang sangat ikonik, kebayakan dari penggemar pasti akan mengenali anime ini jika mendengar kata anime bertema sihir dan shinigami/ dewa kematian.

#4. Nanatsu No Taizai

anime mirip fairy tail
Genre: Action, Adventure, Supernatural, Ecchi, Fantasy, Shounen

Anime mirip fairy tail ini menceritakan tentang karakter utama bernama Meliodas dan tim kesatrianya yang dijuluki Nanatsu no Taizai/ The Seven Deadly Sins/ Tujuh dosa mematikan yang telah difitnah karena telah melakukan kudeta dan melakukan tindak kejahatan yang membuat kerajaan menjadi runtuh, namun nyatanya dalang sebenarnya di balik kehancuran kerajaan mereka belum tertangkap dan masih bersembunyi di balik kegelapan.

Untuk membuktikan mereka tidak bersalah dan mengembalikan kepercayaan para penduduk dan ksatrian suci lainnya, Meliodas harus bersatu kembali dengan timnya untuk mengungkap siapa pelaku yang sebenarnya, dan untuk mengakhiri kejahatan yang telah menyebar luas ini. Bersama Elizabeth yang telah menyadari adanya yang tidak beres di dalam kerajaanya, kini mereka akan berpetualang mencari para anggota Nanatsu no Taizai yang terpecah belah.

Kemiripan antara Fairy Tail dan Nanatsu no Taizai adalah keduanya memulai dengan pengenalan pada karakter utama tanpa memberi tahu kita siapa sebenarnya mereka, atau bagian dari organisasi/ serikat mana mereka (Lucy tidak mengenal bahwa Natsu adalah Salamander dari Fairy Tail yang ia cari, sementar Elizabeth tidak tau kalau Meliodas yang cebol yang ia temui adalah anggota Nanatsu no Taizai yang ia cari juga).

Kedua anime ini juga sama sama berada di dalam dunia fantasi magis dengan karakter utama yang juga sama sama sangat kuat. Karakter utama di kedua anime ini juga bisa dibilang mirip, kalau diibaratkan itu seperti Meliodas <=> Natsu, Elizabeth <=> Lucy, Hawk <=> Happy. Keduanya cukup banyak memiliki konsep karakter yang sama saling bertemu dan kemudian berangkat dalam perjalanan. Keduanya juga memiliki adegan pertarungan yang epik.

Dan tentunya kedua anime ini juga sama sama memiliki sihir, bisa dibilang karakter utama masing masing seri itu termasuk kedalam sebuah kelompok/ guild. Kedua karakter utama masing masing seri juga memiliki julukan. Satu hal yang tak luput dari kedua anime ini adalah, keduanya memiliki genre komedi action yang epik yang dipadukan dengan kisah persahabatan.

#3. Mahouka Koukou No Rettousei

anime mirip fairy tail
Genre: Action, Sci-Fi, Supernatural, Magic, Romance, School

Anime mirip fairy tail selanjutnya adalah Mahouka koukou no rettousei. Ceritanya mengikuti Tatsuya Shiba, seorang pengawal yang akan menjaga kandidat Klan Master Yotsuba bernama Miyuki Shiba. Mereka akan mendaftar ke sekolah sihir dimana para murid-muridnya dididik sebagai Magician (penyihir) yang diharapkan dapat berguna dalam masyarakat.

Disekolah sihir ini, para siswanya akan dibagi menjadi 2 kelas yaitu First Course yang berisi murid-murid dengan nilai terbaik dan disebut sebagai "Bloom" dan Second Course, murid-murid dengan nilai akademik yang rendah dan disebut "Weed".

Meskipun mereka adalah kakak beradik tapi saat melakukan tes ujian, Miyuki mendapat nilai sempurna dan ditetapkan di kelas First Course, sementara tatsuya berada di Second Course. Meskipun Tatsuya berada di kelas Second Course, nyatanya ia lebih terampil dan lebih bisa di andalkan di banding kelas First Course, karena sekolah ini hanya melihat dari aspek sihir dan nilai, sementara Tatsuya memiliki berbagai kemampuan yang lebih penting dibanding dengan nilai yang selalu menjadi patokan sebuah sekolah.

Kemiripan antara Fairy Tail dan Mahouka Koukou No Rettousei adalah kedua anime ini sama sama anime bertema dunia sihir. Dibanding dengan anime Fairy Tail, seri Mahouka Koukou No Rettousei lebih terlihat modern karena menggabungkan unsur sihir dan juga teknologi.

Kedua anime ini juga sama sama memiliki kisah dan aksi yang epik terutama anime Mahouka Koukou No Rettousei yang sampai saat ini masih sering menjadi perbincangan hangat para fans untuk seuukuran anime yang hanya memiliki 25+ episode. Dibandingkan dengan Natsu, Tatsuya lebih terlihat seperti karakter overpower di masing masing serinya.

#2. Black Clover

anime mirip fairy tail
Genre: Action, Comedy, Magic, Fantasy, Shounen

Diposisi Anime mirip fairy tail selanjutnya adalah Black Clover. Menceritakan tentang Asta dan Yuno, dua orang anak yatim piatu yang dibesarkan disebuah gereja yang sama semenjak kecil. Didunia yang segalanya ditentukan oleh sihir ini mereka berdua bermimpi ingin menjadi seorang kaisar sihir. Meskipun mereka berdua tumbuh bersama sedari kecil, nyatanya Yuno tumbuh menjadi seorang remaja yang memiliki kekuatan sihir yang hebat sementara Asta tidak memiliki kekuatan sihir sama sekali.

Tidak ingin kalah dari Yuno dan masih memegang prinsipnya untuk mencapai mimpinya menjadi kaisar sihir ia berjuang keras seorang diri. Suatu hari yang menentukan untuk menjadi seorang ksatria sihir demi mewujudkan impian mereka, Yuno mendapat sebuah Grimoire semanggi berdaun empat yang langka, sementara Asta tidak mendapat Grimoire sama sekali. Namun setelah sebuah kejadian buruk menimpa Yuno, Asta dengan sigap menolongnya, tak lama setelah hal itu Asta mendapat sebuah Grimoire yang sangat usang (semanggi berdaun lima yang tidak disadari oleh siapapun).

Kemiripan antara Fairy Tail dan Black Clover adalah kedua anime ini merupakan anime yang bertemakan dunia sihir. Kedua anime ini juga sama sama memiliki berbagai karakter yang bisa dibilang mirip dari berbagai sisi seperti sikap, sifat dan tindak tanduknya (seperti Yami dan Gildart). Baik Natsu maupun Asta juga sama sama karakter utama yang ceria, kuat dan seperti menjadi pusat perhatian bagi teman sekelompoknya.

Kedua anime ini juga sama sama memiliki aksi, cerita dan humor segar serta adegan yang menyentuh orang secara emosional yang menarik untuk diikuti. Kedua anime ini juga sama sama memiliki samacam Guild/ tim (Fairy Tail/ Black Bull). Dan sang tokoh utama juga tidak pernah menyerah dalam hal apapun. Kedua anime ini juga sama sama menceritakan berbagai misi yang akan diberikan kepada mereka oleh seseorang/ Guild mereka. Tak ketinggalan juga adanya berbagai elemen sihir dalam pertarungnya seperti angin, api, cahaya dan yang lainnya di kedua anime ini

Walaupun sama sama berada didunia yang segalanya ditentukan oleh kekuatan sihir, perbedaan utama kedua seri ini mungkin hanya terletak pada karakter utamanya, Natsu memiliki kekuatan sihir yang kuat, sementara Asta tidak memiliki sihir sama sekali. Walaupun begitu keduanya sama sama kuat dan memiliki ciri khas tersendiri (Natsu dikenal sebagai seorang Dragon Slayer, sementara Asta dikenal karena tidak memiliki sihir dan pedang anti sihir miliknya)

Baca Juga: 18 Anime Mirip Black Clover, Salah Satu Anime Action Terbaik Bertemakan Dunia Sihir

#1. Groove Adventure Rave (Rave Master)

anime mirip fairy tail
Genre: Adventure, Comedy, Fantasy, Romance, Shounen

Anime mirip fairy tail ini ceritanya dimulai dari sebuah pulau kecil yang damai yang dikenal sebagai pulau Garage, seorang remaja laki-laki bernama Haru Glory memancing seekor makhluk aneh bernama Plue. Hewan ini merupakan anjing penjaga khusus Rave. Tak lama setelah itu, Shiba, Rave Master pertama, muncul dan mencoba untuk membawa kembali Plue yang telah hilang lebih dari 50 tahun yang merupakan pelindungnya.

Namun sebuah organisasi teroris bernama Demon Card tiba-tiba muncul dan menimbulkan malapetaka di Pulau Garage. Setelah sekian lama tidak bertemu dengan Plue, Shiba yang usianya kini sudah tua tidak lagi bisa menggunakan Rave. Di saat yang bersamaan, untuk menyelamatkan Shiba dari para Demon Card yang mengacau tiba tiba saja Rave aktif di tangan Haru dan membuat ledakan besar yang membuat Demon Card kalah seketika.

Kini setelah Shiba menyadari apa yang teradi, Haru telah menjadi Rave Master selanjutnya. Untuk menyelamatkan dunia dari kekacauan, sekarang Shiba memberikan Plue dan sebuah pedang pasangan Rave pada Haru untuk menghancurkan Demon Card dan juga Dark Brings (sebuah batu berkekuatan gelap/ jahat kebalikan dari Rave).

Kemiripan antara Fairy Tail dan juga Rave Master adalah cerita kedua anime ini sama sama diciptakan oleh mangaka yang sama yaitu Hiro Mashima, jadi jangan heran kalau banyak sekali karakter yang terlihat sangat mirip seperti Musica itu mirip dengan Gray, Jellal mirip Sieghart dan masih banyak lagi lainnya. Kedua anime ini juga sama sama melibatkan banyak makhluk/ hewan yang bisa berbicara, adanya kekuatan sihir dan Plue juga muncul di kedua anime ini.

Barang atau benda yang berasal dari anime Rave juga muncul di anime Fairy Tail seperti pedang Rave kecil yang dijadikan kalung oleh Gray, sebuah sihir yang dikenal sebagai Etherion dan nama Oracion Seis yang digunakan untuk kelompok elit enam orang. Kedua anime ini juga memiliki genre yang sama, seperti genre Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Romance, Shounen.

Baca Juga: Suka Misteri? Coba 10 Anime Mirip Boku Dake Ga Inai Machi (Erased) Ini!

Nah itu dia beberapa daftar anime mirip Fairy Tail versi Gugenkatsu. Jika kamu tau seri anime mirip Fairy Tail yang lainnya jangan lupa diskusikan di kolom komentar ya.

Jangan lupa ikuti kami di jejaring sosial lainnya untuk mendapat info menarik seputar dunia anime secara terupdate

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama