10 Anime Mirip One Punch Man (OPM)

Anime mirip one punch man
anime mirip one punch man

Gugenkatsu - One Punch Man (OPM) menceritakan kisah seorang pria bernama Saitama yang ingin sekali menjadi seorang pahlawan. Di kota metropolitan Jepang, sebuah kota fiksi bernama Z dimana Saitama tinggal, tempat ini di penuhi oleh monster aneh dan misterius yg muncul lalu menyebabkan bencana di kota.

Bosan dengan kehidupannya dan ingin merasakan menjadi seorang pahlawan yang dapat menumpas kejahatan ia memulai sebuah latihan rutin 100 kali push up, 100 kali sit up, 100 kali squat, dan lari 10 km tiap hari. Setelah tiga tahun berlatih keras, dia menjadi sangat kuat, karena latihannya yang sangat keras itu, kini semua rambutnya rontok dan menjadi botak.

Tapi berkat latihan yang selama ini ia jalani, kini Saitama memiliki kemampuan pukulan maut. Saking luar biasa pukulannya, ia mampu menghabisi monster-monster raksasa hanya dengan sekali pukulan.

Sejak saat itu Saitama dikenal dengan nama One Punch Man. Namun, karena saking kuatnya kekuatan yang ia miliki, Saitama menjadi bosan dengan kehidupan pahlawannya dan terus berusaha mencari lawan yg lebih kuat yg mampu untuk melawannya.

Di kesempatan kali ini, Gugenkatsu akan membahas salah satu anime action paling populer yang sangat ikonik dengan tema superhero sekali jotos K.O. yap apalagi kalau bukan One Punch Man.

Mulai dari segi cerita, tema, action, karakter, hingga beberapa faktor lainnya, berikut adalah beberapa daftar anime mirip One Punch Man versi Gugenkatsu (walaupun bukan semua anime di bawah ini adalah anime bertemakan pahlawan).

Daftar Anime Mirip One Punch Man


#10. To Be Hero

Anime mirip one punch man
Genre: Comedy

Anime mirip one punch man ini mengisahkan petualangan yang cukup unik dan aneh dari seorang karakter yang bekerja sebagai perancang toilet yang ingin sekali menjadi seorang pahlawan. Sejak awal, sang karakter utama ini sudah memiliki semacam kekuatan untuk menentukan/ mengukur dengan akurat ukuran pinggul seorang wanita dengan sekilas, berkat karyanya sebagai perancang toilet.

Namun, suatu malam ketika akan mengambil tempat pembuangan sampah, dia jatuh ke dalam toilet dan diberi kekuatan supernatural dari anggota Space Peace Republic Alliance Hero Committee.

Kekuatan-kekuatan ini mengubah hidupnya dan sekarang dia diharapkan mampu menyelamatkan Bumi dari musuh-musuh aneh yang tak terhitung jumlahnya, karena penampilannya kini telah berubah total bahkan putrinya sendiri tidak dapat mengenalinya.

Kemiripan antara One Punch Man dan To Be HERO adalah sederhananya, kedua anime ini memiliki tema tentang superhero dengan kekuatan super. Kedua anime ini juga sama sama menampilkan sang karakter utama yang sangat tidak biasa yang benar-benar menghibur dengan sifat mereka yang sedikit menyebalkan.

Kedua tokoh utama kedua anime ini juga sama sama bisa dibilang aga tulalit (apa lagi itu tulalit :v) dan memiliki atmosfir komedi yang sama. Keduanya adalah anime parodi dari genre superhero, keduanya memiliki karakter utama yang sangat kuat, keduanya juga memiliki pemeran karakter utama yang aneh dan eksentrik, dan keduanya juga memiliki beberapa adegan action yang keren.

Namun, dari segi humor kedua anime ini sangat berbeda. One Punch Man lebih terlihat natural sementara To Be Hero lebih terfokus pada bahasa kotor dan humor dewasa.

#9. Concrete Revolutio: Choujin Gensou

Anime mirip one punch man
Genre: Action, Demons, Drama, Fantasy, Mystery, Sci-Fi, Super Power, Supernatural

Pada tahun Apotheosis 41 (AD 1962), Bumi saat ini mengalami fenomena supranatural yang membuat bumi kini dihuni oleh berbagai macam manusia dengan kekuatan super seperti paranormal, mulai dari alien, gadis penyihir hingga robot transformasi.

Pemerintah Jepang telah secara diam-diam mendirikan "Super Population Research Laboratory", atau "Biro Superhuman", untuk melacak semua makhluk super di negara tersebut dan menghilangkannya jika mereka mengancam umat manusia.

Cerita anime mirip one punch man yang satu ini akan berpusat pada anggota biro superhuman bernama Jiro Hitoyoshi yang melakukan tugasnya untuk mengklasifikasikan semua superhuman dan mengambil tindakan untuk segala sesuatu yang dilakukan para superhuman.

Entah itu manusia super dalam bahaya atau manusia super yang menyebabkan bahaya, Biro inilah yang akan bertugas membuat dunia tetap aman.

Kemiripan antara One Punch Man dan Concrete Revolutio adalah kedua anime ini sama sama memiliki tema utama tentang superhero/ super power. Karakter utama di kedua anime ini juga sama sama bergabung dengan semacam biro jasa tentang kepahlawanan/ sebuah pekerjaan menjadi pahlawan untuk membuat dunia menjadi damai, dan aman.

#8. Mondaiji-tachi ga Isekai kara Kuru Sou Desu yo?

Anime mirip one punch man
Genre: Action, Comedy, Fantasy, Supernatural

Tiga siswa berbakat, Izayoi Sakamaki, Asuka Kudou, dan You Kasukabe semuanya memiliki kepribadian yang berbeda dan tidak suka mengikuti petunjuk.

Mereka telah diundang ke dunia Little Garden, sebuah dunia di mana status komunitas ditentukan oleh tantangan dan game yang berbeda. "No Names" adalah salah satu komunitas yang telah kehilangan identitas mereka.

Untuk mendapatkan nama komunitas itu kembali dan naik sekali lagi ke puncak, Kurousagi, seorang gadis kelinci memutuskan untuk mencari bantuan untuk memanggil siswa-siswa ini dari dunia lain.

Dengan menggunakan bakat dan keterampilan mereka, ketiga anak tersebut harus memikirkan bagaimana memenangkan serangkaian tantangan terhadap komunitas lain.

Kemiripan antara One Punch Man dan Mondaiji-tachi ga Isekai kara Kuru Sou Desu yo? adalah sang karakter utama kedua anime ini terlalu kuat/ overpower (Saitama dan Izayoi) dan bosan akan setiap aktifitasnya yang dapat menghancurkan setiap rintangan yang dihadapainya dengan mudah, untuk menghilangkan rasa bosannya mereka mencari lawan yang layak.

Kedua seri ini juga sama sama menghibur dan penuh aksi keren nan epik. Tak lupa juga sang tokoh utama akan melakukan berbagai tugas heroik untuk membantu orang orang.

#7. Ansatsu Kyoushitsu (Assassination Classroom)

Anime mirip one punch man
Genre: Action, Comedy, School, Shounen

Anime mirip opm ini bercerita ketika makhluk mirip gurita yang hebat menghancurkan separuh bulan, ia mengklaim akan meledakkan bumi sebagai target selanjutnya.

Dia ingin menjadi seorang guru di kelas menengah yang tujuannya adalah ada seseorang yang dapat membunuhnya sebelum murid muridnya lulus dari sekolah. Jika para murid yang di ajari oleh mahluk ini gagal membunuhnya, maka bumi menjadi taruhannya.

Untuk menyelamatkan bumi dari kehancuran, mahluk ini memberi syarat kepada siswa yang ia didik untuk bisa membunuhnya sebelum batas waktu yang ia tentukan habis.

Selain mengajarkan metode pembunuhan, ia akan membantu siswanya menemukan potensi tersembunyi mereka, makhluk mirip gurita yang bernama Koro-sensei ini juga akan membimbing siswa kelas 3-E dari pengucilan dan perampasan hak yang dilakukan oleh pihak sekolah elit mereka.

Kemiripan antara One Punch Man dan Ansatsu Kyoushitsu adalah kedua anime ini memiliki karakter utama yang sangat kuat (Saitama dan Koro-sensei) mencoba menemukan lawan yang lebih menantang untuk menyesuaikan diri dengan kemampuan mereka. Baik Saitama maupun Koro-Sensei keduanya adalah seorang guru.

Walaupun sama sama tokoh utama, tapi keduanya memiliki tujuan yang berbeda, Saitama ingin menjaga bumi tetap aman dari monster sementara Koro sensei ingin menghancurkannya, Selain itu baik Saitama maupun koro sensei sedang mencoba mencari orang yang dapat melawannya (Koro sensei berharap bisa menemukan orang yang membunuhnya di kelas 3-E, sementara Saitama mencari orang yang dapat mengimbangi kekuatannya karena ia bosan setiap berhadapan dengan musuh selalu menang dengan satu pukulan).

Perbedaan kedua seri ini mungkin hanya terletak pada tema ceritanya, One Punch Man mengisahkan tentang para pahlawan pro yang membasmi para penjahat, sementara Ansatsu Kyoushitsu mengisahkan Koro sensei yang mendidik muridnya untuk bisa menjadi semacam para pembunuh bayaran pro.

#6. Overlord

Anime mirip one punch man
Genre: Action, Game, Adventure, Supernatural, Magic, Fantasy

Anime mirip opm ini bercerita tentang Momonga, salah satu pemain paling kuat di dunia Yggdrasil, yaitu game MMORPG populer yang tiba-tiba akan ditutup suatu hari nanti. Pada saat game ini akan ditutup, Momonga tetap ingin berada di dalam game ini sampai detik detik terakhirnya, tapi setelah melewati batas waktu yang telah ditentukan, Momonga masih berada di dalam game ini.

Game ini sekarang telah menjadi kenyataan dan Momonga terperangkap didunia game ini, serta dia dapat berinteraksi dengan NPC (karakter yang tidak dapat dimainkan) yang seolah kini memiliki pikiran mereka sendiri. Momonga kemudian memutuskan untuk mempelajari semua yang telah terjadi didunia yang menelannya ini. Dan dia sekarang adalah penguasa dunia yang akan dia bangun.

Kemiripan antara One Punch Man dan Overlord adalah sang karakter utama dikedua seri baik Momonga/ Ainz dan Saitama adalah karakter yang terlalu kuat/ overpower tapi keduanya punya cara yang berbeda untuk menceritakan kisah mereka, One Punch Man mengisahkan tentang dunia pahlawan, dengan berbagai konflik sementara Overlord mengisahkan tentang terjebak di dunia game seperti anime Sword Art Online.

Kedua karakter utama ini juga sama sama sedang mencari sesuatu: Momonga sedang mencari sekutunya dan jalan keluar dari gamenya, sementara Saitama sedang mencari seseorang yang bisa menandingi kekuatannya yang luar biasa. Perbedaannya adalah Overlord lebih berorientasi pada plot dengan sedikit fanservicenya, sedangkan OPM lebih banyak memperlihatkan genre komedinya.

#5. Saiki Kusuo no Psi Nan

Anime mirip one punch man
Genre: Comedy, Supernatural, School, Shounen

Bagi kebanyakan orang, kemampuan psikis adalah hal yang sangat menyenangkan dan sangat diinginkan, tapi, bagi Kusuo Saiki, hal ini adalah hal yang tidak ia inginkan. Dengan berbagai macam kemampuan supranatural mulai dari telepati hingga penglihatan x-ray, dia menganggap bahwa kemampuan yang ia miliki ini adalah sebuah kutukan.

Sayangnya, kehidupan seorang yang memiliki kekuatan psikis jauh dari kata tenang. Meskipun Kusuo mencoba untuk tetap menjadi orang yang biasa biasa saja dengan merahasiakan kekuatannya dari teman-teman sekelasnya, tapi suatu ketika tanpa disengaja ia malah menarik perhatian banyak orang karena kekuatannya, dan karena kekuatan psikisnya inilah, ia merasa tidak nyaman.

Kemiripan antara One Punch Man dan Saiki Kusuo no Psi Nan adalah kedua anime ini sama sama menceritakan sang karakter utama yang bisa dibilang apatis dengan kemampuan hebatnya yang mencoba menjalani kehidupan keseharian mereka. Meskipun memiliki genre yang berbeda kedua anime ini sama sama memiliki kisah yang lucu yang mirip.

Perbedaan kedua anime ini mungkin hanya terletak pada genrenya, One Punch Man lebih mengarah ke genre Action, sementara Saiki Kusuo no Psi Nan lebih ke arah genre komedi.

Sang karakter utama yang memiliki kekuatan yang tidak dimiliki orang lain ini juga sama sama terlihat seperti sangat bosan dengan kesehariannya, keduanya juga memiliki kepribadian yang mirip (meski Saiki Kusou lebih terlihat sinis)

#4. Tiger and Bunny

Anime mirip one punch man
Genre: Action, Mystery, Comedy, Super Power

Anime mirip opm ini bercerita tentang Kotetsu T. Kaburagi (Tiger), seorang superhero yang mulai menua dan tidak populer, dipasangkan dengan orang baru bernama Barnaby Brooks Jr. (Bunny). Memiliki kepribadian yang berbeda, keduanya harus belajar bekerja satu sama lain untuk menghadapi ancaman yang terus datang kepada kota mereka yaitu Sternbild City.

Para pahlawan dikota ini akan memecahkan berbagai macam kasus untuk menyelamatkan nyawa manusia yang berada dalam bahaya sambil mengenakan logo sponsor atau mendapatkan "poin pahlawan" dan kegiatan mereka akan didokumentasikan oleh program populer bernama "Hero TV".

Kemiripan antara One Punch Man dan Tiger and Bunny adalah kedua anime ini sama sama memilki tema utama tentang organisasi superhero. Di anime Tiger & Bunny dan OPM, kita juga akan melihat berbagai pahlawan yang berjuang untuk melindungi perdamaian tapi kebanyakan untuk ketenaran dan keuntungan sendiri.

Kedua anime ini juga sama sama akan meliput sang pahlawan untuk disiarkan di sebuah siaran televisi dan mendapatkan gaji dari pekerjaannya, namun untuk anime Tiger and Bunny, para pahlawannya akan berebut sebuah poin dan sponsor untuk mendapatkan gelar "King of Heroes" yang diadakan tiap tahun. Mereka juga bekerja tidak hanya untuk menghentikan kejahatan tapi juga untuk popularitas.

#3. Dragon Ball Super

Anime mirip one punch man
Genre: Action, Adventure, Comedy, Super Power, Martial Arts, Fantasy, Shounen

Anime mirip opm ini mencertitakan setelah Majin Buu/ Kid Buu berhasil dikalahkan, bumi kini menjadi damai kembali. Son Goku kini bekerja sebagai seorang petani untuk menafkahi keluarganya. Keluarga dan teman-temannya juga menjalani kehidupan yang damai.

Namun, sebuah ancaman baru muncul dari seorang dewa penghancur bernama Beerus yang dianggap paling mengerikan dan merupakan makhluk terkuat kedua di alam semesta 7.

Setelah terbangun dari tidurnya yang panjang, Beerus bersama gurunya bernama Whis akan mencari seorang prajurit legendaris yang dia lihat dalam mimpinya yang dikenal sebagai Super Saiyan God. Untuk melindungi Bumi, Goku harus menang melawan Beerus, jika ia gagal, bumi akan dihancurkan.

Dengan menggunakan kekuatan lima Super Saiyan dari Vegeta, Gohan, Son Goten, Kid Trunks, dan bayi di rahim Videl. Goku akan bertarung melawan Beerus dan melindungi para manusia yang ada di dalam bumi.

Kemiripan antara One Punch Man dan Dragon Ball Super adalah kedua anime ini sama sama menceritakan karakter utama yang memiliki kekuatan over power/ kekuatan yang sangat dahsyat (sebenarnya hampir semua karakter di anime Dragon Ball itu over power).

Baik Saitama maupun Goku selalu berusaha untuk melawan lawan yang lebih kuat dari mereka, terutama Goku yang maniak dalam bertarung.

Selain menjadi salah satu anime action terbaik yang pernah ada, kedua anime ini juga sama sama memiliki genre komedi yang menghibur dan lucu. Kedua karakter utama di masing masing seri juga sama sama bertujuan melindungi manusia dari monster/ makhluk/ karakter jahat lainnya.

#2. Mob Psycho 100

Anime mirip one punch man
Genre: Action, Slice of Life, Comedy, Supernatural

Anime mirip opm selanjutnya ini mengisahkan kehidupan anak sekolah menengah bernama Kageyama Shigeo yang juga dikenal sebagai "Mob", seorang manusia yang memiliki kemampuan psikis yang kuat dan berbakat yang memilih untuk tidak menggunakan kemampuan dan emosinya dalam usaha untuk menjadi orang "normal" seperti manusia pada umumnya.

Tapi, kekuatan esper yang dimilikinya ini seringkali dimanfaatkan oleh gurunya yang tidak memiliki kemampuan psikis apapun untuk menjadi asisten pengusir setannya demi mencari uang.

Kemiripan antara One Punch Man dan Mob Psycho 100 adalah kedua cerita anime ini dibuat oleh orang yang sama, yaitu ONE. Kedua karakter utama ini juga sama sama memiliki mata yang sama persis, dan sangat kuat.

keduanya merupakan anime yang berasal dari web komik/ web manga. Karakter utama dikedua anime ini juga tidak pernah meyombongkan/ membual tentang kekuatannya, batas kekuatannya juga sama sama tidak diketahui.

Sebagian besar ekspresi wajah di anime Mob Psycho 100 didasarkan pada wajah "Ok" milik Saitama. Kedua anime ini juga sama sama memiliki cerita dengan karakter utama yang sudah memiliki kekuatan dahsyat/ overpower sejak awal episode, dan kedua karakter utamanya juga sama sama memiliki masalah dalam emosinya.

Meskipun memiliki kekuatan yang sangat kuat, tapi kedua karakter utama ini sama sama tidak bisa mengendalikan kekuatan mereka, dan para musuh atau lawan mereka juga sama sama berusaha keras untuk mengalahkan mereka namun yang ada usaha mereka untuk mengalahkan sang tokoh utama ini tetap saja nihil.

Selain itu kedua anime ini juga sama sama memiliki tema guru dan murid (Saitama dan Genos di anime One Punch Man, Reigen dan Kageyama Shigeo di anime Mob Psycho 100). Perbedaan terbesar kedua anime ini adalah dari gaya seninya.

Kisah One Punch Man digambar ulang oleh mangaka lain untuk memperhalus dan membuat desain karakter/ ceritanya lebih menarik, sementara Mob Psycho 100 menggunakan desain asli dari mangakanya untuk di jadikan serial anime.

#1. Boku no Hero Academia

Anime mirip one punch man
Genre: Action, Comedy, School, Shounen, Super Power

Anime mirip opm ini juga bisa dibilang memiliki topik yang sama tentang dunia super hero dan ceritanya mengisahkan Izuku Midoriya lahir di dunia di mana 80 persen populasi manusia memiliki kekuatan super, yang dikenal sebagai Quirk.

Sedari kecil ia telah bermimpi untuk menjadi pahlawan seperti idolanya, "All Might". Sayangnya, ia adalah bagian dari golongan dua puluh persen orang yang tidak memiliki kekuatan super. Tidak menyerah untuk menggapai mimpinya ia terus berjuang seorang diri walaupun dikucilkan orang lain.

Melihat berbagai usahanya untuk menjadi seorang pahlawan, ternyata takdirpun memihak pada Izuku. Bersama All Might dan kekuatan super barunya yang telah diwariskan kepada Izuku, sekarang dia mendaftar kesebuah sekolah khusus pahlawan bernama SMA U.A.

Kemiripan antara One Punch Man dan Boku no Hero Academia adalah keduanya adalah anime bertemakan pahlawan, yang juga sama sama memiliki banyak pahlawan pro untuk membasmi para penjahat. Di anime ini juga ada sistem superhero dimana adanya semacam pemerintah yang membayar layanan mereka.

Kedua anime ini juga menampilkan banyak pahlawan menarik dengan kekuatan unik yang berbeda beda. Kedua karakter utama anime ini juga sama sama memiliki mimpi/ tujuan untuk menjadi pahlawan nomer satu. Para monster yang mengusik ketentraman para manusia juga ada di kedua anime ini. Selain itu sistem peringkat pahlawan juga ada di kedua anime ini.

My Hero Academia/ Boku no Hero Academia lebih condong ke arah setting sekolah, sementara One Punch Man lebih tentang tugas menjadi pahlawan itu sendiri. Tidak ketinggalan juga adanya hubungan guru dan murid di kedua anime ini (Saitama dan Genos di anime One Punch Man, All Might dan Izuku di My Hero Academia)

Kedua anime ini juga sama sama memiliki cerita dan action yang keren dan dikemas secara epic. Perbedaan kedua anime ini mungkin hanya terletak pada sang karakter utamanya, Saitama sudah menjadi karakter overpower semenjak episode pertama, sementara Izuku adalah karakter yang lemah yang tiba tiba mendapat kekuatan yang dahsyat dari gurunya.

Baca Juga: 17 Anime Mirip Boku No Hero Academia (My Hero Academia), Salah Satu Anime Action Terbaik Bertemakan Dunia Pahlawan

Nah itu dia beberapa daftar anime mirip One Punch Man versi Gugenkatsu. Jika kamu tau seri anime mirip One Punch Man lainnya yang belum tertulis dalam daftar ini, silahkan diskusikan di kolom komentar ya.

Jangan lupa ikuti kami di jejaring sosial lainnya untuk mendapat info menarik seputar dunia anime secara terupdate

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama